Perang Dua Ponsel Android Dual SIM, Lenovo A60 vs Galaxy Y Duos

4 Jan 2012 08:30 16687 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel dual SIM card yang mulai merambah ke pasaran *smartphone*, telah memunculkan berbagai produk unggulannya. Lalu bagaimana dengan dua ponsel Android dual SIM card terbaru ini?

Ponsel dual SIM card ternyata kini juga mulai merambah ke pasaran smartphone. Salah satu yang terbaru adalah ponsel Android dual SIM yang diluncurkan oleh Samsung, yakni Samsung Galaxy Y Duos dan Samsung Galaxy Y Pro Duos. Nah, dalam kesempatan ini, Paseban mencoba untuk membandingkan salah satu dari ponsel tersebut, yakni Galaxy Y Duos, dengan ponsel Android dual SIM card milik Lenovo, yakni Lenovo A60.

Dimensi

Pertama, jika dibandingkan dari dimensi yang ditawarkan oleh kedua ponsel, Lenovo A60 datang dengan dimensi 116 x 59,9 x 12,55mm dan berat sekitar 135 gram. Di sisi lain, Galaxy Y Duos mempunyai dimensi 109,8 x 60 x 2mm dengan berat 109 gram. Dalam poin ini, kedua ponsel Android dual SIM memiliki keunggulan yang hampir sama. Dalam ronde ini, Galaxy Y Duos lebih unggul, baik secara dimensi maupun dari berat.

Layar

Yang kedua, di bagian layar Lenovo A60 memiliki display berukuran 3,5 inci dengan dukungan multi touchscreen yang memiliki resolusi layar 320x480 piksel. Sedangkan ponsel Android dual SIM Galaxy Y Duos dilengkapi dengan layar 3,14 inci QVGA (240 x 320 piksel) capacitive touchscreen yang support 256k warna. Selain itu smartphone ini juga mendukung multitouch. Membandingkan bagian layar dari kedua ponsel ini, tentunya Lenovo A60 mempunyai kualitas yang lebih baik. Terlebih smartphone ini memiliki ukuran maupun resolusi yang lebih baik.

Kinerja

Kedua ponsel Android dual SIM card ini sama-sama menggunakan OS Android 2,3 Gingerbread sebagai sistem operasinya. Di bagian prosesor, Lenovo A60 mendapatkan prosesor MT6573 650 MHz yang dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX 531. Selain itu, terdapat RAM 256 untuk menunjang kinerja prosesor. Sementara untuk Galaxy Y Duos memiliki prosesor single core 832 MHz dengan RAM 384 MB. Menilik dari clock yang dimiliki oleh prosesor kedua ponsel ini, tentunya Galaxy Y Duos memiliki keunggulan tersendiri.

Kamera

Di bagian ini, nampaknya Lenovo yang mempunyai dual kamera, dengan sensor 3,2MP di bagian depan dan 0,3MP di bagian belakang menjadikannya sebagai pemenang dalam pertarungan ini. Terlebih pada ponsel Galaxy Y Duos hanya dilengkapi dengan sebuah kamera 3,15MP dan hanya mampu merekam gambar dengan kualitas 2048 x 1536 piksel.

Baterai dan Memori

Lenovo A60 memiliki memori internal 512MB dengan tambahan opsi 32GB yang berasal dari slot microSD. Di bagian baterai, smartphone ini memakai baterai Li-Ion 1500mAh. Sedangkan Galaxy Y Duos menggunakan baterai yang berkapasitas lebih kecil, 1300 mAh dengan kapasitas memori internal yang sama, yakni 512MB.

Kesimpulan

Paseban menyimpulkan bahwa kedua ponsel ini memiliki keunggulannya masing-masing. Lenovo A60 menyajikan ponsel Android dual SIM dengan tampilan yang cukup baik. Sedangkan Galaxy Y Duos lebih unggul di bagian kecepatannya. Mengenai harga, Lenovo A60 dibanderol seharga 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk Galaxy Y Duos sendiri saat ini masih belum dipasarkan oleh Samsung. Mereka menjanjikan ponsel ini akan diluncurkan ke pasaran pada Quartal pertama tahun 2012 ini. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel