Informasi Lengkap Soal Ketangguhan Snapdragon 820

11 Nov 2015 16:00 6443 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Spesifikasi mendetil tentang chipset terbaru dari Qualcomm

Sejak bulan maret 2015 lalu, Qualcomm yang juga adalah produsen chipset ternama untuk perangkat smartphone selalu memberikan kabar tentang informasi mengenai Snapdragon 820 yang juga adalah chipset terbaru dari perusahaan tersebut.

Pada 10 November 2015 kemarin, menjadi sebuah hari yang cukup penting bagi para fans ataupun gadget enthusiasts di seluruh dunia.

Pasalnya, Snapdragon 820 yang sebelumnya hanya dipublikasikan sebagian informasinya saja, akhirnya akan dibeberkan secara mendetil dan keseluruhan tentang seperti apa spesifikasi dari chipset ini.

Seperti yang kita tahu, Snapdragon 820 sendiri adalah sebuah chipset kelas atas yang diproduksi dengan menggunakan core CPU dengan desain hasil kustom dari Qualcomm dimana desainnya tersebut tidak menggunakan desain ARM seperti pada Snapdragon 810.

 

Peningkatan Performa dan Efisiensi

Snapdragon 820 hadir dengan CPU quad-core yaitu Kyro core dengan arsitektur 64-bit yang dapat di clock hingga 2.2GHz. CPU-nya sendiri dikatakan memiliki performa dua kali dari performa Snapdragon 810, yang jika dilihat lagi adalah sebuah peningkatan drastis jika dilihat dengan jarak generasinya yang hanya terpaut satu generasi saja.

Selain peningkatan performa, pada Snapdragon 820 juga meningkat secara efisiensinya. Dimana pada Snapdragon 820 ini, daya tahan baterainya akan lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya. Dan hal ini sepertinya adalah berkat DSP terbaru dari Qualcomm yaitu Hexagon 680.

Untuk kemampuan mengolah gambar sendiri dimana kartu grafis atau GPU menjadi topiknya, Snapdragon 820 akan disempurnakan dengan kehadiran GPU Adreno 530. Kartu grafis ini diklaim memiliki performa 40 persen lebih tinggi dibandingkan Adreno 430 pada Snapdragon 810.

Selain peningkatan performa, kemampuan komputasi serta penggunaan daya juga mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan Snapdragon 810.

 

Improvisasi pada Konektivitas

Dilihat  dari segi konektivitas, chipset ini sudah menggunakan modem X12 LTE yang mendukung penggunaan internet Cat.12 (catergory 12) dimana kecepatan download puncak yang mampu dicapai oleh Cat.12 adalah 600Mbps.

Sedangkan untuk kecepatan upload-nya sendiri, chipset ini sudah menggunakan Cat.13 dengan kecepatan maksimal upload mencapai 150Mbps.

Bagi mereka yang tinggal di China ataupun Amerika, kekhawatiran tentang dukungan jaringan FDD dan TDD juga sudah bukan masalah lagi. Karena Snapdragon 820 ini sudah mendukung kedua teknologi LTE tersebut.

Selain itu, chipset ini juga sudah mendukung dual-SIM, LTE-U, LTE Broadcast, VoLTE dan panggilan Wi-Fi.

Pada bagian Wi-Fi, chipset Snapdragon 820 ini juga dilengkapi dengan dukungan koneksi 2x2 MU-MIMO 802.11ac, dimana koneksi tersebut adalah koneksi Wi-Fi tercepat yang ada sekarang. Tentu saja, untuk memanfaatkan koneksi Wi-Fi tersebut, kita harus terlebih dahulu memiliki router nirkabel yang mendukung MU-MIMO.

 

Dukungan Terhadap Tampilan Layar dan Kamera

Untuk tampilan layarnya sendiri, Snapdragon 820 sudah mendukung tampilan layar hingga tampilan beresolusi 4K. Selain itu, chipset ini juga mendukung kamera hingga 28MP lewat dual-ISP nya yang sudah 14-bit.

Jika sebelumnya pada Snapdragon 801 terdapat fitur Quick Charge yang dapat mengisi baterai hingga 75% dalam beberapa puluh menit saja, pada Snapdragon 820 terdapat improvisasi dari Quick Charge tersebut yaitu Quick Charge 3.0 dimana dapat mengisi daya baterai 38 persen lebih cepat dibandingkan dengan Quick Charge 2.0 yang ada pada Snapdragon 801.

Dan seperti apa yang dijanjikan oleh pihak Qualcomm, kita mulai dapat melihat chipset ini beraksi pada berbagai smartphone flagship di tahun 2016 nanti. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel