Warga Jepang Pantang Makan ini Membuat Mereka Panjang Umur

10 May 2024 15:30 219 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Makanan Pantangan Warga Jepang Yang Bikin Mereka Umur Panjang, Ikuti Yuk !

Ingin memiliki umur panjang seperti yang dimiliki oleh warga di Jepang ? Kunci panjang umur yang bisa anda ikuti dari warga Jepang tersebut adalah dengan menjalani gaya hidup sehat sambil dibarengi mengkonsumsi makanan bergizi.

Jepang terkenal sebagai rumah bagi orang-orang yang berumur panjang dimana hampir di setiap pelosok desa terdapat lansia yang rata-rata memiliki umur di atas 100 tahun ! Di wilayah pedesaan di Jepang yang tenang dengan udara bersih dan sejuk ini Jepang memiliki kawasan berzona biru yang penduduknya berusia sangat panjang dan sehat, nama desa tersebut adalah sebuah pulau yang masih perawan yaitu Pulau Okinawa. Dilansir dari Healthline, umur panjang yang dimiliki penduduk Okinawa disebutkan karena adanya faktor genetik, lingkungan, serta gaya hidup. Namun para ahli percaya bahwa pola makan adalah faktor yang paling berpengaruh. Karena itulah, anda dapat meniru pola makan warga Jepang sebagai upaya memiliki umur panjang. Baca artikel kami ini sampai selesai untuk menemukan sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi agar panjang umur.

Dikutip dari laman CNBC, seorang ahli gizi asal Jepang bernama Michiko Tomioka menyebutkan beberapa makanan yang tak pernah ia makan agar memiliki umur panjang adalah sebagai berikut :

1/ Daging olahan

Menurut Michiko, daging olahan misalnya hot dogs atau hamburger mempunyai kadar garam yang tinggi dan lemak jenuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan risiko kanker seperti kanker kolorektal dan kanker payudara. Sebagai alternatif ia menganjurkan konsumsi tahu jika anda ingin makanan tinggi protein serta rendah garam dan pengawet.

2/ Makanan cepat saji

Fast food seperti hamburger atau pizza daging mengandung lemak trans, lemak jenuh, serta tinggi garam yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makanan ini mampu membuat anda mudah lelah dan kembung. Jika anda menginginkan burger, Michiko menyarankan makan burger yang terbuat dari patty tahu, bola nasi merah dan edamame.

3/ Minuman manis

Konsumsi minuman manis seperti soda disebutkan beresiko lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2. Minuman dengan pemanis buatan ini mampu memicu migraine dan menghambat konsentrasi. Menurut Michiko anda dapat mengkonsumsi minuman segar yang rendah kalori sebagai gantinya seperti teh hijau, matcha, maupun hojicha.

4/ Serela manis

Sereal manis kerap menjadi pilihan sebagian orang untuk sarapan di waktu pagi hari. Padahal sereal mengandung kadar gula yang banyak sehingga bisa mengakibatkan masalah pada tekanan darah, berat badan yang mudah bertambah, meningkatkan peradangan serta resiko diabetes. Sebagai alternatifnya anda bisa memakan hidangan Jepang seperti natto yang terbuat dari fermentasi kedelai bersama nasi multigrain untuk sarapan.

5/ Permen

Terlalu banyak memakan permen bisa berbahaya bagi organ jantung dan otak. Ini karena beberapa permen mengandung banyak gula. Kalau anda ingin konsumsi makanan manis, anda dapat menggantinya dengan makan puding biji chia dengan madu, pisang beku atau cokelat hitam tanpa pemanis.

6/ Krim keju

Susu adalah minuman sebagai sumber kalsium dan protein yang baik. Namun tidak semua produk olahan susu mempunyai kandungan yang bagus untuk kesehatan. Contohnya adalah olahan susu seperti krim keju yang tinggi akan kolesterol. Michiko memberikan alternatif kalau ingin memberikan olesan ke makanan yakni dengan kinako yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.

Selamat mengikuti, semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel