Adu Tangguh Android Kelas Menengah, Samsung Galaxy Y vs. Motorola Fire XT

22 May 2012 11:00 7917 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dua brand terkenal untuk ponsel Android yakni Samsung dan Motorola, terkenal akan produksi ponsel kelas high end-nya yang selalu mencuri perhatian para khalayak pengguna Android. Namun tidak hanya mahir menghasilkan produk produk kelas tingginya, kedua vendor ini juga berhasil menyusup pasar entry level untuk Android. Beberapa produk terkenalnya antara lain ...

Dua brand terkenal untuk ponsel Android yakni Samsung dan Motorola, terkenal akan produksi ponsel kelas high end-nya yang selalu mencuri perhatian para khalayak pengguna Android. Namun tidak hanya mahir menghasilkan produk produk kelas tingginya, kedua vendor ini juga berhasil menyusup pasar entry level untuk Android. Beberapa produk terkenalnya antara lain Samsung Galaxy Y dari pabrikan Samsung dan Motorola Fire XT yang merupakan produk entry level dari Motorola yang populer menjadi ponsel kelas entry untuk kalangan pengguna Android yang mumpuni untuk mengakomodir kebutuhannya. Sama sama menyasar pasar kelas entry siapakah diantara kedua ponsel ini yang memiliki performa lebih unggul?

Dimensi

Jika ditilik dari bodi, kedua ponsel ini memiliki bodi yang berbeda. Motorola terlihat lebih kokoh yang dilapisi dengan bahan plastik kokoh yang membuatnya terlihat mantap berada dalam genggaman, sementara Samsung memiliki bodi yang kesemuanya dibalut oleh bahan plastik dan memiliki sudut yang membulat. Samsung Galaxy Y sendiri mengusung dimensi 104 x 58 x 11.5 mm dan memilki berat total yang mencapai 97.5 gram. Sedangkan Motorola memiliki desain 114 x 62 x 12 mm dan memiliki berat total yang mencapai 114 gram. Untuk kategori ini Samsung Galaxy Y lebih unggul dibandingka dengan Motorola Fire XT karena memiliki selisih angka yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Namun Samsung Galaxy Y harus mengalah jika dibandingkan berdasarkan kekuatan bodi, karena Motorola Fire XT memiliki bahan yang kokoh dan solid.

Layar

Layar sentuh kapasitif ditanamkan pada kedua layar ponsel ini yang masing masing memiliki kekuatan yang berbeda, Samsung Galaxy Y memiliki resolusi 240 x 320 pixels pada layar 3,0 inchi yang memiliki kekuatan piksel hingga 133 ppi dan mampu menampilkan 256 ribu macam warna. Sedangkan untuk Motorola menyuguhkan resolusi layar 320 x 480 pixels pada layar sebesar 3.5 inchi yang memiliki kekuatan piksel hingga 165 ppi yang lebih lapang dibandingkan dengan layar Samsung Galaxy Y. Tidak hanya ketajaman layar saja yang dibandingkan dalam kategori ini, namun tampilan antarmuka dari masing masing vendor pun menjadi persaingan, Motorola yang mengusung Moto Switch UI dan Samsung yang menggunakan TouchWiz yang merupakan tampilan antar muka yang wajib di boyong pada semua smartphone Samsung termasuk Samsung Galaxy Y. Untuk kategori layar, Samsung Galaxy Y harus mengalah dengan Motorola Fire XT karena memiliki tingkat ketajaman warna yang besar.

Performa

Untuk sistem operasi, keduanya sama sama mengusung sistem operasi Android. Samsung Galaxy Y mengusung sistem operasi Android v2.3.5 Gingerbread yang dibekali oleh prosesor 830 MHz ARMv6 yang disokong oleh RAM 256 MB. Untuk urusan konektivitas, Samsung Galaxy Y mengandalkan koneksi EDGE / UMTS (3G) / HSDPA, WiFi 802.11 b/g/n dan WiFi Tethering, dan tak lupa pula Bluetooth v3.0.

Sedangkan untuk Motorola Fire XT, merangkul sistem operasi Android v2.3.4 Gingerbread yang dimana dapur pacunya didukung oleh Chipset Qualcomm MSM7227T-1 dan Prosesor 800 MHz serta RAM sebesar 512 MB. Motorola Fire XT pun di lengkapi dengan Adreno 200 yang mampu memaksimalkan tampilan grafis, seperti game. Untuk konektivitasnya sendiri, Motorola Fire XT mengandalkan EDGE Class 12/ HSDPA 7.2 Mbps, HSUPA 384 Kbps, WiFi 802.11 b/g/n dan WiFi Tethering beserta Bluetooth v2.1 with A2DP. Untuk kategori performa keduanya memiliki kekuatan prosesor yang sama, namun berbeda pada sokongan yang diberikan. Motorola memboyong GPU Adreno 200 untuk memaksimalkan performanya.

Kamera

Untuk sektor pengabadian gambar, masing masing kandidat mengandalkan kameranya masing masing. Samsung Galaxy Y mengandalkan kamera yang hanya sebatas 2 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi maksimal 1600x1200 pixels saja tanpa hadirnya lampu flash dan fitur dari kamera dari Samsung Galaxy Y ini adalah hanya Geo-tagging. Untuk merekam video, Samsung Galaxy Y mampu merekm video sebatas QVGA@15fps dan Samsung Galaxy Y pun absen dari hadirnya kamera sekunder. Untuk Motorola sendiri mengandalkan kamera sebesar 5 MP pada alat fotografinya yang mampu menangkap gambar sebesar 2592x1936 pixels dan dilengkapi dengan fitur autofocus dan lampu flash serta Geo-tagging. Untuk merekam video, Motorola Fire XT mampu merekam video sebesar 480@24fps dan dipercantik dengan hadirnya kamera sekunder sebatas VGA. Untuk urusan fotografi, Motorola Fire XT lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy Y karena memiliki perlengkapan yang lengkap dan kekuatan piksel yang besar.

Baterai dan Memori

Untuk baterai sebagai jantung pertahanan sebuah ponsel, Samsung Galaxy Y memboyong baterai Li-Ion 1200 mAh yang mampu bertahan dalam kondisi stand-by hingga 540 jam dan 6 jam 30 menit untuk penggunaan berbicara. Untuk daya simpan, Samsung Galaxy Y mengandalkan memori internal sebesar 180 MB yang masih bisa Anda ekspansi hingga 32 GB menggunakan microSD. Sedangkan untuk Motorola Fire XT sendiri mengandalkan baterai Li-Ion 1540 mAh yang mampu bertahan hingga 672 jam untuk kondisi stand-by dan 8 jam untuk penggunaan berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, Motorola Fire XT mengandalkan memori internal sebesar 512 ROM dan masih bisa ekspansi hingga 32 GB.

Kesimpulan

Kehadiran ponsel pintar untuk kalangan menengah ini memang turut meramaikan hadirnya ponsel Android di pasaran. Dengan rentang harga yang ditawarkan, ponsel ponsel ini mampu menarik perhatian para pengguna gadget. Adu kedua ponsel menengah tadi berhasil mengkomparasikan beragam parameter kedua ponsel tersebut. Samsung Galaxy Y lebih unggul dibidang berat yang ringan serta prosesor yang mumpuni. Sedangkan Motorola lebih unggul dari faktor ketangguhan bodi dan kamera yang mumpuni dan juga prosesor yang tangguh. Kini terserah Anda tinggal memilih ponsel yang mana yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel