Tips Untuk Komputer - Memanage Dokumen dengan XPS Annotator

14 Feb 2013 10:45 2344 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
XPS Annotator merupakan program perangkat lunak yang dibuat oleh warga Indonesia bernama Danang Probo Sayeki dari daerah Magelang, Jawa Tengah. XPS Annotator ini digunakan sebagai dokumen manajemen software untuk sistem operasi Microsoft Windows yang mengijinkan oleh penggunanya untuk membaca, melihat, menganotasi, membuka, menandatangani digital, mengkonversi serta mencetak sebuah XPS dokumen.

XPS Annotator merupakan program perangkat lunak yang dibuat oleh warga Indonesia bernama Danang Probo Sayeki dari daerah Magelang, Jawa Tengah. XPS Annotator ini digunakan sebagai dokumen manajemen software untuk sistem operasi Microsoft Windows yang mengijinkan oleh penggunanya untuk membaca, melihat, menganotasi, membuka, menandatangani digital, mengkonversi serta mencetak sebuah XPS dokumen. XPS dokumen sendiri adalah merupakan spesifikasi untuk format fixed document serta page description language yang pada awalnya dikembangkan oleh peruhasaan Microsoft. XPS dokumen pada perkembangannya kemudian distandardisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional dalam ECMA - 388.

XPS Annotator ditulis dengan menggunakan kode bahasa pemrograman C# dan XAML, program ini juga menggunakan Microsoft Visual Studio Express yang membuat ketergantungannya terhadap Microsoft .NET Framework. XPS Annotator bisa dibilang merupakan XPS Viewer yang berdiri sendiri, namun tidak dihosting oleh pengembang dari Internet Explorer.

Lalu apa sajakah fitur-fitur yang terdapat dalam XPS Annotator buatan orang lokal ini? Ada cukup banyak sebenarnya. Pastinya software ini juga berguna sebagai tips untuk komputer yang akan memudahkan Anda. XPS Annotator memiliki kemampuan untuk menambahkan anotasi-anotasi ke dalam XPS dokumen. Bahkan seperti pada dokumen dengan format PDF, XPS dokumen juga bisa mendukung fitur anotasi meskipun fitur anotasi yang terdapat pada XPS dokumen masih sangat terbatas. XPS anotasi tersebut menyediakan berbagai macam konten, diantaranya seperti tulisan tangan, ketikan teks, serta Web link.

Dalam XPS Annotator tersedia tiga opsi yang oleh penggunanya dapat ditambahkan, yakni anotasi teks, highlight anotasi, dan anotasi tinta. Pada fitur Highlight anotasi ini, dapat mengijinkan penggunanya untuk memberi warna baris teks dan paragraph. Biasanya fitur ini digunakan untuk menarik perhatian pembaca atau memberi tanda untuk kalimat maupun kata-kata penting. Sedangkan fitur Anotasi teks serta anotasi tinta dapat membuat penggunanya menambahkan catatan lain yang dapat berupa ketikan teks atau bahkan tulisan tangan sebagai informasi kepada pembaca. Kemungkinan fitur ini berguna untuk penambahan tanda tangan.

XPS Annotator juga menyediakan fitur konverter untuk mengkonversi dokumen berformat XPS ke dalam format gambar. Untuk versi terbaru dari XPS Annotator dapat mendukung konversi XPS dokumen ke beberapa format gambar yang banyak digunakan seperti GIF, PNG, BMP, JPEG, dan TIFF. Sebagai fitur keamanan pengguna XPS Annotator memang dirancang untuk dapat ditandatangai atau mengenkripsi sebuah dokumen, untuk sertifikat keamanan yang didukung adalah versi X.509.

Beberapa fitur-fitur standar lain yang ada dalam XPS Annotator diantaranya adalah dapat mencetak anotasi, menambahkan dokumen properti, Mendukung operasi yang umum pada pengolahan seperti save, zoom, print, copy dan paste, save copy, output cetak, copy-to-clipboard, zoom, teks-search serta mendukung hyperlink. Sebagai tambahan pula XPS Annotator juga dapat menambahkan properti dokumen ke dokumen XPS seperti keterangan identitas pencipta konten, judul (subjek), deskripsi tulisan, kata kunci, dan kategori bahasa. Tentunya dengan fitur yang ada ini akan membantu Anda untuk mengelola dokumen XPS Anda dengan mudah dan cepat.

Program XPS Annotator ini awalnya hanya bisa berjalan pada sistem operasi Windows XP dengan dukungan Service pack 2 dan Windows Server 2003 dengan dukungan Service pack 1 maupun Service pack terbaru seperti Service pack 3). Namun, saat ini XPS Annotator sudah tersedia untuk sistem operasi terbaru dari Microsoft seperti Windows Vista, Windows 2008, maupun Windows 7.

Meski bisa dikatakan cukup lengkap seperti PDF, namun XPS Annotator masih memiliki banyak kekurangan, diantaranya tidak mampu mendukung sistem operasi yang lebih tua dari Windows XP. Permasalahan ini agaknya tidak terlalu serius karena sudah jarang orang yang menggunakan sistem operasi lama. selain itu Anda memerlukan Microsoft .NET Framework 3.0 atau versi terbaru yang terinstall seperti NET Framework 3.5. sebagai tambahan pula, Anda tidak bisa memilih ukuran dan kualitas gambar saat mengkonversi XPS dokumen ke dalam file gambar.

Anda bisa mengunduh program XPS Annotator ini di sini.

Lisensi dari XPS Annotator adalah freeware dan gratis. Software ini pertama kali dirilis pada bulan Maret 2009 dengan versi awalnya adalah 1.0. Namun XPS Annotator yang ada pada link Softpedia diatas adalah versi 1.22 dengan ukuran file sebesar 454 KB. Danang Probo Sayeki adalah satu-satunya Developer dari XPS Annotator. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel