Bingung Cara Mengatur Waktu Anda? Gunakan 5 Layanan Ini Agar Waktu Lebih Efektif dan Anda Lebih Produktif

5 Apr 2017 08:05 4227 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gunakan 5 tools keren ini untuk mengatur waktu Anda agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan lebih produktif

Cara Mengatur Waktu-Tidak ada yang berubah dengan waktu. Setiap harinya, selalu 24 jam sehari, seminggu 7 hari. Sama dan tidak berbeda. Tetapi, dalam kasus tertentu, waktu seolah begitu cepat berlalu. Terutama untuk para pekerja (seperti saya misalnya)  yang merasa waktu terlalu cepat sehingga pekerjaan menjadi terlambat. Saya yakin, bukan saya saja yang mengalami hal ini. Banyak orang juga yang mengalami hal seperti ini.

Umumnya, kasusnya sama, merasa waktu begitu cepat sehingga tidak menyelesaikan pekerjaan sesuati waktunya. Padahal ada banyak antrian pekerjaan yang mungkin perlu diselesaikan.

Lalu bagaimana solusi menghadapi masalah ini? Sederhana, manajemen waktu. Pada akhirnya, kita sendirilah yang harus bisa mengatur waktu apa yang perlu kita kerjakan dalam waktu 24 jam.  Jika mengatur waktu terasa sulit, barangkali beberapa aplikasi/layanan ini bisa dicoba.

1. Toogle

Toogle merupakan sebuah layanan yang berfungsi menggantikan catatan durasi waktu pekerjaan. Bagi saya pribadi, layanan ini membantu, mengingat saya jarang peduli tentang durasi waktu mengerjakan tugas.

Bingung Cara Mengatur Waktu Anda? Gunakan 5 Layanan Ini Agar Waktu Lebih Efektif dan Anda Lebih ProduktifBagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan dan sering menghadapi banyak deadline, jelas layanan ini sangat membantu. Apa pasal? Toogle mampu membaca durasi yang Anda habiskan untuk tugas-tugas yang Anda lakukan. Di dalam layanan ini, akan tersedia informasi waktu seperti tampilan yang memaparkan gambaran seberapa banyak Anda menghabiskan waktu untuk menyelesaikan suatu tugas.

2. Panda Focus Mode

Seringkali para pekerja yang terhubung dengan internet menjadi tidak produktif lantaran lebih aktif berselancar di dunia maya dibandingkan focus pada pekerjaan. Tapi dengan Panda Focus Mode, hal itu bias dikurangi. Setidaknya, Anda akan ingat tugas Anda ketika Anda keasyikan berinternet.

Anda tinggal memasukan tugas-tugas Anda. Setelah itu, ketika Anda berinternet dan membuka tab baru, Anda akan diingatkan dengan tugas harian yang mesti Anda selesaikan. Cocok untuk Anda yang sering mendapatkan tugas harian.

3. Forest

Forest adalah sebuah aplikasi yang akan membantu Anda tetap fokus dan tidak bergantung pada internet. Penamaan Forest mengacu pada cari aplikasi ini bekerja, yakni Anda mengaktifkan aplikasi ini itu berarti Anda sedang menanam sebuah pohon sampai tumbuh.
Bingung Cara Mengatur Waktu Anda? Gunakan 5 Layanan Ini Agar Waktu Lebih Efektif dan Anda Lebih Produktif
Tugas Anda cukup membuat pohon itu tumbuh besar selama 25 menit. Sebelumnya, Anda bias memasukan situs yang masuk blacklist. Tujuannya jika selama 25 menit Anda mengunjungi situs tersebut, maka pohon akan mati. Cara ini tentu sangat unik untuk membuat kita fokus pada pekerjaan. 

Forest tersedia untuk Android, iOS dan juga extension/addon untuk Chrome dan Firefox.

4. Wunderlist

Aplikasi ini tergolong menarik karena saya bisa mengatur pekerjaan sesuai dengan tempatnya. Anda yang memang punya pekerjaan atau tugas banyak, baik di kantor maupun di rumah, bisa memakai aplikasi ini.

Dengan Wunderlist, Anda bisa membuat daftar tugas yang akan dilakukan(to-do list) secara komprehensif.  Anda pun bisa membuat perencanaan, baik untuk proyek dengan teman, proyek pribadi, bahkan perencanaan untuk sekadar wisata hiburan. Yang menarik, Anda bisa menambahkan tagar (hashtag ) pada setiap tugas yang Anda tulis di daftar.

5. Todoist

Todoist merupakan layanan freemium yang memiliki desain menarik yang akan membuat Anda fokus pada pekerjaan Anda. Dengan layanan ini, Anda tidak hanya fokus pada pekerjaan tapi juga bisa termotivasi. Anda juga bisa lebih mudah dalam mengatur waktu dan jaji.

Yang paling menark dari layanan ini, adalah fitur untuk meninjau tugas yang Anda kerjakan agar bias dikerjakan atau diatur lebih mudah untuk untuk diselesaikan dengan cara yang lebih mudah.

Selain 5 tools tersebut, Anda juga perlu memulai kebiasaan-kebiasaan baru yang membuat Anda bisa lebih fokus dan produktif. Misalnya dengan cara membagi waktu produktif dan waktu untuk Anda untuk santai.

Contoh kasus, jika Anda bekerja di kantor dari jam 8 sampai 4 sore, maka, Anda bisa membuat kebiasaan untuk santai 10 menit setiap satu jam sekali. Saya sendiri menerapkan aturan 2 jam produktif dan 15 menit untuk bersantai. Tentu pola ini bisa berbeda, tapi yang penting waktu produktif lebih lama dibanding waktu bersantai.

Yang paling penting adalah niat untuk memulai mengatur waktu, tidak menunda-nunda pekerjaan, dan kemudian membiasakan diri dan merencanakan semuanya dengan tool yang sudah dipaparkan. Tujuannya agar lebi bisa mengatur waktu dan membuat Anda (termasuk saya) lebih produktif.


Sumber tulisan via Lifehack

 

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel