Kabar Kemunculan Microsoft Surface Pro 4

16 Sep 2015 13:00 3209 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
kemunculan beberapa gadget barunya. Salah satunya adalah Microsoft Surface Pro 4

Setelah diumumkannya tentang event Perangkat Windows 10 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2015 di New York, Amerika Serikat. Microsoft juga telah mengkonfirmasi kemunculan beberapa gadget barunya. Salah satunya adalah Microsoft Surface Pro 4.

Informasi detail mengenai seperti apa gadget ini memang belum ada. Tapi yang jelas, gadget ini merupakan improvisasi dari generasi Microsoft Surface Pro 3.

Mungkin karena banyaknya para antusias gadget yang tidak sabar menunggu lagi, banyak kabar dan bocoran tentang penampilan dan spesifikasi dari Microsoft Surface Pro 4 ini.

 

1. Desain

Dalam usahanya untuk mengadaptasi penampilan dari Surface generasi sebelumnya, Microsoft pernah menyatakan bahwa tablet hybrid generasi terbarunya akan dapat menggunakan cover yang diperuntukkan untuk Surface 3. Selain itu, aksesoris seperti lubang docking untuk Surface 3 juga akan digunakan pada generasi terbaru tablet hybrid tersebut.

Dengan kata lain, bagi Anda yang memiliki aksesoris Surface 3 seperti wadah dan keyboardnya. Maka Anda tidak perlu lagi untuk membeli aksesoris tambahan ketika mengganti tablet Anda ke Surface 4.

 

2. Layar

Pada kemunculannya tahun lalu, surface pro 3 dilengkapi dengan layar 12 inch dan resolusi sebesar 2160 x 1440 pixels. Walaupun kabarnya Surface Pro 4 ini tidak akan mencoba untuk melebarkan resolusinya seperti pada iPad Pro, Pihak Microsoft sendiri merencanakan untuk melebarkan layarnya ke ukuran 12 inch atau 13 inch.

 

3. Spesifikasi

Perubahan atau improvisasi terbesar yang mungkin dapat kita lihat dari sumber tenaga untuk tablet hybrid ini mungkin sumber tenaganya yang berasal dari Intel generasi terbaru, yakni Intel Skylake.

Prosesor terbaru keluaran Intel ini kabarnya mampu untuk meningkatkan daya tahan baterai, performa grafis yang lebih baik dan kemulusan dalam menjalankan video 4K.

Untuk pilihan RAM dan Penyimpanan internalnya, Microsoft sepertinya masih akan mempertahankan spesifikasi yang ada pada Surface 3 yaitu, pilihan RAM antara 4GB atau 8GB, SSD berukuran mulai dari 64GB hingga 512GB.

Namun, kabar lain dari sebuah situs berbahasa China bernama 36kr.com, menulis bahwa Surface Pro 4 ini akan menggunakan prosesor Broadwell atau Intel generasi kelima sebagai motor penggeraknya dengan tujuan menjadi tablet yang sama sekali tidak memiliki kipas pendingin.

Namun hal yang ditulis oleh 36kr.com sepertinya tidak akan terjadi. Hal ini dilihat dari peluncuran event Windows 10 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2015 ini tidak begitu jauh harinya dari peluncuran Intel Skylake sebelumnya.

 

4. Aksesoris Tambahan

Walaupun Microsoft pernah menyatakan bahwa aksesoris seperti cover untuk Surface Pro 4 itu kompatibel dengan Surface Pro 3. Tidak menutup kemungkinan bahwa cover baru untuk Surface Pro juga akan dibuat secara khusus, sama halnya dengan keyboardnya.

Namun, jika dilihat dari masa lalu Microsoft yang selalu membuat aksesoris berbeda untuk tiap versi Surface Pro, keyboard Surface Pro 3 yang dapat dibeli secara terpisah sekarang memiliki feel yang paling nyaman dan aktuasi taktil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan keyboard bawaan yang didapatkan dalam satu paket pembelian Surface Pro 3.

Dan pada kemunculan Surface Pro 4 nanti, mungkin kemunculan keyboard khusus untuk Surface Pro 4 juga akan memiliki gaya “Chiclet”, atau dengan kata lain tombol-tombolnya akan berbentuk seperti permen karet chiclet.

Untuk stylus yang akan digunakan untuk Surface Pro 4, sepertinya akan mirip dengan stylus yang digunakan pada Microsoft Surface Pro 3. Yang mebedakannya, stylus untuk Surface Pro 4 ini kabarnya akan menggunakan teknologi N-trig, yaitu sebuah software yang dibuat oleh sebuah perusahaan pengembang software di Israel.

 

5. Kesimpulan

Terlepas dari bits dan bytes yang membentuk Surface Pro 4 nantinya, yang pasti semua konsumen microsoft Surface Pro nantinya inginkan adalah, sebuah tablet hybrid yang berbeda dan berkembang ke arah positif pada kategorinya.

Seperti pada Lenovo MiiX 700 dan Apple iPad Pro yang menawarkan penggunanya sebuah pengalaman lebih dari hanya menonton film dan bermain games ringan.

Dan jangan lupa, pada 6 Oktober 2015 juga Microsoft akan mengeluarkan Microsoft Surface Mini bersamaan dengan Surface Pro 4. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel