1

5 Aplikasi Fotografi Terbaik untuk Smartphone Android

30 Jan 2012 17:00 6526 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi fotografi merupakan salah satu aplikasi yang semakin menyemarakkan fungsi sebuah ponsel, sehingga ponsel bukan lagi sebuah alat untuk melakukan komunikasi jarak jauh saja melainkan berbagai macam hal lain seperti halnya sebagai editor foto, media penyimpanan foto online dan sebagainya.

Aplikasi fotografi merupakan salah satu aplikasi yang semakin menyemarakkan fungsi sebuah ponsel, sehingga ponsel bukan lagi sebuah alat untuk melakukan komunikasi jarak jauh saja melainkan berbagai macam hal lain seperti halnya sebagai editor foto, media penyimpanan foto online dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan fotografi, tersedia banyak di Android Market. Aplikasi fotografi tersebut tidak hanya terbatas pada penambahan efek foto atau proses edit foto saja, melainkan juga penyediaan layanan media penyimpanan berdasarkan cloud. Web Picasa Album contohnya, layanan dari Google ini menyediakan media penyimpanan online untuk berbagai foto atau gambar yang Anda miliki. Berikut ulasan lebih lanjutnya mengenai software penunjang aplikasi fotografi:

Picasa Tool

Version : 5.1.1
Size : 4.41MB
Price : Free
Link Download : Android Market

Picasa yang merupakan salah satu produk Google yang berkonsentrasi dalam mengatur dan menyimpan gambar hasil jepretan Anda, kini telah tersedia di Android Market. Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh perangkat Android, karena sama-sama merupakan produk dari Google.

Untuk menggunakannya, Anda harus login ke akun Google milik Anda, lalu secara otomatis akan masuk ke akun Picasa. Walaupun memiliki beberapa akun Picasa, Anda dapat mengorganisasikan semua foto dari semua akun Picasa Anda. Dalam aplikasi ini, Anda akan disuguhkan tiga menu pilihan yaitu Explore, Following dan Album.

Menu Album berfungsi untuk mengetahui semua foto yang telah Anda upload, yang otomatis akan menampilkan semua komen tentang foto yang Anda upload tersebut. Disediakan pula akses private untuk album yang Anda miliki, apakah foto-foto tersebut untuk konsumsi public atau hanya bisa dilihat dan diakses oleh Anda saja.

Tombol-tombol yang berada di atas toolbar juga tak kalah penting fungsinya, tombol yang berada di sebelah kiri berfungsi untuk mengunduh foto yang akan disimpan pada kartu memori ponsel Anda. Sedangkan tombol yang ada disebelah kanan berfungsi untuk share/delete album Anda, meng-upload foto baru serta mengganti privasi dari album Anda dan sebagainya. Kelebihannya, dengan aplikasi fotografi sebagai media penyimpanan online ini, memudahkan Anda untuk berbagi foto dengan teman-teman Anda tanpa harus membuka website dari Picasa Web Album.

Streamzoo

Version : 1.6.0
Size : 2.34MB
Price : Free
Link Download : Android Market

Streamzoo merupakan sebuah aplikasi fotografi yang bertemakan jejaring sosial yang digunakan untuk sharing foto maupun video bagi Anda yang menggemari bidang photography. Navigasi yang tersaji dalam aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan, terdiri dari navigasi untuk meng-upload foto dan video, mencari materi lain yang berhubungan dengan teman Anda dan sebagainya.

Cara kerja aplikasi ini untuk mengorganisasi foto Anda sangatlah unik, yaitu dengan menggunakan hashtags yang sering Anda temukan pada Twitter, seperti #holiday, #iseng, dan lain-lain. Anda harus memasukan email, password dan nama untuk membuat akun baru pada Streamzoo.

Labelbox

Version : 1.0.5
Size : 5.63MB
Price : Free
Link Download : Android Market

Labelbox merupakan aplikasi fotografi yang unik, aplikasi ini dapat memberikan label pada foto Anda. Untuk memulai aplikasi ini, cukup dengan mengklik tanda panah yang berada pada bagian bawah layar smartphone Anda. Labelbox menyediakan sembilan macam label yang telah tersedia secara gratis yang meliputi candy, rainbow, plastic, stamp, masking it, label, steeply blue, blossom, dan tricolor. Selain itu, masih ada empat jenis label lagi yang bisa Anda dapatkan dengan membayar sekitar$0,99.

Dengan aplikasi fotografi ini, Anda dapat mengambil gambar baru atau mengambil beberapa gambar yang berada pada gallery smartphone Android Anda. Lalu pilih label yang Anda inginkan dan taruh di bagian gambar mana yang Anda inginkan. Label ini akan secara otomatis menampilkan keyboard virtual Anda, maka Anda bisa langsung memasukkan teks yang Anda inginkan.

Apabila Anda ingin menghapusnya, cukup tekan selama tiga detik pada label yang ingin Anda hapus, maka label itu akan hilang dengan sendirinya. Atau jika Anda ingin menghilangkan semua label, cukup dengan menggoyangkan smartphone Anda, maka label itu akan hilang, cukup mudah bukan?

Paper Camera

Version : 1.2g
Size : 1.77MB
Price : $1.99
Link Download : Android Market

Paper Camera merupakan aplikasi fotografi yang berbeda dari aplikasi Android serupa lainnya. Aplikasi ini dapat mengubah gambar yang Anda ambil menjadi seperti gambar sketsa yang ada di atas kertas. Tak cuma itu, tampilan menunya pun sangat atraktif. Efek yang disediakan oleh aplikasi ini antara lain comic boom, sketch up, acquarello, old printer, neon cola, contours, bleaching, gotham noir, half ton, granny's paper, dan pastel perfect. Tapi sayangnya, aplikasi unik ini tidak disajikan secara gratis seperti aplikasi lainnya.

Postagram

Version : 1.1
Size : 1.19MB
Price : Free
Link Download : Android Market

Aplikasi fotografi yang terakhir menawarkan sesuatu yang klasik, aplikasi ini menawarkan kepada Anda untuk mengirim pesan melalui kartu pos. Memang terdengar klasik, namun apa salahnya apabila kita mencoba mengirim pesan dengan rasa klasik namun mengirim dengan cara yang modern. Anda dapat memilih foto Anda sendiri untuk dijadikan latar belakang gambar pada kartu pos yang ingin Anda kirimkan. Pada saat mengirimkan pesan melalui kartu pos ini, Anda dapat memilih lebih dari satu alamat yang ingin Anda tuju.

Satu hal yang disayangkan dari aplikasi fotografi ini adalah meskipun tersedia secara gratis tetapi Anda akan disajikan penagihan pembayaran sebesar $0.99 apabila mengirimkan pesan melalui kartu pos di aplikasi ini. Pembayaran jasa pengiriman kartu pos ini hanya menerima pembayaran secara kredit yaitu melewati PayPal atau Google Checkout. [KS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel