Color-coding Folder, Cara Kreatif Untuk Mengatur Folder di Sistem Operasi Windows Anda Sehingga jadi Folder Warna

6 Jan 2013 11:00 4185 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kata-kata -œkreatif- dan -œterorganisir- jarang digunakan dalam kalimat yang sama. Biasanya hanya digunakan salah satunya saja. Namun, menjadi kreatif seringkali dapat membantu Anda untuk lebih terorganisir, kita bisa melihat banyak contoh kasusnya di internet.

Kata-kata "kreatif” dan "terorganisir” jarang digunakan dalam kalimat yang sama. Biasanya hanya digunakan salah satunya saja. Namun, menjadi kreatif seringkali dapat membantu Anda untuk lebih terorganisir, kita bisa melihat banyak contoh kasusnya di internet. Ini salah satu kasusnya, mungkin Anda berpikir mewarnai folder dapat membuatnya menjadi teratur, namun mengkombinasikannya dengan kebiasaan lainnya, dapat mengubah cara Anda untuk mengelola file.

Color-Coding Dapat Membuat Folder Anda Lebih Teratur

Ketika Anda membuka folder Documents di sistem operasi windows, yang Anda lihat pasti folder-folder dengan warna kuning kecoklatan yang menghiasi folder Anda. Di dalam folder ini mungkin Anda memiliki banyak folder lagi dengan tampilan yang sama dan sedikit membosankan. Jika jawabannya ya, mungkin akan sedikit memakan waktu untuk Anda membedakan mereka. Membuat color-coding pada folder sangat berguna ketika Anda ingin membuat folder Anda berbeda dari yang lain. Ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk mengakses folder dengan lebih nyaman, seperti menambahkannya ke sidebar favorit atau mempinnya pada ikon Windows Explorer di Windows 7. Namun, itu juga tidak dapat digunakan terlalu sering, karena akan menjadi kontraproduktif. Berikut ini dua program yang dapat Anda gunakan untuk membuat color-coding pada folder-folder sistem operasi windows Anda, dan Anda pun bisa menyulap dengan mudah folder warna dengan tampilan ciamik.

Folder Colorizer

Folder Colorizer diciptakan oleh Softorino. Ini adalah sebuah program sederhana yang bekerja sangat baik. Ada beberapa catatan mengenai program ini sebelum kita melangkah lebih jauh. Pertama, hati-hati pada "bloatware” yaitu sebuah kategori dari sebuah software, dimana software yang ukuran total filenya tidak sebanding dengan kebutuhan pengguna. Hal ini kerap kali menyusahkan dengan berbagai update yang terlalu sering dan beban sistem yang tidak lazim. Ukuran installer yang sangat besar, namun tidak sebanding dengan fitur-fitur yang disediakan. Bahkan mampu dikalahkan oleh software lainnya yang jauh lebih baik dengan ukuran file instalasi yang jauh lebih kecil dan tidak boros resource serta tidak membebani sistem. Untuk mengatasi ini, cukup hilangkan tAnda cek pada kotak di sudut kiri bawah saat akan menginstal Folder Colorizer.

Kedua, Anda harus memberikan alamat email Anda untuk penawaran istimewa untuk menggunakan program gratis. Jika Anda tidak menuliskan alamat email, maka program ini tidak akan dapat diinstal. Untuk mengakalinya, Anda dapat menggunakan alamat email sementara.

Setelah program ini terinstal, untuk memulainya Anda tinggal klik kanan pada folder yang sudah ada, kemudian arahkan mouse ke pilihan "Colorize” dan Anda bisa memilih warna-warna yang Anda kehendaki. Sederhana bukan? Yang harus Anda perhatikan, bahwa Anda perlu me-refresh jendela explorer untuk menampilkan perubahan.

Jika Anda sudah tidak menginginkan warna pada folder tersebut, Anda tinggal melakukan langkah yang sama saat Anda mengubah warna folder tersebut. Anda harus memilih "Restore original color” untuk mengembalikan ke warna aslinya.

Tapi tunggu! Colorizer juga menyediakan pengatur warna folder, yang memungkinkan Anda untuk menambah dan menghapus warna-warna yang ada di Colorizer. Anda juga dapat menciptakan warna-warna baru yang dapat Anda lakukan di roda warna. Untuk menghapus warna, tinggal klik tAnda "x” yang berwarna merah pada masing-masing warna.

Kesan pertama pada program ini mungkin memang kurang baik, terutama pada proses setupnya. Namun kesederhanaan dan akurasi dapat menjadi nilai tambah pada program ini. Adanya "bloatware” juga dirasa kurang baik. Namun Anda dapat menghindarinya dengan tidak menginstal semua program yang ditawarkan pada proses instalasi program ini ke komputer Anda. Folder Colorizer dapat Anda unduh pada link ini.

Folderico

Folderico dari Shedko, adalah program color-coding untuk sistem operasi windows yang kuat. Ada dua program dengan nama dan ejaan yang sama. Anda harus dapat membedakan keduanya, agar Anda tidak bingung saat akan mengunduhnya. Program satunya lagi dieja dengan huruf "I” besar, yaitu FolderIco. Program ini bukan produk dari Shedko, namun program ini mirip dengan Folderico. Tidak ada salahnya jika Anda telah nyaman menggunakan FolderIco.

Pada Folderico, Anda tidak perlu khawatir tentang menginstal software tambahan selama setup, ini merupakan nilai plusnya. Folderico juga sangat baik dalam menjelaskan fitur-fiturnya dalam sebuah tutorial pengaturan pada halaman utamanya.

Folderico terintegrasi dengan Windows Explorer dan dapat diakses dengan cara klik kanan pada folder. Namun, cara kerjanya pada Windows 7 64-bit berbeda dari cara kerjanya dalam versi lain, termasuk Windows 7 32-bit. Berikut adalah gambaran cara kerja dengan Folderico. Ini berlaku untuk semua versi Windows kecuali Windows 7 64-bit.

Setelah Anda klik kanan pada folder, arahkan mouse pada pilihan Folderico. Kemudian jendela Folderico akan terbuka. Selanjutnya Anda akan memilih tipe folder Anda. Ada dua tema yang telah diinstal oleh Folderico, namun jika Anda ingin lebih banyak variasi, ada beberapa tema lainnya yang dapat Anda download secara gratis dari situs resminya.

Setelah Anda memilih ikon Anda, cukup klik "Apply”. Jika Anda ingin menghapus kostumisasi, Anda dapat mengklik tombol "Reset folder icon”. Dalam jendela Folderico, ada beberapa tombol lagi seperti Options, Language, Tools dan About.

Sebagian besar tools dan pilihan mungkin tidak akan dibutuhkan oleh rata-rata pengguna. Pada bagian Options, Anda dapat mengubah ikon yang terinstal, penamaan ikon dan jumlah yang ditampilkan dalam menu konteks, serta beberapa opsi lanjutan seperti menambahkan atribut tersembunyi untuk file ikon yang diekstrak (yang diaktifkan secara default).

Tab Tools memberikan Anda beberapa kontrol pada bagian Integration to shell dan Change Library-icon. Jangan lupakan tab Language. Ada beberapa bahasa yang tersedia untuk ditampilkan dan Anda juga dapat mengunduh bahasa tambahan. Anda harus memperhatikan bahwa Folderico tidak hanya untuk Windows 7, tetapi juga tersedia untuk versi XP dan versi portabel. Anda dapat mengunduh Folderico pada link ini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel