Samsung Galaxy Y Duos GT-S6102 - Android Roti Jahe dengan Dual SIM

1 Apr 2012 16:00 4250 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung Galaxy Y Duos mengusung sistem Android Gingerbread v2.3. Namun bagaimanakah performa yang dibawa oleh Galaxy baru ini? apakah mampu mempertahankan gengsi dari garis keturunan Galaxy?

Tak mau kalah dengan pesaing satu negaranya yang telah meluncurkan ponsel dual SIM nya –LG Optimus Net, kini pabrikan Samsung juga mengeluarkan ponsel Androidnya yang memakai fitur dual SIM sekaligus. Hal ini karena Samsung ingin mempertahankan posisinya yang telah merajai ponsel Android di Indonesia. Samsung memberikan nama kepada keturunan baru Galaxy ini dengan nama Samsung Galaxy Y Duos. Samsung Galaxy Y Duos mengusung sistem Android Gingerbread v2.3. Namun bagaimanakah performa yang dibawa oleh Galaxy baru ini? apakah mampu mempertahankan gengsi dari garis keturunan Galaxy?

Desain

Desain yang diusung oleh Samsung Galaxy Y Duos ini masih tetap mempertahankan desain khas dari Samsung. Namun desain dari Samsung Galaxy Y Duos lebih elegan dan lebih besar dari Samsung Galaxy Y. Pada tepi bodi Samsung Galaxy Y Duos dihiasi dengan lis yang terbuat dari metal yang memberikan kesan kokoh dan stylish. Tombol power dan volume dari Samsung Galaxy Y Duos bertengger di bagian tepi kanan ponsel ini. Sementara untuk urusan transfer file melalui komputer telah disediakan port microUSB pada bagian bawah Samsung Galaxy Y Duos. Samsung Galaxy Y Duos mengusung berat 109 gram dan dengan dimensi 109,8 x 60 x 12 mm.

Display

Samsung Galaxy Y Duos mengusung layar sebesar 3.14 inchi dengan antar muka TouchWiz. Tidak ada teknologi teranyar yang diusung layar Samsung Galaxy Y Duos seperti pada saudara saudaranya yang lebih tua. Layar pada Samsung Galaxy Y Duos ini hanya mengusung TFT capacitive touchscreen dengan kekuatan 240 x 320 pixel serta tekanan pixel yang mencapai 127 ppi. Menu dalam Samsung Galaxy Y Duos tersusun dengan susunan 3x4 dengan warna latar belakang hitam.

Sistem Operasi

Samsung Galaxy Y Duos mengadopsi sistem Android Gingerbread versi 2.3 dengan kecepatan 832 MHz. Hal ini bisa dilihat dari tampilan homescreen pada ponsel yang terdiri dari empat menu. Operasi Gingerbread untuk ponsel kelas middle-low sepertinya cukup untuk mengisi ponsel dengan kelas tersebut.

Kamera

Tak lupa untuk urusan pengambilan gambar, Samsung Galaxy Y Duos membawa kamera yang beresolusi 3.15 MP sama seprti kamera yang di usung oleh Samsung Galaxy Mini. Beragam pengaturan kamera tertanam pada kamera ini, seperti Brightness, Self Timer, Resolution, White Balance, Effects, Review, GPS, dan pengaturan stAndar kamera yang lain. Sementara untuk merekam video Samsung Galaxy Y Duos mampu merekam video hingga resolusi QVGA (320x240) 24fps. Beberapa fitur stAndar untuk video pun disertakan pada fitur ini seperti recording mode, timer, resolution, white balance, video quality,dan lain lain.

Harga

Harga yang dibanderol oleh Samsung Galaxy Y Duos ini sebesar Rp 1.699.000,-. Harga yang cukup sepadan untuk fitur yang ditawarkan oleh ponsel berkategori middle-low ini.

Kesimpulan

Dari keseluruhan spesifikasi yang bisa Paseban simpulkan di sini adalah Samsung Galaxy Y Duos memang menawarkan mode Dual SIM GSM-GSM yang bisa aktif sekaligus, cocok bagi Anda yang memang memiliki dua nomor namun tidak perlu repot membawa dua handphone sekaligus. Yang menjadi sorotan di sini adalah kameranya yang 3,15 MP yang menurut Paseban terlalu kecil untuk harga smartphone tersebut. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel