Duel Dua Tablet Ekslusif, iPad 2 Vs Tablet PC windows 7 Fujitsu Stylistic Q550 Pro

22 Feb 2012 14:30 5875 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain Apple, Fujitsu juga merupakan salah satu produsen elektronik yang menawarkan perangkat berkualitas tinggi. Kali ini, Paseban mencoba untuk menengok salah satu produk tablet dari produsen asal Jepang ini, yakni Tablet PC Windows 7 Fujitsu Stylistic Q550 Pro. Bagaimana jika dua tablet ekslusif ini diperbandingkan? Berikut ulasannya.

Memiliki sebuah perangkat elektronik yang berkualitas tinggi tentunya memberikan prestige tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Pun halnya jika Anda memiliki sebuah tablet. Seseorang mungkin akan memiliki tingkat kepercayaan tersendiri jika memegang sebuah iPad 2 yang diproduksi oleh Apple. Selain dikenal sebagai tablet ekslusif, iPad 2 ini juga memiliki kualitas yang cukup bagus.

Selain Apple, Fujitsu juga merupakan salah satu produsen elektronik yang menawarkan perangkat berkualitas tinggi. Kali ini, Paseban mencoba untuk menengok salah satu produk tablet dari produsen asal Jepang ini, yakni Tablet PC Windows 7 Fujitsu Stylistic Q550 Pro. Bagaimana jika dua tablet ekslusif ini diperbandingkan? Berikut ulasannya.

Dimensi

Tablet ekslusif iPad 2 Apple datang dengan dimensi 241.2 x 185.7 x 8.8 mm dan berat sekitar 601 gram. Sementara itu, Tablet PC Windows 7 Fujitsu Stylistic Q550, hadir dengan dimensi 275x192x16.2 mm. Sementara untuk bobot, tablet PC Windows 7 ini memiliki berat 870 gram.

Layar

Pada bagian layar, iPad 2 hadir dengan layar touchscreen berukuran 9,7 inci. Layar tersebut dibangun dengan teknologi IPS plus LED-backlit yang menunjang multi-touch. Layar ini memiliki resolusi 1024 x 768 piksel dengan densitas 132ppi. Anda juga akan memperoleh fitur coating olephobic pada tablet dari Apple ini. Pada bagian layar, nampaknya tablet PC Windows dari Fujitsu lebih memiliki keunggulan. Tablet ini memiliki layar berukuran 10,1 inci. Tak hanya itu, tablet ini juga memiliki resolusi yang lebih baik, yakni 1280 x 768 piksel. Layar dari tablet ini dibangun juga dengan teknologi IPS. Tak cukup hanya di situ, layar touchscreen tablet ini juga dilengkapi dengan teknologi anti silau yang membuatnya nyaman untuk digunakan di lingkungan outdoor.

Performa

Di bagian prosesor, tentunya kualitas prosesor Apple A5 dual core 1GHz menjadi sesuatu yang sudah tidak diragukan lagi untuk kualitasnya. Prosesor ini menjanjikan performa tinggi dengan asupan tenaga yang minimum. Kinerja prosesornya memperoleh dukungan dari RAM 512MB. Selain itu, keberadaan GPU PowerVR SGX543MP2 akan semakin mempercantik tampilan dari tablet ini. Tablet ekslusif ini hadir dengan OS iOS 4. Anda juga bisa meng-upgrade OS tersebut menjadi iOS 5. Anda bisa memilih iPad 2 WiFi atau iPad 2 WiFi+3G. Untuk fitur konektivitas, Apple menyediakan fitur yang komplit, mulai dari WiFi, Bluetooth hingga USB.

Tablet PC Windows 7 milik Fujitsu ini mengandalkan prosesor milik Intel, yakni Intel Atom Z670 single core 1.5GHz. Prosesor ini merupakan prosesor seri Oak Trail yang akan ditunjang dengan OS Windows 7 Pro. Dengan menggunakan OS Windows 7, tentunya akan semakin memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuka aplikasi-aplikasi atau file dari komputer Windows Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan memperoleh RAM yang cukup besar, yakni RAM DDR2 2GB. Sedangkan untuk masalah konektivitas, tablet PC Windows 7 ini menyediakan seperti WiFi, Bluetooth serta akses jaringan 3G.

Kamera

Di bagian kamera, Anda akan memperoleh kamera 0.7MP yang tersemat di bagian belakang tablet. Kamera tersebut mampu menangkap gambar 960 x 720 piksel dan merekam video kualitas 720p pada 30fps. Pada bagian kamera, tablet PC Windows 7 dari Fujitsu memiliki kualitas yang lebih baik. Tablet ini memiliki kamera 1.3MP dan kamera VGA di bagian depan.

Memori dan Baterai

Untuk pilihan memori internal, iPad 2 memiliki 3 jenis pilihan, yakni 16GB, 32GB dan 64GB. Sementara itu, baterai Li-Po 6930 pada tablet ini dapat bertahan stand by selama 720 jam. Pada bagian baterai, tablet PC Windows Fujitsu Stylistic Q550 hadir dengan bentuk yang berbeda. Tablet ini memiliki baterai removable seperti halnya sebuah laptop. Baterai 4-cell tablet ini mampu bertahan hingga 7 jam 42 menit. Sedangkan untuk masalah penyimpanan, tablet ini menyediakan kapasitas hingga 62GB.

Kesimpulan

Kedua tablet ekslusif, iPad 2 dan tablet PC Windows 7 Fujitsu Stylistic Q550 memang memiliki spesifikasi yang wah. Namun dari segi harga, dua perangkat elektronik ini memiliki selisih yang cukup jauh. Jika Fujitsi Stylistic Q550 dijual dengan harga Rp 16 juta rupiah, maka iPad 2 memiliki harga termahal Rp 8,2 juta. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel