Pengertian Dua Teknologi Resolusi Layar - HVGA vs WVGA

9 Dec 2011 13:00 44973 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam dunia *mobile*, terdapat beberapa istilah teknologi kususnya dalam dunia resolusi layar. Resolusi layar mengacu pada jumlah piksel dari tampilan sebuah monitor yang ditempatkan pada suatu area tertentu. Resolusi-resolusi tersebut disebut resolusi tampilan grafis, yang biasanya berhubungan dengan monitor komputer dan layar ponsel.

Dalam dunia mobile, terdapat beberapa istilah teknologi kususnya dalam dunia resolusi layar. Resolusi layar mengacu pada jumlah piksel dari tampilan sebuah monitor yang ditempatkan pada suatu area tertentu. Resolusi-resolusi tersebut disebut resolusi tampilan grafis, yang biasanya berhubungan dengan monitor komputer dan layar ponsel.

Resolusi layar dengan variasi lebar dan tinggi sangat banyak kombinasinya, karena kombinasi layar ini juga biasanya digunakan oleh perusahaan elektronik untuk layar mobile seperti handphone misalnya. Kebanyakan dari kombinasi resolusi layar tersebut sudah distandarkan dan diberi nama agar jumlah piksel dari masing-masing kombinasi itu juga mudah diingat. Misalnya saja HVGA vs WVGA

HVGA vs WVGA merupakan dua kombinasi resolusi layar yang banyak digunakan oleh produsen monitor komputer dan produsen layar ponsel terkenal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai HVGA vs WVGA, simak penjelasan singkat di bawah ini.

HVGA

HVGA mengacu pada ukuran setengah VGA (Video Graphics Array). Layar dalam HVGA memiliki banyak kombinasi piksel tergantung pada rasio aspek. Beberapa piksel memiliki rasio aspek 480 — 320 piksel (03:02 *rasio aspek), 480 — 360 piksel (4:3 aspek rasio), 480 — 272 piksel (16:9 rasion aspek) dan terakhir 640 — 240 piksel (08:03 rasio aspek).

Kombinasi piksel HVGA mulai digunakan oleh beberapa perangkat PDA, selain itu rasio terbaru juga telah digunakan oleh beberapa produsen PC tablet. Di antara beberapa produk populer yang memanfaatkan teknologi layar HVGA di antaranya Blackberry Bold, LG GW620, HTC Hero dan Samsung M900.

Produsen proyektor seperti Texas Instruments pun memanfaatkan resolusi HVGA, bahkan komputer yang berbasig grafis 3D pun memanfaatkan teknologi layar HVGA selama puluhan tahun yang diawali dari tahun 1980-an.

WVGA

Jenis resolusi layar yang satu ini merupakan singkatan dari Wide VGA (Video Graphics Array). Jenis layar VGA ini memiliki ketinggian 480 piksel, hanya saja lebih luas. Contoh lain ketinggiannya di antaranya 800 — 480 piksel, 848 — 480 piksel dan 854 — 480 piksel.

Display WVGA ini sering terlihat dalam sebuah proyektor LCD dan Notebook yang mudah untuk menampilkan website, karena dirancang untuk perangkat yang memiliki window /jendela yang luas dengan lebar hingga 800 halaman penuh. Resolusi layar WVGA saat ini banyak disukai oleh produsen-produsen untuk mengatur produk ponsel mereka.

Ulasan singkat

  • HVGA vs WVGA merupakan dua resolusi standar yang digunakan untuk tampilan monitor pada komputer dan juga layar ponsel.

  • HVGA merupakan singkatan dari half VGA sedangkan WVGA singkatan dari Wide VGA.

  • Kedua teknologi resolusi layar VGA ini mengacu pada Video Graphics Array. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel