Facebook dari Tahun ke Tahun

20 Apr 2016 12:36 2883 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Facebook. Sudah berapa lama anda menggunakan Media Sosial ini ? Ataukah anda sudah meninggalkannya ? Yap, media sosial satu ini sudah memasuki tahun ke dua belasnya sejak didirikan tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, dkk.

Facebook. Sudah berapa lama anda menggunakan Media Sosial ini ? Ataukah anda sudah meninggalkannya ? Yap, media sosial satu ini sudah memasuki tahun ke dua belasnya sejak didirikan tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, dkk.

Meskipun Facebook masih eksis hingga hari ini, banyak orang menganggap bahwa Facebook sudah mulai ditinggalkan oleh penggunanya karena mulai membosankan. Para pengguna mulai bosan dengan beranda mereka yang berisi hal-hal tidak penting.

Namun, penelitian yang mensurvey anak-anak muda Amerika Serikat oleh firma riset ComScore yang dirangkum KompasTekno dari Re/code, Kamis (31/3/2016) mengatakan hasil yang berbeda. Hasil penelitian ini sangat mengejutkan. Ternyata Facebook adalah media sosial yang masih sering dikunjungi, ia ada diurutan paling atas yang kemudian disusul oleh instagram. Hasil penelitian ini mementahkan anggapan bahwa Facebook mulai ditinggalkan. 

Bagaimana pun, Facebook adalah media sosial luar biasa. Dalam hitungan tahun saja, Facebook terus memperbaharui tampilan dan memberikan lebih banyak fasilitas kepada pengguna setianya. Apakah anda merasakannya ? Apa saja ? Mari kita simak bersama-sama.

Facebook 2009

Facebook mulai terangkat namanya ditahun ini. Banyak sekali pengguna dibawah umur yang memalsukan umurnya. Ini dia tampilan profil Facebook pada tahun 2009. Masih sangat sederhana dengan fitur Wall yang update status, photo dan video.

Facebook 2010

Pada tahun ini, Facebook kembali mencoba memberi fasilitas baru berupa photo ter-update yang dipajang di profil. Muncul bermacam-macam aplikasi yang memberikan fasilitas agar photo unggulan profil lebih menarik, seperti menjadi sebuah tulisan dengan font menarik yang disusun sedemikian rupa sehingga tampilan profil lebih kekinian, pada saat itu.

Facebook 2011

Di tahun 2011, Facebook menambahkan fitur tab pada profil. Diantaranya tab photo, info, wall. Pada tahun ini, Facebook tidak banyak melakukan perubahan pada tampilan. 

Facebook 2012 sampai 2016

Pada awal tahun 2012 Facebook benar-benar merombak tampilannya pada profil. Istilah profil pada Facebook kemudian juga diganti menjadi Kronologi. Tampilannya menjadi lebih elegant dengan tambahan fitur cover, tab yang sangat lengkap mulai dari photo, tentang, teman dan banyak lagi.

Di pertengahan 2016 Facebook juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengupload video dan support pada gambar berformatkan .gif.. Hasilnya, beranda hari ini menjadi penuh dengan video dan gambar berformatkan .gif.

Banyak kontroversi sebenarnya antara Youtuber (pembuat konten video di Youtube) dan Facebook. Pasalnya banyak video Youtuber yang di-reupload oleh para pengguna Facebook tanpa ada izin dan video-video yang di-upload ke Facebook dianggap merebut monitize para Youtuber.

Video-video yang di-reupload ke Facebook menampilkan iklan disamping video. Para pengiklan membayar sepenuhnya kepada Facebook tanpa ada bagi hasil dengan peng-reupload dan pembuat konten. Facebook terkesan membiarkan hal ini. Facebook.

Itulah yang membuat banyak Youtuber jengkel.
Fitur terbaru dari Facebook adalah Facebook Live, dimana kita bisa live video dan ditonton oleh jutaan orang.

Terlepas dari sisi negatifnya, Facebook sampai hari ini memang masih manfaatkan para penggiat media sosial dan perusahaan-perusahaan untuk promosi produk mereka. Bagaimana? Apakah anda masih menggunakan Facebook ? Atau anda sudah benar-benar meninggalkan Facebook ?

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel