Perbandingan Dua Ponsel Berlayar Full WVGA, Sony Ericsson Xperia Neo V vs Nokia N9

27 Jan 2012 15:00 4566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel yang beredar di pasaran memiliki berbagai jenis variasi. Dari variasi prosesor, desain hingga kualitas layar. Kali ini Paseban mencoba membandingkan Nokia N9 dan Sony Ericsson Xperia Neo V.

Ponsel yang beredar di pasaran memiliki berbagai jenis variasi. Dari variasi prosesor, desain hingga kualitas layar. Kali ini Paseban mencoba untuk membandingkan dua ponsel yang hadir dengan layar Full WVGA, yakni sebuah layar yang memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Dan kedua ponsel yang kali ini akan di-review adalah Nokia N9 dan Sony Ericsson Xperia Neo V. Berikut adalah ulasannya.

Dimensi

Ponsel Sony Ericsson Xperia Neo V memiliki dimensi 116 x 59 x 13 mm dengan berat 126 gram. Sementara itu, Nokia N9 memiliki ukuran 116.5 x 61.2 x 12.1 mm dengan bobot 135 gram. Di perbandingan pertama ini, Neo V tampil sebagai pemenang karena memiliki desain yang lebih mungil dan bobot yang lebih ringan.

Layar

Layar capacitive touchscreen LCD LED-backlit berukuran 3.7 inci yang memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Layar milik ponsel ini menunjang tampilan 16 juta warna. Terdapat beberapa fitur tambahan, antara lain adalah permukaan anti gores, sensor accelerometer, multi-touch, Sony Mobile BRAVIA Engine, sensor proximity dan UI Timescape.

Di sisi lain, N9 menggunakan layar AMOLED capacitive touchscreen berukuran 3.9 inci dengan resolusi yang sama. Layar ini mampu menunjang tampilan 16 juta warna. Terdapat kaca pelindung anti gores Gorilla Glass, polarizer anti-glare, multi touch, sensor proximity hingga sensor accelerometer. Untuk perbandingan yang kedua, Nokia N9 lebih layak dipilih sebagai pemenang. Ponsel ini memiliki kualitas layar AMOLED dengan kualitas yang lebih baik jika dibandingakan dengan layar LCD LED-backlit. Terlebih ukuran layar N9 juga lebih besar.

Kinerja

Ponsel SE Xperia Neo V ini menunjang Quad band jaringan GSM dan dual band 3G. Dengan dukungan seperti ini, Anda dapat dengan bebas membawa ponsel ini ke luar negeri tanpa takut ponsel yang Anda pegang tidak akan berfungsi di Negeri seberang. Untuk perihal konektivitas, terdapat WiFi, Bluetooth hingga micro USB 2.0.

SE Xperia Neo V ini dilengkapi dengan memori 512MB yang digunakan untuk menunjang kerja dari prosesor Qualcomm Snapdragon MSM 8255 1GHz. Prosesor ini juga memperoleh dukungan dengan adanya GPU Andreno 205. Chipset yang dimilikinya merupakan prosesor generasi kedua milik Qualcomm. Prosesor ini mampu memainkan video berkualitas HD 720p atau 1080p dengan sangat mulus. Dukungan OS Android 2.3 Gingerbread pun semakin mempercantik kinerja ponsel ini.

Sementara itu, di bagian prosesor ponsel Nokia N9 menggunakan OS Meego 1,2 dan mendukung jaringan Quad band GSM dan Quad band 3G. Di bagian prosesor, N9 memiliki prosesor Cortex A8 1GHz yang didukung GPU PowerVR SGX530 dan RAM 1GB. Dari segi dukungan jaringan dan kinerja prosesor, N9 memiliki keunggulan yang cukup bisa dibanggakan. Namun sayangnya, Meego merupakan OS open source dan Nokia tidak lagi memproduksi ponsel menggunakan OS ini. Tentunya, dengan kondisi tersebut membuat sedikit kekhawatiran mengenai jumlah aplikasi pendukungnya.

Kamera

Ponsel SE Xperia Neo V ini juga dilengkapi dengan kamera primer 5MP di bagian belakang. Kamera ini memiliki fitur continous autofocus dan video light. Sementara di bagian depan terpampang kamera VGA. Nokia N9 mempunyai kamera 8MP dengan optik Carl Zeiss yang dilengkapi dengan fitur autofocus dan dual LED flash. Kamera ini mampu menangkan video kualitas 720p pada 30fps. Selain itu terdapat kamera sekunder di bagian depan. Lagi-lagi N9 di sini tampil sebagai pemenang.

Memori dan Baterai

Sony Ericsson menempatkan baterai Li-Po 1500 mAh pada Xperia Neo V ini. Baterai tersebut mampu menyokong kinerja Neo V pada mode 2G selama 6 jam 55 menit dan 7 jam talk time pada mode 3G dalam keadaan talk time. Sementara itu N9 dihadirkan dengan baterai Li-Ion 1450 mAh yang mampu bertahan selama 11 jam (2G) dan 7 jam (3G). Di bagian fasilitas penyimpanan 16GB. Sayangnya, Anda tidak akan memperoleh tambahan daya tampung karena ponsel ini tak mempunyai slot microSD. Paseban memilih Nokia N9 sebagai pemenangnya dalam perbandingan yang terakhir ini.

Kesimpulan

Dari keseluruhan perbandingan di atas, Nokia N9 jelas-jelas layak disebut sebagai pemenang. Hampir di semua perbandingan, kecuali dalam hal dimensi, N9 memiliki keunggulan dibandingkan Xperia Neo V. Lalu, bagaimana menurut Anda? [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel