Aplikasi Ziswaf Gratis Namun Sederhana dan Lengkap? Coba Smartziswaf!

22 Mar 2024 15:00 192 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartziswaf atau yang dikenal juga dengan Sisziswaf adalah sebuah aplikasi digital untuk pencatatan ziswaf secara online.

Jika saat ini Anda sedang mencari software atau aplikasi untuk pencatatan ZISWAF secara digital dan online, maka Anda berada di artikel yang tepat karena pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan sebuah aplikasi ZISWAF yang dapat Anda miliki secara gratis dan dapat Anda manfaatkan serta gunakan selamanya.

Nama aplikasi tersebut adalah Smartziswaf.

Smartziswaf adalah sebuah software atau aplikasi yang dikembangkan oleh Four Vision Media untuk para pengurus masjid dan para amilin pengelola Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (ZISWAF) dalam rangka mengelola pencatatan penerimaan ZISWAF secara rapi, professional, dan transparan. Aplikasi ini bentuk wakaf dari Four Vision Media untuk seluruh masjid di Indonesia, sehingga dapat Anda gunakan secara GRATIS!

Tanpa panjang lebar, mari simak ulasan singkat tentang aplikasi Smartziswaf ini, khususnya bagi Anda yang berminat menggunakannya tapi masih ragu atau bingung.

 

1. Halaman Beranda

Halaman Beranda ini adalah halaman dimana Anda dapat melihat semua data yang terekam di aplikasi secara singkat. Dengan kata lain, Anda dapat melihat summary atau kesimpulan dari berbagai menu yang ada pada aplikasi Smartziswaf ini di halaman beranda.

Mulai dari atas, ada Quick Access yang Anda dapat manfaatkan untuk mengakses menu-menu penting di aplikasi Smartziswaf secara cepat dan mudah. Kemudian juga ada ‘Filter’ yang fungsinya adalah melakukan filter data untuk melihat data ZISWAF di tahun yang diinginkan.

Selanjutnya juga ada data Muzakki yang dirangkum secara singkat. Jadi yang dapat Anda lihat disini adalah jumlah kepala keluarganya, jumlah dari Muzakki dan jumlah Cluster atau domisili dari Muzakki tersebut.

Di bawahnya ada data Zakat yang terbagi atas zakat fitrah uang dan beras, data ISWAF yang terbagi atas Infaq / Shodaqoh uang, Infaq / Shodaqoh beras, jumlah Zakat Mal, jumlah Fidyah, dan jumlah Waqaf.

Kemudian yang paling bawah, dapat Anda temukan ‘Data Penerimaan’ yaitu akumulasi dari keseluruhan ZISWAF yang diterima dalam bentuk uang dan beras.

 

 

2. Halaman User Management

Ketika Anda menggunakan Akun terdaftar dan terverifikasi, Anda akan diberikan sebuah akun dengan level atau role Admin. Di halaman User Management, Anda dapat menambah Amilin dan juga pengurus yang fungsi dan tugasnya adalah mengelola aplikasi Smartziswaf untuk organisasi Anda.

Untuk menambahkan peran atau role, Anda dapat melakukannya lewat sub menu ‘Manage Role’ tentunya setelah menginput yang ingin Anda tugaskan sebagai Amilin ataupun Pengurus di sub menu ‘Manage User’ terlebih dahulu.

 

 

 

3. Halaman Kelola Muzakki

Adalah sebuah halaman tempat Anda melakukan input data Muzakki dan mengelolanya. Pada halaman ini, ada beberapa fungsi atau aktivitas yang dapat Anda lakukan.

Yang pertama tentunya adalah menambah data Muzakki, kemudian ada juga arsip data Muzakki yang isinya adalah data Muzakki tercatat dari tahun ke tahun.

Kemudian juga ada fitur atau fungsi import dan export.

Fungsi fitur import sendiri adalah untuk mengunggah file yang mungkin sudah Anda buat di komputer Anda secara offline atau tanpa terkoneksi ke internet. Sedangkan fitur export adalah sebuah fitur untuk mengunduh data yang sudah Anda input di Smartziswaf ke komputer Anda.

Kedua fitur ini sangat bermanfaat agar Anda memiliki data backup kalau sewaktu-waktu ada masalah dengan komputer Anda, atau ada masalah dengan server Smartziswaf.

 

4. Halaman Kelola Mustahik

Di halaman ini, ada 3 sub menu yang dapat Anda temukan. Yang Pertama adalah ‘Data Mustahik (Asnaf)’; yaitu sebuah sub menu tempat Anda menginput Asnaf atau penerima zakat. Sama seperti pada halaman ‘Kelola Muzakki’, di halaman ‘Data Mustahik (Asnaf)’ ini memiliki fitur arsip data Asnaf, serta fitur import dan export data Asnaf yang sudah Anda catat.

Sub menu kedua adalah ‘Perhitungan Kalkulasi’. Disini Anda akan menemukan summary atau nilai total dari ziswaf yang diterima dari metode hitung yang sudah disediakan (ada tiga metode hitung dapat dipilih di ‘Kalkulasi Pembagian’), terbagi atas beras dan uang cash. Di halaman ini juga, Anda akan menemukan jumlah Asnaf atau penerima zakat yang tercatat di organisasi Anda yang terbagi atas tiga golongan yaitu Fakir Miskin, Amilin dan Fisabilillah.

Ada 3 metode perhitungan yang dapat dipilih pada menu ‘Kalkulasi Pembagian’ sesuai syariat Islam. Anda dapat memilih salah satu metode yang Anda anut untuk digunakan dalam pembagian zakat.

Di halaman ini juga, Anda akan dapat menginput persentase pembagian untuk Asnaf yang terdaftar. Sistem akan melakukan hitungannya secara otomatis sehingga Anda tidak perlu menggunakan kalkulator lagi untuk menentukan nilai dari persentase pembagian ziswafnya.

 

5. Data Master

Adalah sebuah menu yang didalamnya terdapat sub menu ‘Cluster / Wilayah’ yang nantinya bisa Anda isi sesuai dengan Muzakki yang menyalurkan zakat atau infaq lewat organisasi Anda.

Sub menu selanjutnya adalah pengaturan Bahasa yang hanya dapat diakses oleh Admin. Fungsinya adalah mengganti bahasa dari aplikasi Smartziswaf ke bahasa lain selain bahasa Indonesia. Kemudian ada juga Daftar Data Umat yang isinya adalah data umat baik Muzakki maupun Asnaf yang sudah diinput di aplikasi Smartziswaf milik organisasi Anda.

 

6. Laporan

Menu terakhir di aplikasi Smartziswaf adalah menu ‘Laporan’. Pada menu ini Anda dapat menemukan 5 jenis laporan mulai dari Laporan Data Muzakki, Laporan Data Zakat non Fitrah, Laporan Data Asnaf, Laporan Data Cluster, dan Laporan Data Pembayaran Zakat.

Semua laporan data tersebut dapat diunduh via menu ‘export’ yang ada pada tab Laporan Data Muzakki.

 

Kesimpulan

Smartziswaf atau yang dikenal juga dengan Sisziswaf adalah sebuah aplikasi digital untuk pencatatan ziswaf secara online. Kelebihan menggunakan Smartziswaf sendiri dapat dirasakan ketika data yang Anda input menjadi lebih rapih dibandingkan ketika Anda mencatatnya pada sebuah buku. Selain itu, data juga akan lebih aman karena data tersimpan secara online di server dengan tingkat sekuritas yang tinggi.

Kelebihan lainnya, Anda dan rekan Anda dapat mengakses Smartziswaf secara bersamaan di tempat yang berbeda. Dengan catatan, Anda harus dapat terhubung ke internet karena Smartziswaf sendiri adalah software aplikasi berbasis website.

Apakah sejauh ini Anda membaca sudah tertarik dengan fitur-fitur sederhana namun lengkap pada aplikasi Smartziswaf ini?

Jika iya, Anda dapat langsung daftar untuk mendapatkan aplikasi ini secara gratis langsung melalui website smartziswaf.com. Ayo tunggu apa lagi?

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel