5 Bedanya TV LED dan Smart TV yang Jarang Diketahui

23 Mar 2024 11:00 704 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Televisi memang menjadi hiburan di rumah.

Televisi memang menjadi hiburan di rumah. Tidak heran bila model dan fitur yang ditawarkan televisi semakin beragam. Salah satunya dengan kehadiran TV LED dan Smart TV. Meski sama-sama berfungsi untuk menonton film dan acara lainnya, ternyata kedua model televisi ini punya banyak perbedaan. Apa saja itu?

 

1.Sistem operasi yang tidak sama

Kedua TV ini memang memiliki layar yang datar. Namun, Smart TV punya sistem operasi yang mirip dengan smartphone atau komputer. Jadi, kamu bisa mengakses aplikasi dan layanan online. Sedangkan TV LED biasa lebih fokus pada fungsi pemutaran konten saja.

2.Smart TV bisa Terhubung ke Jaringan Wi-Fi

TV LED  tidak memiliki teknologi yang bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi. Lain halnya dengan Smart TV yang memungkinkan kamu untuk memakai internet tanpa perlu perangkat tambahan. Soalnya, Smart TV sudah memiliki jaringan internet di dalam sistemnya.

3.Fitur pengontrolan TV

Salah satu fitur menarik dari Smart TV adalah pengontrolan yang lebih interaktif. Kamu bisa menyalakan TV memakai remote control pintar maupun menggunakan suara. Inilah yang membuat pengalaman menonton terasa lebih nyaman.

4.Pembaruan perangkat lunak (firmware) pada Smart TV

Smart TV memiliki kemampuan untuk menerima pembaruan perangkat lunak (firmware) secara berkala. Ini memungkinkan produsen untuk memperbaiki kerentanan keamanan, memperbaiki bug, atau bahkan menambahkan fitur baru ke dalam TV. Sedangkan TV LED tidak memiliki fitur ini di dalam sistemnya.

5.TV LED lebih hemat energi

Meskipun keduanya menggunakan teknologi LED, TV LED biasanya lebih hemat energi daripada Smart TV. Hal ini disebabkan oleh fokus TV LED pada fungsi dasar pemutaran konten. Sementara Smart TV dilengkapi berbagai fitur  yang terhubung ke internet. Tentu, inilah yang membuat Smart TV cenderung menggunakan lebih banyak daya.

 

Itu dia perbedaan dari kedua jenis TV ini. Nah, kamu bisa membeli berbagai model TV terbaik hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Di sini, kamu juga dapat belanja perabot dan perlengkapan nonton lainnya, dari sofa, meja tamu, hingga lampu lantai. Yuk, dapatkan promo menarik sekarang juga!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel