Adu Canggih, Samsung Galaxy S6 VS Oneplus 2

21 Sep 2015 14:00 4000 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan antara flagship dengan flagship killer dari berbagai aspek.

Setelah diluncurkannya Oneplus 2 yang disebut-sebut sebagai “Flagship Killer” di tahun 2015 ini. Samsung tentunya tidak tinggal diam. Dengan harga dua kali lipat lebih mahal dari Oneplus 2, Samsung Galaxy S6 menjanjikan performa yang lebih dari apa yang Oneplus 2 tawarkan.

Jadi, apakah benar Samsung Galaxy S6 itu ternyata lebih hebat dibandingkan Oneplus 2?

Berikut ini adalah sebuah komparasi yang dilakukan oleh profesional ternama di dunia gadget, Android Authority.

Tujuan dari komparasi ini adalah untuk membuktikan apakah Samsung Galaxy 6 dengan harganya yang cukup mahal, ataukah Oneplus 2 dengan harga yang jauh lebih murah namun dengan spesifikasi yang sama bagusnya dengan Galaxy S6.

 

1. Desain

Dengan ukurannya yang tergolong besar untuk sebuah smartphone, kedua gadget high-end ini ternyata membuat perubahan drastis pada masing-masing modelnya.

Pada Samsung Galaxy S6 misalnya, walaupun bentuknya masih sama dengan generasi-generasi Samsung Galaxy sebelumnya seperti Galaxy S5. Pada smartphone ini telah dibenamkan fungsi Fingerprint Reader atau fungsi sidik jari. Fungsinya adalah untuk membuka smartphone yang terkunci hanya dengan menempelkan jari anda ke area tertentu pada sebuah smartphone.

Selain itu, material yang digunakan untuk membuat smartphone ini juga telah diganti. Jika pada seri Galaxy sebelumnya masih menggunakan plastik, pada Galaxy S6, material tersebut diganti menjadi berbahan besi.

Lapisan kaca layar yang digunakan pada smartphone ini juga tentunya berubah. Dari yang asalnya hanya menggunakan satu lapisan saja, layar pada Galaxy S6 sudah menggunakan dual glass panel.

Namun, dengan segala perubahannya ternyata hal ini membuat Samsung Galaxy S6 tidak memiliki cover belakang yang bisa dilepas yang juga berdampak pada penggunaan baterai yang tidak dapat dilepas dan penyimpanan yang juga tidak dapat diperluas.

Perubahan pada Oneplus sendiri dapat dibilang tidak kalah jauh dengan smartphone Samsung Galaxy S6 dengan seri Galaxy sebelumnya. Salah satunya adalah penggunaan frame atau rangka yang terbuat dari besi. Selain itu ada juga penambahan sebuah tombol yang penulis kira adalah sebuah “Home Button”, tapi ternyata adalah sebuah Fingerprint reader yang dapat diakses dengan mudah.

Pada bagian kiri dari smartphone ini juga ada sebuah ‘slider’ yang fungsinya adalah untuk mengganti mode Oneplus 2 ke mode diam tanpa notifikasi.

Dan yang terakhir, terdapat sebuah tipe USB terbaru yang disematkan pada Oneplus 2. Apa lagi kalau bukan USB Tipe-C.

Walaupun terkesan sebagai terobosan baru ke arah positif. USB Tipe-C ternyata tidak begitu menguntungkan bagi penggunanya. Seperti kabel-kabel USB yang biasa Anda gunakan, menjadi tidak berguna lagi dihadapan USB Tipe-C karena perbedaan bentuk lubang portnya.

Kesimpulannya, kedua smartphone yang berubah menjadi lebih baik ini ternyata memiliki efek negatif bagi keduanya. Namun, dengan desainnya yang unibodi, baterai dan covernya tidak dapat dilepas (kecuali Oneplus 2 yang covernya dapat diganti).

Oneplus 2 dengan layarnya yang lebih besar dari Galaxy S6 menyebabkan Oneplus 2 lebih sulit digunakan dibandingkan Galaxy S6.

 

2. Tampilan Layar

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy S6 dibandingkan smartphone lainnya adalah layarnya yang menggunakan layar 5.1 inch dengan tampilan Super AMOLED. Akibatnya, gambar, foto atau apapun yang ditampilkan di layar menjadi terlihat sangat baik.

Selain itu tingkat kepadatan layarnya pun tinggi, yakni mencapai 557 ppi dengan resolusi Quad HD.

Di sisi lain, Oneplus 2 masih menggunakan layar berukuran 5.5 inch seperti generasi pertamanya Oneplus One. Layar pada smartphone ini adalah sebuah layar IPS LCD dengan resolusi full HD atau 1080p.

Walaupun secara resolusi keduanya berbeda, pengguna biasa umumnya tidak akan dapat membedakan mana yang Quad HD dan mana yang full HD. Selain itu, tingkat kecerahan warna pada Oneplus 2 juga telah ditingkatkan. Sehingga tampilannya tidak kalah jauh dengan Samsung Galaxy S6.

 

3. Performa

Bagi kedua smartphone ini, performa mungkin bukan hal yang dapat menjadi masalah. Oneplus 2 dengan prosesor terbaru dari Snapdragon, dan Samsung Galaxy S6 dengan prosesor terbaru yang dibuat oleh Samsung sendiri.

Dengan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 810 dan RAM sebesar 4GB, Oneplus 2 dapat memainkan game-game berat Android dengan mudah dan lancar. Selain itu, kegiatan multi-tasking juga akan sangat mudah untuk dilakukan.

Tidak kalah dengan Oneplus 2, Samsung Galaxy S6 juga menggunakan RAM sebesar 4GB untuk mendukung aktivitas penggunanya. Selain itu, Prosesor Exynos 7420 yang merupakan prosesor octa-core dari Samsung juga dapat menyaingi Oneplus 2.

Namun satu hal yang menyebabkan Samsung Galaxy S6 selangkah lebih jauh dibandingkan Oneplus 2 adalah karena Oxygen OS, yaitu sistem operasi pada Oneplus 2. Pada oxygen OS, banyaknya bugs yang harus diperbaiki menyebabkan berkurangnya kinerja Smartphone tersebut.

 

4. Hardware

Sebuah smartphone dapat disebut sebagai “Flagship Killer” jika smartphone tersebut memiliki fitur yang sama atau lebih bagus dibandingkan kompetitornya yang memiliki harga lebih mahal.

Itulah yang dimiliki Oneplus 2, Dengan fungsi pembaca sidik jari yang terletak di bawah tombol Home, keduanya dapat bekerja dengan lancar. Tapi terkadang ada kesulitan dalam mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan sebagai kunci pembuka smartphone.

Fitur perangkat lainnya adalah tombol besar yang ada di bagian kiri smartphone. Nama dari tombol ini adalah “Alert Slider”. Fungsi dari tombol ini adalah untuk berpindah-pindah dari berbagai mode notifikasi yang ada pada Android Lollipop seperti mode “All” dan “None”.

Jika pada generasi sebelumnya Oneplus hanya menyediakan satu slot kosong untuk kartu SIM. Pada Oneplus 2, slot sim yang dapat digunakan bertambah jumlahnya menjadi 2 buah. Artinya, Oneplus 2 adalah sebuah smartphone yang sudah mendukung fungsi dual-SIM.

Adaptasi USB Tipe C, menurut penulis adalah sebuah kesalahan yang fatal. Karena dengan menggunakan USB ini, maka fungsi atau fitur Fast Charge jadi hilang atau tidak bisa digunakan.

Baterai yang digunakan pada Oneplus 2 juga sudah cukup besar secara kapasitasnya. Dengan menggunakan baterai berkapasitas 3300mAh ini, Oneplus 2 memiliki screen on time selama 5 jam.

Pada Galaxy S6, banyak penambahan fitur yang memang berkelas premium, seperti penambahan fungsi wireless charging dan fast charging. Namun dengan baterainya yang hanya 2,550 mAh, smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang lebih sedikit dibanding Oneplus 2.

Dan seperti pada Oneplus 2, Fingerprint reader juga dipasangkan dibawah tombol ‘Home’. Untuk responnya sendiri, Samsung Galaxy S6 masih memiliki respon yang lebih cepat dibandingkan fingerprint pada Oneplus 2.

 

5. Camera

Untuk kemampuan kamera dari kedua smartphone tersebut, Samsung Galaxy S6 masih lebih unggul dibandingkan Oneplus 2. Dengan penggunaan optical image stabilization, kamera pada smartphone ini dapat menghasilkan sebuah hasil yang sangat bagus. Tentunya didukung oleh kameranya yang sudah 16 megapixel dan mode-mode lainnya yang memanfaatkan sensor-sensor yang ada pada smartphone ini.

Untuk gambar yang dihasilkan oleh kamera Oneplus 2, walaupun kualitas yang dihasilkan terbilang cukup baik. Namun hasil tersebut masih kalah dengan gambar yang diambil oleh Samsung Galaxy S6.

Bahkan pada HDR mode, Samsung Galaxy S6 masih lebih baik dibandingkan Oneplus 2.

 

6. Spesifikasi dan Harga

Sebelum menyelam ke penjelasan-penjelasan rinci yang ada pada suatu smartphone, para konsumen umumnya hanya melihat sebagus apa spesifikasi yang ditawarkan dan seberapa mahal harga smartphone tersebut.

Untuk kedua smartphone dengan spesifikasi di atas, harga yang ditawarkan untuk sebuah Samsung Galaxy S6 adalah seharga 8 juta-an. Sedangkan untuk Oneplus 2, ponsel ini dijual dengan harga 5 juta hingga 6 juta-an.

 

7. Kesimpulan

Sebagai sebuah smartphone yang katanya merupakan “Flagship Killer”, Oneplus 2 ternyata tidak begitu cocok untuk dipanggil demikian.

Alasannya, walaupun performa dari Oneplus 2 dan Samsung Galaxy 6 itu hampir mirip, Oneplus 2 masih kalah di ketajaman layar, terutama layar Quad HD-nya. Selain itu, perbedaan yang cukup signifikan pada fitur dan hasil kameranya membuat Oneplus 2 semakin tertinggal. Terutama dengan tidak adanya fitur seperti wireless charging dan fast charging.

Namun, dengan keberadaan tombol ‘Alert Slider’ dan dan USB port terbaru yang bernama USB Tipe-C yang tidak dimiliki Samsung Galaxy S6, Oneplus masih bisa dapat bertahan sebagai smartphone kelas premium dengan harga murah. [FM]

 

via Androidauthority

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel