1

Fairphone 2, Smartphone Modular yang Mudah Diganti

17 Jun 2015 11:00 2166 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Serupa dengan Google Project Ara, Fairphone 2 memiliki kemampuan untuk mengganti bagian-bagian smartphone tertentu

Smartphone Modular-Project Ara mungkin jadi primadona dan jadi pusat perhatian sebagai sebuah ponsel cerdas yang mampu dibongkar pasang dengan mudah. Tetapk, Project Ara sebenarnya tidak sendirian karena banyak perusahaan lainnya yang menghadirkan smartphone dengan konsep yang sama. Salah satunya adalah perusahaan bernama Fairphone. 

Fairphone merupakan sebuah perusahan asal Belanda yang ingin menghadirkan ponsel cerdas dengan harga yang cukup masuk akal. Satu produk diantaranya adalah Fairphone 2 yang diklaim memiliki kelebihan lain jika dibandingkan Google Project Ara. Salah satu kelebihannya dalah bahwa Fairphone 2 lebih menyasar kepada pengguna yang ingin lebih bebas mengganti modul yang ada. 

Fairphone 2, Smartphone Modular yang Mudah Diganti

Serupa dengan Google Project Ara, Fairphone 2 memiliki kemampuan untuk mengganti bagian-bagian smartphone tertentu. Konsepnya, Fairphone 2 adalah sebuah smartphone untuk pemakaian lama. Jika di suatu waktu, ada beberapa komponen yang rusak atau harus diganti, maka pengguna cukup melepas dan mengganti bagian tersebut. Konsep pergantiannya bisa dilakukan secara sendiri dan lebih mudah layaknya bermain LEGO. Ini artinya, bagian modul yang perlu diganti tidak perlu keahlian teknis karena pengguna bisa menggantinya secara mudah dan cepat. Mirip dengan komputer PC rakitan, jika salah satu hardware mengalami kerusakan, maka bagian tersebut cukup diganti dan membeli yang baru. 

Sayangya, tidak semua modul bisa diganti sendiri. Ada beberapa modul yang yang tidak dimungkinkan untuk diganti secara mandiri. Contohnya adalah pergantian kamera, bagian speaker, ataupun bagian unit receiver. Tampaknya, bagian -bagian tersebut cenderung teknis. Selain itu, ada beberapa komponen yang tidak dimungkinkan untuk diganti. Contohnya adalah bagian dapur pacu, bagian memori, serta antena. 

Lalu, bagaiaman spesifikasi smartphone ini? Dikutip dari Liliputing (17/06/2015), smartphone ini ternyata  mengusung prosesor kencang dari Qualcomm Snapdragon 801. Prosesornya ini didukung dengan RAM 2GB dan memori intenal 32gb. Sementara untuk layarnya, Fairphone 2 mengusung layar 5 inci Full HD 1080p. Untuk kameranya, tersemat kamera utama 8MP. 

Fairphone 2 menggunakan Android Lollipop 5.1 dengan dukungan baterai sebesar 2420mAh. Dengan spesikasi ini, tentunya sudah cukup untuk mendukung semua kinerja Android yang memang sering dilakukan. Lantas, berapa harga smartphone ini? Smartphone ini dibanderol dengan harga 590 USD atau  sekitar Rp 7 jutaan. Kemungkinan besar produk ini akan dijual pada kuartal ketiga tahun 2015 ini. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel