Tips Agar Mulut Tak Berbau Saat Puasa

11 Jun 2016 13:01 3217 Hits 2 Comments
Bau mulut adalah momok bagi setiap orang, terutama umat muslim ketika di bulan ramadan. Semua orang berpuasa, akan mengalami bau mulut. Mengapa ? Karena Rata-rata dari kita akan tetap beraktivitas seperti biasa seperti bekerja, bersekolah dan lainnya meskipun di bulan ramadan. Kita akan tetap bertemu orang banyak diluar sana. 

Bau mulut adalah momok bagi setiap orang, terutama umat muslim ketika di bulan ramadan. Semua orang berpuasa, akan mengalami bau mulut. Mengapa ? Karena Rata-rata dari kita akan tetap beraktivitas seperti biasa seperti bekerja, bersekolah dan lainnya meskipun di bulan ramadan. Kita akan tetap bertemu orang banyak diluar sana. 

Tetap beraktivitas di bulan puasa adalah hal yang mau tidak mau harus tetap dilakukan. Puasa bukan suatu alasan untuk tidak bersemangat atau loyo saat bekerja. Justru puasa adalah moment penting untuk bagi organ tubuh kita beristirahat. 

Tak mungkin sekali rasanya, bila kita bertemu dengan banyak orang, namun mulut kita bau naga. Itu adalah hal yang sangat mengganggu. Lalu, bagaimana caranya mengatasi hal ini ? Baiklah kita akan mencoba beberapa tips berikut.

Minum Air Putih

Cara pertama adalah dengan meminum banyak air putih di saat sahur. Lebih idealnya lagi, kita bisa menggunakan rumus 2+4+2. Apa itu ? Jadi, anda diharuskan meminum 2 gelas saat berbuka, kemudian makan malam hingga menjelang tidur 4 gelas, terakhir 2 gelas saat sahur.

Gosok Gigi

Cara kedua, menggosok gigi. Setiap mandi dan sebelum tidur jangan lupa untuk menggosok gigi. Ketika gigi digosok, maka semua sisa-sisa makanan akan dibersihkan. Hal ini membantu untuk mengurangi bakteri dalam mulut. Kemudian, efek mentol pada pasta gigi akan membuat mulut lebih segar dan membuat percaya diri.

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara ketiga yakni dengan cara mengonsumsi buah saat berbuka atau sahur. Buah dan sayur akan membantu mulut kita memiliki air liur lebih banyak, sehingga mulut tidak beigtu bau. Konsumsilah buah-buahan dengan cukup. Jangan berlebihan.

Kurangi Rokok

Cara keempat, cobalah untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Merokok akan meninggalkan bau yang sangat tidak sedap. Mulut akan bau asap dan akan membuat orang tidak nyaman ketika mengobrol dengan kita. Akhirnya orang lain akan ilfeel dan kita akan kehilangan momen-momen yang sebenarnya penting.

Hindari Makan Makanan Berbau Menyengat

Terakhir, minimalisir memakan makanan yang menyengat seperti bawang. Bawang akan benar-benar membuat mulut anda menyengat dan sekali lagi akan membuat orang lain ilfeel ketika berbicara dengan anda. Bukan hanya bawang, segala hal yang membuat mulut anda akan menyengat, minimalisirlah atau hindarilah.

Tetap beraktivitas di bulan puasa adalah hal yang mau tidak mau harus tetap dilakukan. Puasa bukan suatu alasan untuk tidak bersemangat atau loyo saat bekerja. Justru puasa adalah moment penting untuk bagi organ tubuh kita beristirahat. Maka itu, kita harus memanfaatkan momen ini dengan baik untuk kesehatan tubuh kita dan melatih diri kita untuk tetap sabar. 

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Jangan biarkan mulut anda berbau dan akhirnya menghilangkan kesempatan yang tak mungkin datang dua kali. Semoga bermanfaat dan semoga puasa anda lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa.

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel