Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

1 Jun 2015 09:00 3998 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wortel tidak saja dikonsumsi dengan cara dimasak tetapi juga bisa dibuat menjadi jus. Jus wortel dengan berbagai kandungan nurisi di dalamnya bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Jus Wortel-Si oranye yang kaya akan kandungan vitamin A ini merupakan jenis sayuran yang mudah untuk dijumpai dan harganya terjangkau. Ya, wortel. Wortel sudah menjadi sayuran yang umum ditemui dan dijadikan berbagai bahan untuk makanan. Kandungan nutrisi yang tinggi di dalam wortel terutama vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, membuat wortel semakin banyak digemari. Ada banyak cara untuk bisa menikmati wortel misalnya, menjadi campuran sayur sop, menjadi bahan untuk puding, dibuat kue bolu, dan juga dikonsumsi selagi segar dengan dibuat jus.

Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nutrisi yang Terkandung dalam Satu Cangkir Jus Wortel

Ada banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari satu cangkir jus wortel. Nutrisi yang terkandung di dalam wortel tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Kandungan vitamin dan mineral.

Wortel merupakan sayuran dengan banyak kandungan vitamin di dalamnya. Beberapa vitamin tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Vitamin A, bermanfaat banyak terutama untuk menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin B1 dan B2. Vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga otak dan sistem saraf agar tetap berfungsi dengan baik. Sedangkan vitamin B2 bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.
  • Vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan membantu pembentukan hormon.
  • Kalium yang merupakan elektrolit yang diperlukan tubuh.
  • Zat besi.
  • Kandungan kalori.

Satu cangkir jus wortel setiap harinya sudah bisa memenuhi sekitar 4 persen kebutuhan kalori tubuh dari 2000 kalori yang dibutuhkan. Jus wortel menyumbang sekitar 80 kalori. Sumbangan kalori dari satu cangkir jus wortel termasuk cukup dan tidak berlebihan.

  • Kandungan makronutrisi.
  • Karbohidrat. Satu cangkir jus wortel menyumbangkan sekitar 18 gram karbohidrat untuk tubuh.
  • Lemak. Satu cangkir jus wortel hanya mengandung sekitar 0,7 gram lemak.
  • Protein. Satu cangkir jus wortel menyumbangkan 1,3 gram protein.

Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai Manfaat dari Konsumsi Jus Wortel

Konsumsi jus wortel dengan porsi yang tepat, artinya tidak berlebihan, akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Apa saja manfaat dari konsumsi jus wortel tersebut? Berikut uraiannya.

  • Membantu mengatur tingkat gula darah. Wortel termasuk jensi sayuran ayng dipercaya bisa membantu dalam mengatur kadar gula dalam darah. Hal tersebut berhubungan erat dengan kandungan karotenoid dalam wortel.
  • Menjaga kesehatan indra penglihatan. Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Wortel mengandung lutein dan beta karoten yang bermanfaat untuk melindungi indra peglihatan. Di dalam hati, beta karoten diubah menjadi vitamin A yang kemudian masuk ke retina dan berubah menjadi zat rhodopsin yang bermanfaat untuk penglihatan pada malam hari.
  • Membantu mencegah beberapa jenis kanker. Wortel ternyata berkhasiat untuk membantu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Contohnya seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kandung kemih, kanker prostat, dan kanker usus leher.
  • Membantu untuk meningkatkan fungsi dari hati. Jus wortel bisa membantu untuk membersihkan hati dan bisa meningkatkan fungsi dari hati.
  • Membantu menjaga kesehatan paru-paru. Wortel bisa membantu untuk membantu melawan munculnya efek samping dari kotornya udara khsusunya dari asap rokok dan membantu untuk melindungi sistem pernapasan dari kemungkinan terjadinya infeksi.
  • Membantu menambah jumlah ASI. Pada ibu yang sedang menyusui, nutrisi tinggi dalam air susunya sangat penting untuk bayi. Rajin mengonsumsi jus wortel bisa membantu meningkatnya jumlah ASI yang dihasilkan. Khasiat lainnya adalah bayi bisa mendapatka asupan vitamin A dengan baik karena sang ibu rajin meminum jus wortel.
  • Membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin A tidak saja bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga untuk menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit, kuku, dan rambut menjadi kering dan rusak. Oleh karena itu, penting untuk rajin mengonsumsi jus wortel yang kaya kandungan vitamin A dan bisa membantu untuk mengatasi berbagai masalah kulit kering lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang rutin mengonsumsi wortel dalam bentuk jus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Semoga isi artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua pembaca.[DIA]

 

 

                

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel