Beberapa Perangkat Virtual Reality yang Akan Bersaing Ketat

1 Feb 2016 16:00 3024 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perangkat Virtual Reality yang akan bersaing ketat

Tahun 2016 adalah tahunnya VR atau perangkat Virtual Reality.  Betapa tidak, perangkat ini merupakan perangkat yang cukp banyak dinantikan kehadirannya. Apalagi persaingan tiap perusahaan besar yang seolah-olah ingin menguasai teknologi masa depan ini.

Bagi yang belum tahu,  perangkat VR merupakan perangkat modern yang memungkinkan pengguna masuk ke dunia maya dan terasa seperti berada di dunia tersebut.. Biasanya perangkat semacam ini dihubungkan dengan perangkat permainan.

Nah, kehadiran perangkat VR ini juga berpengaruh pada kreativitas pengembang game. Para pengembang game tentunya diharapkan bisa menghadirkan game menarik yang bisa dijajal dengan perangkat VR ini.

Saat artikel ini dibuat, sudah banyak perangkat VR yang sudah diumumkan. Beberapa diantaranya dikembangkan oleh perusahaan besar. Tetapi  ada juga perangkat VR  yang dibuat oleh perusahaan lain yang bisa mengancam perangkat VR yang diproduksi perusahaan besar.
 

1. Oculus Rift

Ocuslust Rift merupakan produk VR yang paling populer. Produk inilah yang kemudian jadi pionir kehadiran produk VR lain. Nama pengembang produk ini, Oculus VR  pun jadi terkenal. Ini lantaran Oculust Rift benar-benar menghadirkan sebuah pengalaman bermain yang memungkinkan pemain terasa ada di dalam game.

Beberapa Perangkat Virtual Reality yang Akan Bersaing Ketat

Karena menjadi buah bibir dan cukup menjanjikan, Oculus Rift pun dibeli Facebook. Itu berarti, Oculus VR diakusisi Facebook. Dengan sokongan dana yang kuat dari Facebook, tentu saja ini akan membuat Oculus Rift sebagai sebuah perangkat masa depan.

 

2. Playstation VR

Sony tak mau kalah dengan Facebook. Mereka pun membuat perangkat VR sendiri.  Sony menyebutnyan sebagai Project Morpheus. Perangkat ini mampu menghadirkan visualisasi 1080p dan sudut padang 90 derajat. Perangkat ini juga memiliki Project sensor giroskop dan kamera PlayStation yang berfungsi membaca gerakan pengguna secara akurat.

Pada perkembangan selanjutnya, Sony mengumumkan bahwa Project Morpheus adalah sebuah perangkat bernama Playstation VR. Penamaan ini tentunya agar lebih familiar dengan pengguna mengingat perangkat ini bisa tersambung dengan PlayStation 4.

 

 

3. Google Cardboard

Google tak mau kalah dengan Facebook. Raksasa internet tersebut  juga turut ambil bagian dalam meramaikan ranah perangkat VR. Tapi, uniknya Google tidak menghadirkan perangkat dengan teknologi mahal.

Beberapa Perangkat Virtual Reality yang Akan Bersaing Ketat

Lewat produk bernama Google Cardboard, Google mampu menciptakan perangkat VR hanya menggunakan kertas kardus lipat. Bahkan, pengguna pun bisa membuat sesuai pola yang diberi Google. Namun, untuk kemudahan belilah produk yang sudah jadi karena harganya murah yakni sekitar Rp 220 ribuan. Inilah produk VR termurah yang dbuat Google.

 

4. Samsung Gear VR

Samsung juga ikut-ikutan masuk ke dalam ranah VR. Perusahaan asal Korea tersebut menciptakan sebuah perangkat bernama Samsung Gear VR yang bisa terhubung dengan perangkat Galaxy Note 4 ciptaan Samsung.

Samsung Gear VR ini hadir dengan layar 5,7 inci dan  penyimpanan SD CARD 16GB. Perangkat ini sedikit mirip dengan Google Cardboard yakni sebagai perangkat tambahan dan fungsi mobilitas agar pengguna bisa lebih bebas menggunakan Gear VR dimanapun   


 

5. HTC Vive Pre
 

Produk dari HTC ini  cukup menggebrak di awal tahun 2016. Perangkat ini mampu menghadirkan sebuah perangkat kontroler nirkabel  yang membuat perangkat ini berbeda dengan perangkat VR kebanyakan.

Beberapa Perangkat Virtual Reality yang Akan Bersaing Ketat

Desain perangkat HTC Vive Pre  ini juga tampak lebih menarik dibandingkan perangkat lainnya. Yang pasti, desain HTC Vive Pre ini dibuat agar pengguna lebih nyaman ketika memainkan games. Oh yah, HTC Vive Pre ini telah mendapatkan 14 penghargaan saat produk ini pertamakali diperkenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2016 6-9 Januari 2016.


Selain kelima perangkat VR diatas,  ada juga perangkat VR lainnya yang siap bersaing. Contohnya adalah Oppo VR. Ada juga beberapa nama lainnya yang sudah hadir di pasaran. Contohnya headset  Carl Zeis VR One,. Ada juga produk yang mirip dengan Google Cardboard, yakni Altergaze yang semua bahannya dibuat dari printer 3D.


Perangkat lainnya adalah  Sulon Cortex, sebuah perangkat yang  memungkinkan pengguna memindai linkungan untuk dijadikan area virtual reality.  Dan satu lagi, Durovis Dive yang cara kerjanya mirip dengan Altergaze. Tentu saja masih banyak perangkat VR lain yang siap hadir dan dikembnzgkan oleh banyak perusahaan. Barangkali sudah saatnya mengatkan kalau sekarang adalah era Virtual Reality.

 

 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel