Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan

24 Feb 2016 15:30 4643 Hits 0 Comments
Biasanya rasa ngantuk ini muncul setelah kita makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat

Saya selalu mengantuk setelah makan, apakah Anda juga pernah mengalaminya ? seharusnya dengan makan saya bisa menambah energi, terus mengapa rasa mengantuk yang muncul ya?.

Banyak yang bilang rasa ngantuk ini muncul setelah saya makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, maklumlah karena saya orang yang suka makan jadi porsi saya banyak, tapi ada pendapat  lain yang mengatakan bahwa mengantuk saat makan karena aliran darah akan lebih banyak kesaluran pencernaan, benarkah demikian?.

Ternyata setelah saya bertanya kepada dokter semakin banyak makanan yang saya konsumsi, maka semakin banyak darah yang mengalir ke pencernaan saya, hal ini juga menyebabkan pasokan oksigen untuk otak dan organ – organ lain berkurang sehingga kita menjadi lemas dan mengantuk.

Meski tidur sangat baik untuk kesehatan, namun ketika saya tidur setelah makan ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan, karena itu saya disarankan makan 3jam sebelum tidur. Dan inilah bahaya yang bisa ditimbulkan jika saya tidur setelah makan, tapi jangan ditiru ya, nanti badannya besar kaya saya .


1. Tenggorokan Terbakar

Bahaya Tidur Setelah Makan

Saya pernah mengalami tenggorokan terasa terbakar, menurut penelitian sih ini dipicu oleh reflux asam, Gastroesophageal Reflux Disease atau disingkat GERD yang merupakan nama lain dari reflux asam.

Disebabkan karena tidak menutupnya katup perut dan kerongkongan, hal ini memungkinkan asalam lambung untuk menjalar ke tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan sepeti terbakar, ngeri juga ya.

Gejala ini merupakan gangguan dimana asam di lambung terdorong ke korongkongan karena katup yang memisahkan perut dan kerongkonngan tidak berfungsi dengan baik.

Reflux asam juga biasa terjadi pada orang yang menderita obesitas seperti saya, hal ini karena orang gemuk kelebihan beban dan malas untuk olahraga sehingga ada tekanan pada perut yang membuat katup otot diantara kerongkongan dan perut terbuka.

Pada orang normal katup tersebut akan otomatis tertutup, mencegah asam di lambung ke kerongkongan, reflux asam tidak terkontrol dapat menyebabkan peradangan, kalo gitu berarti saya gak normal dong.


2. Rasa Panas di Dada

Bahaya Tidur Setelah Makan

Pada awalnya berbaring setelah makan mungkin akan membuat saya meras baik dan nyaman, namun sementara tubuh saya beristirahat seperti dipantai, tapi ternyata sistem pencernaan saya akan bekerja keras, hal tersebut bisa meningkatkan kadar asam lambung, dan memicu sakit mag. Terkadang bisa menyebabkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan.

Ternyata normalnya isi lambung  akan kosong kembali sekitar 2jam setelah saya makan, tapi kalo posisi tubuh saya pada posisi berbaring seperti dipantai ini maka proses pengosongan lambung akan terhambat, atau terlambat seperti jalanan yang macet.

Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit, tergantung bahan makanan yang saya makan, jadi sebaiknya jangan berbaring setelah makan, walaupun saat berbaring setelah makan itu sangat nikmat, tunggu setidaknya hingga 1 jam agar sebagian makanan dicerna kelambung menuju usus.

About The Author

Asep Sovian 54
Expert

Asep Sovian

Bismillah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel