1

AMD Project Quantum, Komputer Mini untuk Bermain Games 4K

18 Jun 2015 16:00 2259 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

AMD mempersiapkan sebuah proyek komputer kecil yang mampu memainkan game dengan grafis tinggi

Pada ajang E3 2015, AMD memperkenalkan sebuah konsep komputer yang mirip dengan INTEL NUC. Komputer yang dimaksud adalah AMD Project Quantum. Komputer ini merupakan bagian dari apa yang dinamakan AMD sebagai Project Quantum. Project ini dihadirkan AMD untuk memberikan pengalaman bermain games terbaik untuk para gamers. Bagaimana sebenarnya AMD Project Quantum ini?

Dikutip dari Liliputing (18/06/2015), AMD Project Quantum ini adalah sebuah komputer mini yang didalamnya terdapat prosesor canggih yang bisa digunakan maksimal untuk bermain games PC kelas berat. AMD memang tidak menjelaskan secara rinci terkait spesifikasi proyek ini. Tetapi yang pasti, AMD Project Quantum ini akan menggunakan prosesor AMD 64-bit. Yang menarik, dalam prosesor ini juga, AMD memperbolehkan pengguna untuk memilih AMD Project Quantum dengan prosesor Intel Core i7 didalamnya.  

Prosesor yang kencang tersebut akan dikawinkan dengan kartu grafis yang disebut AMD Radeon R9 Fury X. Kartu grafis ini akan mengusung sebuah spesifikasi kartu grafis yang kencang. Kartu grafis tersebut akan menggunakan 4096 stream prosesor dengan kecepatan 1050MHz. Memori kartu grafis ini tersemat 8GB HBM yang sudah dibekali dengan kecepatan 1250MHz. Sementara antarmuka memorinya adalah 4096 bit.

Dengan spesifkasi prosesor dan VGA kencang tersebut, AMD mengklaim komputer AMD Project Quantum akan membawa permainan game dengan lancar. Bahkan ADM menjanjikan bahwa konsepnya ini mampu memainkan games dengan kualitas resolusi 4K dengan frame rate 600fps. Komputer ini juga semakin maksimal kinerjanya karena mendukung teknologi API seperti DirectX 12, OpenGL 4.5, dan Mantle.

Lantas, pertanyaannya, bagaimana sebuah spesifikasi tinggi akan berjalan baik dalam sebuah komputer keci? Ternyata AMD menyematkan teknologi pendingin cair atau bisa disebut sebagai liquid cooler terpisah agar suhu di dalam komputer tetap terkendali. Selain itu, untuk membuat komputer ini terlihat istimewa dan gahar, AMD akan menggunakan desain kasing AMD Project Quantum dengan konsep yag futuristik.

Belum jelas kapan AMD akan memberikan penjelasan lebih rinci terkait AMD Project Quantum ini. Namun, yang pasti, AMD Project Quantum ini tampaknya tidak akan dibanderol dengan harga murah mengingat spesifikasinya yang kelas atas dan bisa menguras kantong. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel