1

Wow! Siri iPhone juga Bisa Bermain Piano Yamaha

21 Dec 2011 09:00 3405 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sejak Apple meluncurkan iPhone 4S yang mendukung fitur Siri baru Oktober yang lalu, asisten digital pribadi ini telah menjadi pembicaraan hangat di internet. Kita semua telah melihat beberapa hal keren yang Siri dapat dilakukan, mulai dari mengirim pesan, membuat jadwal, menelepon seseorang, dan beberapa perintah lainnya hanya dengan menggunakan perintah suara.

Sejak Apple meluncurkan iPhone 4S yang mendukung fitur Siri baru Oktober yang lalu, asisten digital pribadi ini telah menjadi pembicaraan hangat di internet. Kita semua telah melihat beberapa hal keren yang Siri dapat dilakukan, mulai dari mengirim pesan, membuat jadwal, menelepon seseorang, dan beberapa perintah lainnya hanya dengan menggunakan perintah suara. Tetapi apakah Anda tahu bahwa Siri ternyata bisa bermain piano?

Ya, kini Siri dapat digunakan untuk memainkan piano. Siri mengambil lagu dari perpustakaan musik iPhone Anda dan mengirimkannya melalui Airport Express untuk kemudian dianalisa dan dimainkan dengan sempurna oleh piano. Piano disini bukan piano sembarangan, tapi piano Yamaha Disklavier. File lagu tersebut kemudian dikirim secara nirkabel melalui WiFi ke Airport Express Apple yang dipasang di bawah piano Yamaha tersebut.

Sejauh ini kebisaan Siri bermain piano Yamaha merupakan hal terbaik yang bisa Siri lakukan. Kini, orang-orang di Yamaha bisa menggunakan Siri untuk bermain piano.

Yamaha menggunakan beberapa trik teknologi untuk memungkinkan Siri bermain di sebuah konser piano Yamaha Disklavier Grand. iPhone bisa memainkan file MIDI melalui Airplay (Airplay pada iOS 5 bisa men-streaming apapun dari iPhone 4S) dan mengontrol piano dengan cara mengkonversi MIDI songfile ke file audio yang dapat diputar di iPhone dan dihubungkan ke output audio dari Airport Express ke input analog dari MIDI-enabled Disklavier piano.

Berikut ini cara memainkan piano dengan menggunakan Siri:

  • Ambil songfile MIDI standar dan ubah menjadi file audio (dengan tetap menjaga data MIDI). Songfile tersebut kemudian dikirim secara nirkabel melalui WiFi ke Airport Express Apple yang dipasang di bawah piano Yamaha Disklavier. Output audio dari Airport Express kemudian dihubungkan ke input analog dari Disklavier MIDI, menggunakan kabel audio standar.

  • Kemudian, Anda cukup meminta Siri untuk memainkan lagu favorit Anda dari iTunes library Anda, dan Siri merespon dengan segera, dengan membuat kunci dari Disklavier dan membuat pedal bergerak ke atas dan ke bawah, menekan tuts piano, menciptakan kinerja, termasuk mengatur teknik musik secara penuh. [ND]

"PLAY IT AGAIN, SIRI" - An iPhone plays the piano

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel