AMD Siapkan Prosessor Terbaru untuk Saingi Intel

7 May 2015 08:00 2600 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

AMD hadirkan prosessor APU terbaru bernama Godavari

Persaingan perusahaan mikroprosessor pada ranah desktop antara AMD dan Intel belakangan kurang menarik. Pasalnya, Intel terlihat lebih mendominasi meskipun AMD sesekali bisa sedikit bersaing. Berbeda dengan ranah moble, yang jumlah produsen chipset-nya cukup banyak dan persaingannya cukup ketat. Bukan nama Qualcomm dan MediaTek saja, tetapi juga ada nama Nvidia, Samsung, Rockhip, bahkan Intel.

Menilik fenomena ini, seharusnya AMD bisa bergerak cepat untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Intel. Tentu agar persaingain antara AMD dan Intel lebih menarik dan cukup seru diikuti. Dan persaingan ke arah sengit dengan Intel tampaknya sudah mulai dijajaki kembali oleh AMD. Berdasarkan kabar dari laman Metrotvnews.com (06/05/2015) yang  mengutip dari DigiTimes, AMD sedang mempersiapkan sebuah  prosesor generasi terbaru untuk terus bersaing keta dengan Intel.

Prosesor AMD generasi terbaru tersebut memiliki kode nama Godavari. Dari namanya, tampak bahwa prosesor ini merupakan generasi penerus dari APU Kaveri, sebuah prosessor dengan unit grafis yang sudah terintegrasi.  Bagaimana sebenarnya APU Godavari ini?

AMD Godavari, sama seperti APU Kaveri merupakan prosesor dengan unit pengolah grafis terintegrasi. Prosesor ini akan menggunakan teknologi prosesor yang lebih canggih dibandingkan dengan Kaveri. Didalam prosessor ini akan tersemat, stream prosesor Graphics Core Next 1.2. Spesifikasi teknologi ini belum terungkap secara detail. Hanya saja dikabarkan bahwa teknologi ini akan menggunakan interface PCI-Express 3.0 dengan controller memori DDR3 yang disinyalir memiliki kecepatan yang tinggi.

Lalu, bagaiman dengan socket-nya? Prosesor yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 28 nm ini dikabarkan akan menggunakan sokcet FM2+. Ada juga yang menyebutkan socket yang digunakan adalah socket FM3. Kehadiran prosesor ini sendiri adalah untuk bersaing dengan prosesor Intel Broadwell. Sebenarnya, persaingan dengan Broadwell terbilang ketinggalan. Pasalnya, Intel sedang mempersiapkan teknologi prosesor terbaru bernama Skylake. Tapi tentu kehadiran Intel Skylake masih cukup lama.

Kapan AMD Godavari ini akan resmi diluncurkan. Pada pertengahan tahun 2015 ini, AMD siap mengumumkan prosessor ini. Saat peluncuran nanti, AMD akan memperkenalkan fitur yang tersemat dalam prosessor ini.  Semoga nanti AMD Godavari ini sudah mendukung teknologi USB Type-C atau USB3.1 yang sudah didukung prosesor Intel.

Jika memang AMD ingin memanaskan kembali persaingan di ranah desktop, bukan alasan sulit bagi AMD untuk memiliki fitur terbaru, bahkan lebih baik dibandingkan Intel. Mari tunggu saja kehadiran APU Godavari ini.

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel