Cara Transfer Data iPhone ke New iPad, dan Antar Perangkat iOS Lainnya

20 Mar 2012 16:30 10638 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda sedang berpikir dan merencanakan untuk membeli New iPad yang sedang santer dibicarakan, namu Anda adalah pengguna iPhone dan ingin melakukan transfer data iPhone ke New iPad sehingga Anda bisa terus menggunakan beberapa data dari aplikasi iPhone Anda dan menyelesaikan beberapa permainan?

Apakah Anda sedang berpikir dan merencanakan untuk membeli New iPad yang sedang santer dibicarakan, namu Anda adalah pengguna iPhone dan ingin melakukan transfer data iPhone ke New iPad sehingga Anda bisa terus menggunakan beberapa data dari aplikasi iPhone Anda dan menyelesaikan beberapa permainan? Apakah semua itu mungkin?

Untuk aplikasi pada umumnya, layanan backup iTunes seharusnya mampu melakukan transfer data iPhone yang Anda cari, namun ia tidak selalu dapat diandalkan. Dan tentu saja Anda tidak ingin data dari aplikasi atau game yang telah Anda mainkan dalam waktu yang cukup lama hilang karena masalah transfer data iPhone yang tidak sempurna. Oleh karena itu, berikut adalah cara untuk menyimpan data dari aplikasi ke komputer Anda, untuk berjaga-jaga apabila transfer data melalui iTunes tidak melakukan tugasnya dengan sempurna.

Cara backup dan restore data aplikasi secara manual

Sebelum memulai, Anda harus mencatat bahwa ini hanya bekerja untuk setiap perangkat iOS. Jadi, jika Anda ingin membuat cadangan dan transfer data iPhone, iPad atau antara keduanya, cara ini dapat menjadi solusi. Untuk backup dan transfer data secara manual, kita akan menggunakan aplikasi gratis untuk Mac dan Windows, iExplorer. Anda bisa mendapatkan iExplorer untuk Mac atau Windows di sini. Anda tidak perlu melakukan jailbreak iPhone Anda untuk menggunakan iExplorer, dan dengan aplikasi ini sangat mudah untuk menarik data dari iPhone dan mentransfernya ke perangkat baru Anda. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

1 Download aplikasi yang ingin Anda transfer ke New iPad Anda.

  1. Hubungkan iPhone ke komputer.

  2. Jalankan iExplorer dan tunggu perangkat iOS Anda terdeteksi di file browser.

  3. Klik tanda panah yang berada di samping nama perangkat iOS Anda.

  4. Klik tanda panah di samping Apps.

  5. Cari aplikasi yang ingin Anda transfer data, dan klik tanda panah yang berada di sampingnya.

  6. Di dalam folder utama dari aplikasi tersebut akan terdapat folder bernama Documents. Di folder itulah data aplikasi tersimpan. Copy folder tersebut ke desktop.

  7. Cabut iPhone Anda dari komputer dan colokkan iPad Anda.

  8. Di iExplorer, cari aplikasi yang Anda ingin transfer, lalu lakukan langkah-langkah serupa seperti di atas.

  9. Temukan lokasi folder Documents dan copy semua data yang baru saja Anda simpan di dekstop.

Selesai.

Aplikasi yang berbeda kadang menggunakan save file yang berbeda pula, dan kadang-kadang proses di atas akan meminta Anda untuk copy beberapa file lebih, dan pada kasus lain Anda hanya butuh transfer satu file saja. Langkah-langkah di atas bekerja untuk kebanyakan aplikasi, tetapi tidak semua. Mari kita lihat beberapa contoh di mana transfer data tidak dilakukan dengan sempurna.

Sekilas peringatan tentang kapan dan di mana suatu aplikasi berfungsi

Dalam kebanyakan kasus, metode di atas bekerja dengan baik, tetapi ada beberapa kasus di mana hal tersebut menjadi sedikit kacau. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi masalah tersebut.

Ada satu kasus dimana aplikasi iPhone dan iPad hadir dalam satu versi saja yang bisa digunakan untuk kedua platform, pada kasus ini metode transfer data di atas tidak akan menjadi suatu masalah. Dalam beberapa kasus lainnya, terdapat dua versi yang berbeda dari dari sebuah aplikasi, versi iPhone dan versi iPad HD. Meskipun aplikasi tersebut berbeda dan fakta bahwa Anda harus membeli dan men-download mereka secara individu, Anda biasanya dapat mentransfer data antara keduanya.

Tidak semua aplikasi menyimpan file mereka di folder Dokuments. Alternatif folder lain yang harus Anda copy untuk melakukan transfer data iPhone adalah folder Library sebagai tambahan dari folder Documents. Folder Library ini biasanya adalah tempat untuk menyimpan data high scores dan data lainnya.

Dan yang terakhir adalah, banyak aplikasi modern yang memanfaatkan iCloud untuk menyimpan data mereka atau mensinkronisasi ke aplikasi web online. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir tentang iCloud. Meskipun sebuah aplikasi menggunakan iCloud, aplikasi terseut masih menyimpan data secara lokal dan Anda dapat mengambil mereka dengan iExplorer.

Proses ini bukanlah proses yang terlalu rumit, dan dengan metode transfer data iPhone ini Anda dapat melanjutkan game yang telah Anda mainkan di iPhone pada New iPad Anda. Bahkan jika Anda hanya menukar iPad lama dengan New iPad, langkah-langkah di atas adalah tindakan yang baik untuk berjaga-jaga dan ingin memastikan Anda tidak akan kehilangan data apapun. Sudah banyak pengguna yang mengalami pengalaman buruk melakukan backup menggunakan iTunes dan kehilangan data saat menggunakan aplikasi tersebut di perangkat baru atau perangkat yang telah mengalami upgrade iOS. Langkah-langkah transfer data di atas dapat Anda gunakan untuk mencegah kehilangan data aplikasi tersebut. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel