Mengapa Kita Berkomunikasi ?

20 Dec 2015 10:41 2900 Hits 2 Comments
Pernahkah Anda memiliki pertanyaan “Mengapa kita berkomunikasi ?” Atau selama ini Anda hanya menjalani hidup tanpa memikirkan mengapa Kita berkomunikasi ? Banyak orang menjalani harinya tanpa sadar kalau Ia selalu berkomunikasi. Padahal dalam setiap aktivitas manusia, hakikatnya Ia sedang berkomunikasi. Kok bisa ?

Pernahkah Anda memiliki pertanyaan “Mengapa kita berkomunikasi ?” Atau selama ini Anda hanya menjalani hidup tanpa memikirkan mengapa Kita berkomunikasi ? Banyak orang menjalani harinya tanpa sadar kalau Ia selalu berkomunikasi. Padahal dalam setiap aktivitas manusia, hakikatnya Ia sedang berkomunikasi. Kok bisa ?

Komunikasi itu dibagi menjadi beberapa yakni Komunikasi Intra-Personal, Komunikasi Antar-Personal, Komunikasi Kelompok dan Komunikasi Massa.

Pertama, Komunikasi Intra-Personal, terlihat dari asal katanya "Intra" yang berarti dalam dan Personal berarti pribadi. Jadi, bisa dengan mudah ditebak, komunikasi ini adalah komunikasi dengan diri sendiri. Contohnya seperti merenung, mencari ide serta solusi dan banyak lagi. Komunikasi Intra-Personal hampir setiap saat Kita lakukan. Seperti ketika Kita akan membeli sepasang sepatu, pasti Kita akan memilih dan mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli, terlepas dari meminta pertimbangan orang lain, ini dinamakan komunikasi Intra-Personal. 

Kedua, yakni Komunikasi Antar-Personal. Komunikasi ini terjadi dengan orang lain, bukan lagi berkomunikasi dengan diri sendiri. Pada komunikasi ini yang berperan sebagai penerima pesan (komunikan) adalah orang lain, dan kita sebagai pengirim pesan (komunikator). Contoh sederhananya adalah mengobrol.

Ketiga adalah Komunikasi kelompok. Komunikator berkomunikasi dengan komunikan yang jumlahnya lebih banyak. Jumlah ini di bagi lagi menjadi dua : Small Group dan Large Group yakni kumpulan orang-orang yang tidak lebih dari 100 kepala dan Large Group yakni kumpulan orang yang lebih dari 100 orang. Contoh Small Group adalah seminar kecil, rapat pengurus organisasi. Large Group seperti Seminar Umum Internasional.

Terakhir adalah Komunikasi Massa. Komunikasi ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti TV, Radio dan Surat Kabar. Oh ya, jangan salah ya menafsirkan "Komunikasi Massa" dengan "Komunikasi dengan Massa". Itu sangat berbeda. Letak perbedaannya ada pada penyaluran/media dan feedback (umpan balik). Komunikasi Massa itu menggunakan media seperti kertas, elektronik dan internet. Jika komunikan tidak setuju dengan pesan yang diterimanya, maka ia harus menggunakan media pula untuk mengungkapkan ketidakpuasannya. Sedangkan komunikasi dengan Massa itu dilakukan secara langsung seperti pengajian yang memiliki sesi tanya jawabnya, jika penanya tidak setuju dengan jawaban dari pemateri maka ia bisa menyanggahnya tanpa harus menggunakan media.

Pada hakikatnya kita selalu berkomunikasi, entah itu komunikasi Intra-Personal, Komunikasi Antar-Personal, Komunikasi Kelompok atau Komunikasi Massa. Lalu, "Mengapa Kita berkomunikasi ?". Pertanyaan ini begitu luas dan bisa dijawab dari berbagai sudut pandang, namun saat ini Kita akan membahas dari sudut pandang Ilmu Komunikasi. 

Kita berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan, menjalin interaksi individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Selain itu manusia memiliki sifat dasar untuk menyampaikan apa yang dirasakan baik itu pikiran, pandapat dan perasaan. Manusia juga memiliki sifat ingin mengetahui apa yang sedang dirasakan orang dan manusia pula memiliki sifat dasar mengukur keberhasilan serta kegagalan dirinya dengan orang lain. Inilah mengapa manusia perlu berkomunikasi. Muncul pertanyaan, bagaimana jika manusia tidak berkomunikasi ? Jawabnya adalah Ia akan terisolasi, stress karena berkomunikasi adalah suatu kebutuhan. Jadi mulai hari ini Anda sudah mendapatkan jawabannya kan, mengapa Kita berkomunikasi ?

 

Refrensi :

Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Deddy Mulyana, 2014

Sistem Komunikasi Indonesia, Muslimin Machmud, 2015

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel