Mengenal Teknologi Global Positioning System (GPS) dan AGPS

29 Nov 2011 14:00 8494 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tentunya bagi Anda pemilik *smartphone*, GPS bukanlah menjadi hal yang baru. Global Positioning System atau GPS adalah teknologi yang dikembangkan oleh militer untuk memberikan batas dalam medan perang.

Tentunya bagi Anda pemilik smartphone, GPS bukanlah menjadi hal yang baru. Global Positioning System atau GPS adalah teknologi yang dikembangkan oleh militer untuk memberikan batas dalam medan perang.

Global Positioning System bergantung pada satelit sendiri untuk menghitung posisi sementara AGPS bergantung pada kedua satelit dan server bantuan. Perangkat Global Positioning System atau GPS menerima informasi dari setiap empat dari 32 satelit yang mengorbit bumi. Kemudian menghitung jarak dari satelit.

Sementara Assisted GPS atau AGPS adalah jenis lain dari GPS yang mengandalkan pada sebuah server bantuan, selain dari satelit. Server bantuan menyediakan informasi tambahan untuk perangkat yang dapat membantu dalam perhitungan lokasi. Ini dapat sangat membantu ketika sinyal dari satelit cukup lemah.

GPS receiver telah ada lebih lama daripada AGPS dan perangkat navigasi GPS standalone yang digunakan dalam pesawat, kapal, dan yang paling baru di mobil. AGPS yang umum pada ponsel mana data link sudah di tempat. Informasi dari server bantuan dapat memungkinkan perangkat untuk menyediakan lokasi yang benar di mana penerima GPS standalone sebaliknya akan tidak bekerja. Ini menjadikan kebanyakan AGPS receiver dilengkapi pada ponsel sedangkan perangkat standalone memiliki GPS

AGPS bisa lebih dapat diandalkan dibandingkan GPS dalam situasi tertentu karena AGPS juga mampu untuk memperbaiki jauh lebih cepat dibandingkan dengan GPS, terutama saat pertama kali perangkat booting. Fitur-fitur yang diinginkan membuat AGPS sedikit lebih unggul dari GPS dalam hal kinerja.

GPS umumnya bebas sementara AGPS dapat dikenakan biaya tambahan. Link data yang dibutuhkan oleh AGPS dapat mengakibatkan biaya tambahan ke ponsel Anda jika Anda tidak memiliki rencana data tak terbatas. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada struktur harga dari perusahaan ponsel, ada biaya berdasarkan jumlah data, sementara yang lain berdasarkan lamanya waktu yang terhubung.

Masalah lain dengan AGPS adalah cakupan dari perusahaan ponsel. Meskipun beberapa penerima AGPS mampu berfungsi sebagai penerima GPS, yang paling tidak mampu dan akan berhenti berfungsi setelah Anda pergi di luar area cakupan. Penerima GPS tidak terbatas pada berbagai situs selular dan Anda bisa mendapatkan perbaikan hampir di mana saja di permukaan bumi. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel