Perang Spec Smartphone Android Kelas Menengah, LG Optimus Me vs Samsung Galaxy Mini

21 May 2012 16:00 4403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk menghadapi persaingan terhadap para rivalnya, LG sudah pasti membekali Optimus Me dengan berbagai fitur-fitur penting. Begitu pula dengan Samsung Galaxy Mini yang juga telah dilengkapi berbagai kemampuan mumpuni untuk menarik konsumen. Penasaran dengan performa dan kinerja dari LG Optimus Me dan Samsung Galaxy Mini?

LG Optimus Me merupakan smartphone Android low-end besutan LG yang diluncurkan di Indonesia sekitar bulan Mei tahun lalu dan cukup populer hingga sekarang. Tentu akan sangat menarik untuk mengetahui seperti apa kehebatan ponsel Android yang diposisikan untuk membidik pasar kelas menengah bawah ini. LG Optimus Me yang dibandrol dengan harga murah, akan berhadapan dengan seri Android Samsung Galaxy Mini yang juga cukup digemari kalangan muda di Indonesia.

Untuk menghadapi persaingan terhadap para rivalnya, LG sudah pasti membekali Optimus Me dengan berbagai fitur-fitur penting. Begitu pula dengan Samsung Galaxy Mini yang juga telah dilengkapi berbagai kemampuan mumpuni untuk menarik konsumen. Penasaran dengan performa dan kinerja dari LG Optimus Me dan Samsung Galaxy Mini? Simak review berikut ini.

Display

Pada dasarnya, LG Optimus Me dan Samsung Galaxy Mini merupakan smartphone Android low-end yang memiliki spesifikasi hampir sama. Perbedaan yang mencolok terlihat pada ukuran layar yang dipakai, Samsung Galaxy Mini memiliki ukuran layar 3,14 inci sementara LG Optimus Me memiliki ukuran layar 2,8 inci. Hal ini tentu akan berpengaruh pada dimensi Galaxy Mini yang lebih besar dibanding Optimus Me. Tetapi dari segi berat LG Optimus Me sebesar 130 gr sedangkan Galaxy Mini hanya 105 gr.

Secara bentuk kedua smartphone ini memiliki kedekatan, bedanya sudut pada Optimus Me lebih membulat sehingga terlihat lebih dinamis. Bagian belakang bodi divariasi dengan sentuhan warna krom yang menimbulkan kesan gagah dan solid.

Layar

Samsung Galaxy Mini mengandalkan layar sentuh TFT 256 ribu warna dengan resolusi 240 x 320 piksel, setara dengan LG Optimus Me. Ketajaman gambar yang diberikan sudah cukup baik, tetapi jangan disandingkan resolusi smartphone kelas atas yang tentu saja akan tampak begitu detail dan halus. Soal respon layar sentuh capacitive, baik itu Optimus Me ataupun Galaxy Mini rasanya sama.

Sistem Operasi

Baik LG Optimus Me maupun Samsung Galaxy Mini telah menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo dan ditenagai oleh prosesor 600 MHz. Kemampuan interface dan fiturnya lebih lengkap dari Android 2.1.

Storage

Untuk kapasitas penyimpanan, Samsung Galaxy Mini lebih diunggulkan karena kapasitas memori internalnya mencapai 160MB, sedangkan yang dimiliki LG Optimus Me hanya sebesar 140MB. Dan keduanya juga dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung data hingga 32GB.

Kamera

Sama halnya dengan Samsung Galaxy Mini, LG Optimus Me juga menyediakan kamera berkekuatan 3.15MP. Namun kamera yang terdapat di LG Optimus Me lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy Mini, karena kamera LG Optimus Me dilengkapi dengan beberapa fitur seperti digital zoom, brightness, effect, ISO, white balance, timer, geo tagging dan quality untuk pengaturan kamera. Hasil foto indoor dan outdoor relative sekelas antara kedua smartphone ini. Dalam fitur video, LG Optimus Me mampu merekam video VGA dengan 240 fps, sementara Galaxy Mini hanya mampu merekam video kualitas QVGA dengan 15 fps.

Konektifitas

Dalam hal koneksi data, LG Optimus Me telah didukung jalur data hingga kecepatan HSDPA 3.6 Mbps disertai dukungan WiFi untuk kelengkapan akses internet. Dan ternyata, Samsung Galaxy Mini memiliki dukungan koneksi data yang lebih baik yaitu HSDPA 7.2 Mbps. Tetapi untuk urusan navigasi, LG Optimus Me tidak mau kalah dengan menggunakan teknologi GPS dan A-GPS, sedangkan Galaxy Mini hanya menggunakan A-GPS. Untuk konektikfitas lainnya seperti USB, Bluetooth, Audio, dan Radio yang dimiliki kedua ponsel ini pada umumnya sama.

Baterai

Pada masalah daya, LG Optimus Me memiliki baterai Li-ion dengan kapasitas yang sedikit lebih besar yakni 1250 mAh, sementara Samsung Galaxy Mini menggunakan baterai berkapasitas 1200 mAh. Meski demikian, Samsung Galaxy Mini menjanjikan waktu standby dan waktu bicara yang lebih lama dibandingkan LG Optimus Me. Samsung Galaxy Mini mampu bertahan hingga 570 jam untuk standby dan 9 jam 30 menit untuk waktu bicara, sementara LG Optimus Me hanya mampu bertahan hingga 510 jam untuk waktu standby dan 7 jam untuk waktu bicara.

Kesimpulan

Antara LG Optimus Me dan Samsung Galaxy Mini memiliki kualitas yang setara. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, sehingga pilihan dikembalikan lagi kepada Anda. Bagi Anda pengguna yang masih awam dengan OS Android bisa dan ingin merasakan kehebatan sistem operasi ini tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, LG Optimus Me atau Galaxy Mini bisa menjadi pilihan terbaik. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel