Cara Membuat Nada Dering di Ponsel Android Anda

21 Mar 2013 20:30 6129 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel telah hadir untuk waktu yang lama, mulai dari ponsel yang berukuran besar, ponsel lipat, slide, hingga yang kita miliki sekarang, smartphone. Namun dari rentang waktu yang begitu lama, ponsel masih memanfaatkan teknologi nada dering untuk pemberitahuan panggilan.

Ponsel telah hadir untuk waktu yang lama, mulai dari ponsel yang berukuran besar, ponsel lipat, slide, hingga yang kita miliki sekarang, smartphone. Namun dari rentang waktu yang begitu lama, ponsel masih memanfaatkan teknologi nada dering untuk pemberitahuan panggilan. Tentu saja, saat ini nada dering yang ada telah memiliki kualitas yang lebih tinggi, dan yang lebih baik lagi, Anda bisa menciptakannya sendiri.

Membuat ringtone atau nada dering sebenarnya adalah hal yang sangat mudah di Android, juga di smartphone lainnya. Ada beberapa aplikasi yang merampingkan proses tersebut menjadi hanya beberapa menit. Semua yang Anda butuhkan adalah sumber file audio yang akan Anda gunakan untuk menciptakan nada dering Android. Artikel ini akan membahas cara membuat nada dering Anda sendiri di ponsel Android yang bisa Anda gunakan sebagai nada dering Anda setiap saat.

Aplikasi Pembuat Nada Dering untuk Android

Berikut ini adalah daftar aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat nada dering Anda sendiri:

RingDroid - Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi pembuat ringtone dari Android, yang telah ada sejak tahun 2008. Setelah empat tahun, aplikasi ini masih tetap disukai dan tetap sebagai salah satu yang paling mudah dipelajari dan digunakan. Bukan hanya gratis, namun aplikasi ini juga open source dan Anda tidak akan menemukan iklan dalam aplikasi ini.

Ringtone Slicer - Aplikasi ini adalah penantang terbaru dalam arena aplikasi gratis pembuat nada dering. Secara teknis, Ringtone Slicer masih dalam versi beta, namun penciptanya mengatakan bahwa ini akan tetap gratis setelah dirilis, meskipun mungkin akan ada iklan di dalamnya. Walau terbilang masih muda, aplikasi ini sudah mengalahkan banyak pesaingnya.

Ringtone Maker - Aplikasi ini memiliki desain interface yang pintad yang memaksimalkan ruang namun tidak mengorbankan hal penting lainnya. Aplikasi ini tidak hanya memotong file audio ke dalam ukuran nada dering, namun ini juga bisa menambahkan fade in atau fade out, menyesuaikan volume keseluruhan lagu, dan dapat menetapkan nada dering baru ke dalam kontak secara langsung.

Langkah-langkah Cara Membuat Nada Dering

Langkah-langkah cara membuat nada dering ini menggunakan aplikasi Ringtone Slicer, karena ini adalah aplikasi yang paling baru.

Untuk memulainya, Anda harus mengunduh aplikasi Ringtone Slicer terlebih dahulu dari Google Play Store. Lakukan ini melalui aplikasi Play Store di perangkat Android Anda, karena ini akan secara otomatis diinstal dan prosesnya akan lebih mudah.

Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan disajikan sebuah gambaran sistem file perangkat Android Anda. Ringtone Slicer mendukung format MP3, AAC, dan AMR, jadi navigasikan ke file audio dengan format tersebut.

Setelah file audio dimuat, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di atas. Kotak hitam dengan sudut segitiga menunjukkan bagian yang dipilih dari file audio yang ingin Anda gunakan untuk nada dering. Anda bisa menarik trek ke kiri dan kanan, yang memungkinkan Anda mengatur posisi jika Anda ingin membuat nada dering dari bagian yang berbeda pada sumber audio tersebut.

Tombol persegi di bar bagian bawah akan memilih bagian mana dari file audio tersebut yang akan Anda fokuskan. Setelah itu, Anda dapat menarik sudut segitiganya untuk mengubah ukuran seleksi sesuai dengan keinginan Anda.

Bagian yang menarik dari Ringtone Slicer adalah, bahwa jika Anda menekan tombol Play di bar bagian bawah, maka aplikasi ini akan memainkan pilihan Anda dan Anda dapat mengubah ukurannya saat sedang dimainkan. Kenyamanan ini membuat prosesnya lebih mudah. Anda juga dapat mengaktifkan tombol Repeat (sudut kanan bawah) dan ini akan terus memainkan pilihan Anda, sehingga Anda bisa memeriksa kekurangan dari ringtone yang dibuat.

Bila Anda puas dengan potongan nada dering tersebut, klik ikon disk di bagian atas untuk menyimpan pilihan sebagai file nada dering terpisah. Hal ini tidak akan menimpa file sumber audio, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Letak kenyamanan lain dari Ringtone Slicer adalah, meskipun menyimpan file audio ke lokasi sendiri, aplikasi ini secara otomatis memasukkannya ke dalam daftar default Android untuk nada dering. Dengan begitu, Anda tidak harus melakukan apapun untuk mencari file tersebut. Tinggal ke pengaturan suara Android dan ubah nada dering Anda.

Jika Anda ingin membuat nada dering dengan menyatukan beberapa audio bersamaan, Anda harus menggunakan aplikasi yang lebih kuat yang berfokus pada penyuntingan file audio, bukan hanya nada dering. Untuk editor audio, Anda bisa mencoba Audacity atau alternatif lainnya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel