Tips dan Trik Cara Setting Privacy di Perangkat iOS

22 Mar 2013 13:30 3328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Privasi merupakan bagian penting dalam kehidupan ini, termasuk juga pada berbagai jenis perangkat komputer maupun perangkat smartphone.Banyak sekali para pengguna yang tidak memperhatikan berbagai kebijakan privasi saat sedang melakukan proses instalasi pada perangkat IOS nya adatu mengkin termasuk Anda, bisa Anda bayangkan jika data-data tersebut dipergunakan untuk mengakses berbagai jenis akun Anda seperti email, kartu kredit, dan berbagai jenis akun Anda lainnya.

Privasi merupakan bagian penting dalam kehidupan ini, termasuk juga pada berbagai jenis perangkat komputer maupun perangkat smartphone.Banyak sekali para pengguna yang tidak memperhatikan berbagai kebijakan privasi saat sedang melakukan proses instalasi pada perangkat IOS nya adatu mengkin termasuk Anda, bisa Anda bayangkan jika data-data tersebut dipergunakan untuk mengakses berbagai jenis akun Anda seperti email, kartu kredit, dan berbagai jenis akun Anda lainnya. Diantara Anda bagi pengguna perangkat IOS mungkin tidak menyadari bahwa privasi merupakan hal yang sangat penting, karena Anda tentunya tidak ingin bukan data-data penting atau data pribadi Anda dibuka atau dilihat oleh orang lain. Maka dari itu pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan sedikit tips setting privacy di iOS bagi Anda pengguna IOS agar data-data Anda menjadi lebih aman dan tidak diakses oleh aplikasi-aplikasi tertentu.

Berikut adalah cara untuk mengelola pengaturan privasi di iOS. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Privacy dan Settings pada perangkat IOS Anda. Di sini, Anda akan melihat bagian untuk berbagai jenis aplikasi data yang telah diinstal pada perangkat IOS Anda, berikut ini adalah contohnya

Anda dapat melakukan pengaturan dengan mengklik tombol yang ada disana, mungki tamplannya akan berbeda-beda tergantung pada aplikasi apa saja yang ada pada perangkat IOS Anda. Anda dapat melakukan proses pengaturan menjadi "ON” ataupun "OFF”, sehingga aplikasi tersebut tdak akan bisa lagi untuk mengakses data yang terhubung ke jaringan. Selain itu jika ada aplikasi yang meminta data pribadi atau data sensitif maka data-data atau file tersebut kan terlindungi.

Fitur Location Services adalah bagian yang sangat sensitif sebagai pengaturan privasi, karena pada fitur ini aplikasi IOS akan memberikan pilihan mengenai berbagai jenis data atau informasi yang diminta oleh pengguna perangkat IOS. Anda dapat melakukan pengaturan untuk mengijinkan atau tidaknya aplikasi tersebut untuk dapat mendapatkan informasi atau data dari perangkat IOS Anda dengan melakukan switch posisi menjadi ON atau OFF.

Sebagai contoh ada sebuah aplikasi yang meminta menunjukan lokasi atau posisi Anda saat ini berada, selain berbahaya jika diakses oleh orang-orang jahat aplikasi ini juga akan memakan konsumsi jumlah penggunaan baterai dan juga koneksi internet, misalnya ketika Anda berpindah dari suatu tempat atau lokasi maka aplikasi ini juga akan merubah posisinya. Jadi Anda dapat dengan bijak kapan harus mengaakifkan dan akapan harus menonaktifkannya dari fitur Location Services ini.

Selain itu pada fitur System Services ini Anda juga dapat meminimalisis penggunaan baterai dan juga memori yang dapat menyebabkan perangkat IOS Anda lebih boros baterai dan juga pengkat Anda tersebut menjadi terasa "berat” saat digunakan. Anda bisa memilih fitur mana saja yang dapat digunakan agar perangkat IOS Anda lebih maksimal.

Jika Anda tidak suka atau merasa terganggu dengan iklan (Adv) yang sering muncul pada perangat IOS Anda seperti pada iPhone, iPad,iPod dan lainnya. Anda dapat menonaktifkannya pada fitur pengaturan System Services.Silahkan Anda buka menu Settings > General > About kemudian lakukan scroll kebawah , dan Anda akan menemukan tombol Advertising. Silahkan pilih menu tersebut, maka Anda akan menemukan pengaturan untuk Limit Ad Tracking. Dengan mengaktifkan fitur ini makan berbagai jenis layanan oleh berbagai perangkat Apple tidak dapat melakukan proses penlacakan (tracking) berbagai jenis aktifitas yang Anda lakukan pada perangkat IOS Anda, artinya Anda akan lebih aman saat melakukan berbagai jenis aktifitas saat Anda sedang terhubung ke internet.

Semoga privasi di iOS dari Plimbi kali ini bermanfaat bagi Anda para pengguna IOS untuk lebih berhati-hati saat, dan menjaga berbagai jenis data maupun informasi pribadi Anda saat menginstal berbagai jenis aplikasi pada perangkat IOS Anda, dan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu data-data atau informasi apa saja yang diminta aplikasi tersebut sebelum Anda menginstalnya pada perangkat IOS Anda

Jika Masih kurang jelas, Anda bisa melihat video cara mengatur Privacy Settings pada perangkat iOS berikut ini.

 

Cara Setting Privacy di Perangkat iOS

 

[AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel