1

3 Ponsel Android Dual GSM yang Tersedia di Indonesia

27 Jun 2012 17:00 9150 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meskipun awalnya fitur dual GSM hanya tersedia pada ponsel *low-end*, namun sekarang fitur tersebut sudah memasuki *smartphone* yang menggunakan sistem operasi Android. Seperti 3 ponsel Android dual GSM berikut ini yang tersedia di Indonesia, yaitu Lenovo A60, LG Optimus P698, dan Samsung Galaxy Y Duos.

Dual GSM memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan seluler tanpa harus membawa dua ponsel pada saat yang bersamaan. Sebagai contoh, ponsel yang sama bisa menampung nomor berbeda untuk keperluan bisnis dan juga keperluan pribadi. Ponsel dual GSM juga bermanfaat pada saat bepergian ke luar negeri. Biasanya operator dari luar akan membebankan biaya penggunaan jaringan pihak ketiga dengan harga selangit. Anda bisa membeli kartu SIM pra-bayar dari operator negara yang sedang Anda kunjungi dan tetap mengaktifkan nomor utama Anda seandainya ada yang menghubungi.

Pada awalnya, produsen ponsel tidak mau mengeluarkan ponsel dual GSM. Karena biasanya mereka mempunyai hubungan kuat dengan para operator seluler. Namun belakangan produsen ini mulai mengeluarkan produk ponsel dengan kartu SIM dual GSM. Terutama ditujukan untuk pasar negara berkembang. Karena karakter pengguna di sini biasanya suka menggunakan beberapa SIM sekaligus untuk memperoleh keuntungan promosi dari tiap operator, jadi untuk SMS mereka akan menggunakan operator yang berbeda untuk keperluan menelepon. Bisa juga pengguna yang menggunakan SIM berbeda untuk memanfaatkan keuntungan menelepon yang lebih murah ke pengguna layanan dari operator yang sama. Meskipun awalnya fitur dual GSM hanya tersedia pada ponsel low-end, namun sekarang fitur tersebut sudah memasuki smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Berikut ini Paseban akan membahas 3 ponsel Android dual GSM yang tersedia di Indonesia, yaitu Lenovo A60, LG Optimus P698, dan Samsung Galaxy Y Duos.

Lenovo A60

Mungkin merek Lenovo lebih dikenal oleh masyarakat pada produk PC mereka. Termasuk jajaran laptop Thinkpad legendaris. Tapi produk Lenovo A60 adalah sebuah ponsel dual GSM dengan sistem operasi Android. Lenovo A60 dilengkapi dengan prosesor ARM11 dual core dengan kecepatan clock berturut-turut 650 Mhz dan 400 Mhz. Prosesor ini didukung oleh RAM sebesar 512 MB. Untuk interaksi dengan pengguna, Lenovo A60 mengandalkan layar sentuh berukuran 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel (HVGA).

Kedua slot SIM yang ada pada lenovo A60 sebenarnya mendukung jaringan selular yang berbeda. Slot SIM pertama mendukung jaringan WCDMA dan HSDPA yang berjalan pada frequensi 900 Mhz dan 2100 Mhz. Sementara slot SIM kedua mendukung jaringan GSM, GPRS, dan EDGE yang berjalan pada frequensi 900, 1800, dan 1900 Mhz. Untuk pilihan konektifitas, Lenovo A60 menyediakan fasilitas micro USB dan Bluetooth. Tersedia juga dukungan WiFi bagi Anda yang ingin terhubung ke jaringan Internet.

Lenovo A60 mempunyai dua buah kamera di depan dan belakang casing. Kamera utamanya mempunyai sensor berukuran 3,2MP. Sementara kamera depan berukuran senson 0,3MP. Untuk navigasi peta, Lenovo A60 sudah dilengkapi dengan GPS dan A-GPS dengan prosesor terpisah untuk menangani GPS. Beragam sensor yang dibenamkan dalam casing Lenovo A60 adalah sensor akselerometer, sensor cahaya, dan juga proximity sensor. Ponsel ini mempunyai port audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan lagu Anda dari handset. Selain dari dukungan musik dan video, tersedia juga fitur Radio FM pada Lenovo A60.

LG Optimus P698

LG Optimus P698 adalah ponsel Android dual GSM yang mempunyai prosesor Qualcomm dengan kecepatan clock mencapai 800 Mhz. Jauh lebih kencang dari Lenovo A60. Ponsel LG Optimus P698 dapat di kontrol melalui layar sentuhnya yang berukuran 3,2 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel dan kedalaman warna 256 K.

Kedua slot SIM LG Optimus P698 mendukungan semua frekuensi operator GSM, yaitu jaringan GSM yang berjalan pada pita 850, 900, 1800, dan 1900. Namun untuk dukungan 3G hanya slot SIM satu yang mendukung HSDPA 900 dan 2100. LG Optimus P698 dapat terhubung ke perangkat lain melalui microUSB dan Bluetooth. Selain itu tersedia juga dukungan WiFi bagi Anda yang ingin terhubung ke Internet melalui access point.

LG Optimus P698 dilengkapi dengan kamera dengan sensor 3,15 MP. Kamera ini mempunyai fitur auto focus yang dapat membantu Anda dalam pengambilan gambar. Fasilitas GPS dan A-GPS yang tersedia pada LG Optimus P698 dapat digunakan untuk menandai koordinat lokasi pengambilan foto dari kamera. Ada beberapa sensor yang dimiliki oleh LG Optimus P698, yaitu akselerometer, kompas, dan proximity. Ponsel ini mendukung berbagai format musik dan video begitu juga dengan tambahan radio FM.

Samsung Galaxy Y Duos

Baik LG maupun Samsung adalah vendor yang berasal dari Korea. Keduanya juga mengeluarkan produk Android dual GSM. Untuk Samsung misalnya mengeluarkan ponsel dual GSM dengan nama Galaxy Y Duos. Dari ketiga ponsel yang dibahas di sini, Samsung Galaxy Y Duos adalah ponsel yang mempunyai prosesor tercepat, yaitu dengan clock 832 Mhz. Prosesor ini didukung oleh RAM sebesar 290 MB. Sayangnya layar sentuh dari Galaxy Y Duos mempunyai spesifikasi terkecil ketimbang dua ponsel lain yang dibahas. Galaxy Y Duos dilengkapi dengan layar 3,14 inci dan resolusi 240 x 320 piksel.

Samsung Galaxy Y Duos juga merupakan ponsel dual GSM yang paling fleksibel. Kedua SIM mendukung baik itu jaringan GSM 850, 900, 1800, dan 1900 begitu juga dengan dukungan 3G di jaringan dengan pita 850 dan 2100. Jadi kedua SIM mendukung fitur 3G, bukan hanya salah satu SIM saja seperti dua ponsel sebelumnya. Ada microUSB yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan PC Anda ke Galaxy Y Duos. Pilihan konektifitas lainnya adalah Bluetooth. Selain itu ada juga fitur WiFi yang sudah tersemat dalam Galaxy Y Duos.

Samsung Galaxy Y Duos mempunyai kamera dengan sensor 3,15 MP. Kamera ini bila digabungkan dengan fitur GPS dari Galaxy Y Duos, maka bisa digunakan untuk memberi tag lokasi pengambilan suatu foto. Sensor yang digunakan ponsel ini juga sama dengan dua ponsel sebelumnya. Sensor yang digunakan ponsel ini juga sama dengan dua ponsel sebelumnya. Dukungan multimedianya juga sebanding termasuk fitur radio FM. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel