Ketahui Perbedaan Antara Jaringan GPRS-3G

18 Nov 2011 13:00 6693 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dari awal munculnya ponsel, telah ada tuntutan dari konsumen untuk mengirim data melalui jaringan selain jaringan via suara. Sistem pun diciptakan untuk memungkinkan pengguna agar bisa mengirim pesan teks satu sama lain. Dari sanalah, komunikasi data dimulai dengan teknologi jaringan seperti GPRS *(General Packet Radio Service)* dan WAP (Wireless Access Protocol).

Dari awal munculnya ponsel, telah ada tuntutan dari konsumen untuk mengirim data melalui jaringan selain jaringan via suara. Sistem pun diciptakan untuk memungkinkan pengguna agar bisa mengirim pesan teks satu sama lain. Dari sanalah, komunikasi data dimulai dengan teknologi jaringan seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan WAP (Wireless Access Protocol). Informasi ini memberi kita pengetahuan sekilas tentang bagaimana internet mobile akan terjadi, dan terus berkembang menjadi teknologi 3G, hingga kita kenal dengan istilah GPRS-3G.

Pada artikel kali ini Plimbi akan sedikit memaparkan perbedaaan GPRS-3G jaringan secara mendetail.

Diambil dari istilah GPRS-3G, GPRS sendiri merupakan teknologi 2G yang memungkinkan ponsel untuk memperpanjang kegunaan mereka lebih jauh daripada hanya membuat panggilan. Teknologi ini merupakan teknologi utama di balik fitur MMS yang memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar, klip suara bahkan video ke ponsel lain dengan kemampuan MMS seluler tersebut. Selain itu juga memungkinkan akses ke versi tipis dari internet melalui wap dengan kecepatan yang berkisar antara 56-114 kbps. Masalah utama dari GPRS selain dari kecepatan koneksi yang lambat adalah kenyataan bahwa Anda akan dikenakan biaya per kilobyte, yang berarti bahwa Anda hanya bisa men-download seperlunya, kecuali jika Anda bersedia membayar tagihan yang sangat besar.

Selang beberapa waktu kemudian, muncullah teknologi 3G. Hadirnya teknologi 3G telah memperluas kemampuan ponsel lebih jauh. Panggilan video 3G diperkenalkan bersamaan dengan akses data berkecepatan tinggi yang mencapai kecepatan hingga 384 kbps. Kecepatan ini sudah dalam kecepatan minimum koneksi DSL dan lebih dari cukup untuk browsing internet. Ponsel yang kompatibel dengan jaringan 3G juga telah cukup maju untuk membawa browser mampu memproses dan menampilkan halaman web secara keseluruhan. Meskipun memiliki tampilan yang sangat kecil, zooming dapat menjadi solusi untuk membuat pengalaman berharga. Manfaat tambahan dari 3G adalah 3G memang dikenakan biaya per menit bahkan pada beberapa menawarkan data plan dengan akses unlimited, sehingga membuat internet mobile pada dasarnya menjadi seperti DSL.

Meskipun tidak kompatibel dengan semua jaringan GSM yang ada, teknologi 3G telah membuktikan dirinya cukup signifikan untuk menjamin peluncuran infrastruktur yang diperlukan secara bertahap. Perbedaan signifikan dari GPRS-3G terletak pada kecepatan yang dialami di mana jaringan 3G jauh lebih baik bila dibandingkan dengan GPRS dan telah memungkinkan beberapa kemampuan hebat seperti video calling hingga live TV via streaming. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel