Review Spesifikasi Printer Canon Pixma MG5721

3 Feb 2016 19:00 4202 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Printer wireless yang dapat mencetak dari jarak jauh.

Sudah bertahun-tahun lamanya kita mengenal sebuah nama printer yang bernama “Canon.”

Dari tahun ke tahun, selalu saja ada printer terbaru yang dikeluarkannya. Dan dari tahun ke tahun pula, banyak orang yang bingung ketika membeli printer karena selain mereknya banyak, tipe dari satu merek saja sudah bermacam-macam.

Salah satu jenis printer favorit orang rumahan di tahun 2015-2016 adalah printer yang memiliki multifungsi seperti Canon Pixma MG5721 yaitu sebuah printer Wireless atau nirkabel yang dapat mencetak dengan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Dikatakan sebagai printer favorit orang rumahan karena printer ini memang diperuntukkan untuk aktivitas printing saja tanpa fitur seperti faximile, port ethernet, dan fitur ADF (Automatic Document Feeder).

Saya sendiri memilih untuk mengulas printer Canon Pixma MG5721 ini karena selain printer ini sangat baik untuk menunjang aktivitas printing ringan, printer ini juga memiliki harga yang paling murah untuk printer sekelasnya.

Kelebihan printer Canon Pixma MG5721 ini secara umum adalah kemampuannya untuk menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas tinggi, yang bagi beberapa orang sudah menjadi cukup alasan untuk membeli suatu printer.

 

1. Desain & Spesifikasi

Canon Pixma MG5721 adalah sebuah printer nirkabel yang menawarkan kinerja dan performa hasil cetakan kualitas tinggi dengan dukungan ukuran kertas hingga mencapai 8.5” x 11”.

Selain memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 14.6” x 18” x 5.9”, printer ini juga memiliki berat yang cukup berat untuk sebuah printer yakni 6.25 Kg.

Di bagian depan dari printer ini, Anda akan dapat menemukan sebuah layar LCD berukuran 2.5” yang fungsinya adalah untuk memperlihatkan gambar dari apa yang ingin Anda print sebelum akhirnya di print.

Selain itu, layar LCD yang ada pada printer Canon Pixma MG5721 ini berfungsi sebagai alat navigasi printer Anda.

Pada Canon Pixma MG5721 terdapat 5 buah tangki penyimpanan tinta yang jika dibandingkan dengan tangki penyimpanan pada printer sekelasnya, tangki yang ada pada printer ini dapat dibilang sebagai tangki tinta yang memiliki efisiensi tinggi.

Disebut sebagai tangki tinta yang memiliki efisiensi tinggi karena Anda dapat mengganti isi tinta sendiri dengan mudah meskipun Anda adalah seorang pemula dalam menggunakan printer.

 

2. Pemasangan Software dan Hardware

Memasang atau menyiapkan printer agar dapat bekerja terkadang menjadi sebuah hal yang menjadi kendala bagi mereka yang baru saja membeli printer.

Begitu pula dengan mereka yang baru saja membeli Canon Pixma MG5721.

Walaupun secara umum pemasangan hardware yaitu printer ini sendiri sama dengan kebanyakan printer yang ada di pasaran, pemasangan software untuk printer ini agak sedikit sulit.

Disebut agak sedikit sulit karena ketika membaca buku petunjuk, seorang pengguna yang baru saja menggunakan printer ini untuk pertama kalinya harus mengunduh berbagai software yang ada di situs resmi Canon.

Mengunduh sebuah software apalagi dari situs resminya tentunya adalah sebuah hal yang memang menguntungkan.

Disebut menguntungkan karena dengan mengunduh software langsung dari situs resminya, Anda dapat menjamin bahwa software yang Anda miliki adalah versi ter-update atau terbaru.

Yang menjadi kesulitan disini adalah ketika Anda mengunduh software dari situs resmi Canon ini, saya sendiri mengalami banyak disconnect, bahkan setelah mengganti-ganti provider internet. Walaupun ada alternatif untuk memasang langsung melalui cloud, cara tersebut malah menurut saya lebih time-consuming.

Sehingga satu-satunya cara yang paling benar adalah dengan memasang aplikasinya langsung melalui CD driver yang tersedia.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel