Inilah Shokkiri, Sumo dengan Bumbu Komedi

6 Oct 2015 16:00 5346 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sumo komedi ini berbeda dengan Sumo pada umumnya.

Mungkin sebagian besar dari rekan pembaca sudah tahu tentang kata “Sumo”.

Sumo adalah sebuah jenis olahraga khas Jepang dimana olahraga tersebut tidak berbeda jauh dengan olahraga gulat yang berasal dari dunia bagian barat. Bisa dikatakan, olahraga Sumo adalah sebuah olahraga gulat khas Jepang.

Gulat? Mungkin mendengarnya saja para rekan pembaca sudah tahu bahwa olahraga ini penuh dengan yang namanya “baku hantam” atau saling hajar antara kedua kompetitornya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa olahraga ini penuh dengan kekerasan seperti gulat sehingga tidak sepantasnya diperlihatkan kepada anak-anak.

Namun, untuk menepis anggapan seperti itu di masyarakat, olahraga Sumo yang sudah berumur ratusan tahun ini tidak selalu menyajikan pertandingan-pertandingan dimana para pesumonya saling baku hantam.

Beberapa kali dalam seminggu, selalu ada pertandingan sumo yang berbeda dengan pertandingan sumo pada umumnya yang dapat para penonton yang menyaksikan pertandingan Sumo tersebut tertawa terbahak-bahak.

Di Jepang, pertandingan Sumo seperti ini dikenal dengan nama “Shokkiri”, yaitu sebuah pertandingan Sumo “ala kadarnya” yang tujuan utamanya sendiri untuk membuat para penontonnya tertawa dan terhibur.

Inilah Shokkiri, Sumo dengan Bumbu Komedi

Sejarah munculnya pertandingan Sumo bernama Shokkiri ini berawal pada zaman Edo, dimana tujuan awalnya keberadaan Shokkiri sebenarnya adalah untuk memperlihatkan gerakan-gerakan atau teknik-teknik yang tidak boleh dilakukan dalam pertandingan Sumo pada masa itu.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan tuntutan dari para penikmatnya, Shokkiri berubah menjadi sebuah pertandingan Sumo komedi yang rutin dilakukan di Jepang.

 

Apa yang membedakan pertandingan Sumo Shokkiri dengan pertandingan Sumo biasa?

Selain tingkat keseriusan pertandingan Sumo Shokkiri yang tidak seserius pertandingan Sumo biasa, ada beberapa perbedaan mencolok yang dapat dilihat dari Sumo Shokkiri ini.

Berbeda dengan pertandingan Sumo pada umumnya, pada Shokkiri tidak ada yang namanya konsekuensi penurunan atau peningkatan peringkat dari para pesumo yang berpartisipasi, baik yang menjadi pihak yang dikalahkan ataupun pihak yang menang.

Selain itu, Shokkiri juga tidak termasuk ke dalam pertandingan official atau resmi sehingga pertandingan Shokkiri sendiri pelaksanaannya terpisah dari pertandingan Sumo pada umumnya.

Hal terakhir yang membedakannya adalah adanya musik yang biasanya menjadi pelantun adegan-adegan lucu yang dilakukan para pesumo. Sumo, dimana sebuah komedi dipadukan dengan musik pelantun biasa disebut sebagai Hanazumo (Sumo Bunga).

Tidak semua yang ada pada pertandingan ini dibuat berbeda. Contohnya saja para pesumo yang berpartisipasi dalam pertandingan ini adalah pesumo asli yang memang benar-benar terlatih.

Kemudian, para pesumo yang berpartisipasi dalam pertandingan Sumo ini juga bukanlah para pesumo sembarangan. Mereka yang berpartisipasi dalam acara Shokkiri adalah para pesumo yang peringkatnya rendah atau belum memiliki nama di dunia Sumo Jepang.

Oleh karena itu, selain tujuan umumnya untuk menghibur para penontonnya, Shokkiri juga dapat berfungsi sebagai tempat para pesumo yang belum terkenal untuk mulai mempromosikan diri mereka ke para penonton atau penggemar pertandingan Sumo. Untuk mengenal lebih jelas tentang Sumo Shokkiri, silahkan saksikan cuplikan Sumo komedi asal Jepang tersebut pada video di bawah ini. [FM]

Via http://mag.japaaan.com/

Tags Olahraga

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel