Manfaat-Manfaat Buah Alpukat untuk Tubuh Manusia

21 May 2015 15:00 3008 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Buah alpukat merupakan jenis buah-buahan yang mudah didapatkan. Buah ini juga ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat akan berdampak baik untuk tubuh.

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah dengan daging berwarna hijau muda dan lembut ini merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Buah alpukat termasuk jenis buah yang mudah untuk ditemui di Indonesia. Harga dari buah alpukat sendiri tidak terlalu tinggi dan mudah untuk dijangkau semua kalangan masyarakat. Buah satu ini pun termasuk mudah dan beragam cara konsumsinya. Alpukat bisa menjadi bahan isian sushi gulung, bahan isian sandwhich, dimakan secara langsung, dibuat jus, dihancurkan dengan memakai gula merah, dan lain-lain.

Manfaat-Manfaat Buah Alpukat untuk Tubuh Manusia

Jenis-Jenis Buah Alpukat

Jenis dari buah alpukat ada banyak termasuk keturunan dari perkawinan silang beberapa jenis buah alpukat. Sedangkan dalam artikel ini, hanya tiga jenis buah alpukat berdasarkan rasnya. Ketiga jenis buah alpukat tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Alpukat ras Guatemala

Buah alpukat ras Guatemala berasal dari dataran tinggi Amerika Tengah. Ras alpukat ini termasuk yang kurang tahan terhadap suhu dingin. Kulit buahnya keras, berbintil, tebal, dan mudah rusak. Daging buahnya memiliki kandungan minyak yang sedang.

  • Alpukat ras Meksiko

Jenis alpukat dari ras Meksiko ini memiliki kandungan lemak yang paling tinggi. Asalnya dari dataran tinggi Equador dan Meksiko. Buahnya berbentuk oval, kulitnya licin dan tipis, kecil, dan memiliki biji yang besar.

  • Alpukat ras Hindia Barat

Jenis ini berasal dari dataran rendah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kandungan dari minyaknya paling rendah. Biji dari buah alpukat jenis ini besar dan mudah lepas di dalam rongga, kulitnya tebal, licin, dan agak liat.

Manfaat-Manfaat Buah Alpukat untuk Tubuh Manusia

Beberapa Manfaat Alpukat untuk Tubuh

Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, beberapa manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Banyak mengandung nutrisi untuk kebutuhan tubuh.

Buah alpukat mengandung 20 vitamin dan mineral termasuk pemenuhan kebutuhan vitamin C untuk tubuh setiap harinya. Buah alpukat juga mengandung vitamin B6 yang bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi.

  • Membantu menjaga kesehatan mata

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang termasuk ke dalam karetenoid yang bisa membantu menjaga mata dari gelombang cahaya yang berbahaya.

  • Membantu menjaga kecerdasan.

Otak kita membutuhkan asupan vitamin E dan Omega 3 yang cukup. Buah alpukat mengandung kedua jenis kebutuhan otak tersebut. Kedua jenis kandungan dalam alpukat tersebut akan membantu meningkatkan suplai darah ke dalam pre-frontal cortex yang bisa meningkatkan kerja otak dalam cara mengambil keputusan, perencanaan, dan cara berpikir yang kritis.

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Turunnya kadar kolesterol dalam tubuh bisa berdampak baik seperti menurunnya resiko serangan jantung dan stroke. Kandungan lemak tak jenuh tunggal sendiri bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  • Mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh.

Tahukah? Buah alpukat memiliki banyak serat di dalamnya. Serat sangat baik untuk tubuh. Satu buah alpukat bisa memenuhi kebutuhan serat tubuhsebanyak 27% setiap harinya.

  • Membantu menurunkan berat badan.

Kandungan lemak berupa asam lemak tak jenuh tunggalnya membantu memperlambat pembakaran energi dalam tubuh dibandingkan dengan lemak jenuh. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang setelah memakan alpukat dan menunda lapar.

  • Mengandung potasium yang lebih banyak dari buah pisang.

Potasium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi tekanan darah, menurunkan resiko penyakit stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Buah alpukat akan memenuhi kebutuhan potasium tubuh sebanyak 14%, sedangkan buah pisang hanya bisa memenuhi 10% potasium saja untuk tubuh.

  • Membantu melarutkan vitamin yang larut dalam lemak.

Kandungan lemak dalam alpukat bisa membantu beberapa jenis vitamin penting seperti vitamin A, D, E, dan K untuk larut dalam lemaknya. Kebutuhan lemak untuk melarutkan vitamin penting tersebut bisa dipenuhi oleh buah alpukat sehingga tubuh bisa merasakan manfaat dari vitamin-vitamin tersebut.

  • Membantu memenuhi kebutuhan asal folat untuk ibu hamil.

Ketika seorang perempuan hamil, kebutuhan akan asam folatnya meningkat. Alpukat bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan asal folat ibu hamil. Cukup dengan mengonsumsi satu gelas jus alpukat setiap harinya, maka alpukat bisa hampir memenuhi 25% kebutuhan asam folat ibu hamil.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dan kebaikan buah alpukat untuk tubuh. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca.[DIA]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel