5 Ajang Promosi Gulat Profesional Terkenal di Dunia

20 Nov 2015 15:30 16971 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah ajang promosi professional wrestling terkemuka di dunia

Saya awalnya tidak tahu menahu soal gulat profesional atau profesional wrestling. Sampai waktu kecil, saya mengenal tokoh-tokoh gulat seperti The Rock, Stone Cold, Undertaker, Kane, dan lain sebagainya.

Tentu saja waktu kecil itu saya mengidolakan beberapa tokoh karakter gulat tersebut. Tapi saya tidak tahu waktu itu kalau acara gulat yang dikemas dengan cerita dan konflik antar tokohnya itu merupakan rekayasa.

Ketika saya kuliah, saya mulai mencari tahu tentang dunia gulat. Dan saya baru tahu bahwa gulat yang waktu dulu diperkenalkan lewat acara SmackDown! Adalah sebuah olahraga hiburan yang menghadirkan pertarungan diatas ring dan dikemas dengan kisah layaknya opera sabun.

Meskipun saya sudah tahu itu rekayasa, saya tetap menontonnya. Entahlah, menyaksikan para pegulat tersebut terlihat menghibur meskipun kemudian saya tahu pemenang telah ditentukan dan para pegulat harus menghadirkan akting sebaik mungkin untuk meyakinkan bahwa  kisah konflik yang ada benar-benar terjadi.

Saya pikir para pegulat itu perlu diacungi jempol. Bukan hanya pertarungan mereka yang sudah diatur tetapi tapi menimbulkan resiko cedera, tetapi juga para pegulat harus bermain peran. Bayangkan, mereka harus gulat dan juga harus akting.

Konsep gulat yang menarik ini sebenarnya sudah populer di Indonesia. Apalagi, beberapa kali stasiun televisi menayangkan. Namun, karena muatan konten kekerasan, tayangan gulat ini tidak lagi ditayangkan di Indonesia.

Hal tersebut diperkuat dengan banyaknya kejadian anak-anak yang sering menirukan adegan gulat berbahaya bersama teman-temannya.

Oh yah, saya tahu gulat profesional ini dari  acara SmackDown dan RAW yang diselenggarakan oleh WWE. Dan saya pikir hanya  WWE inilah yang menghadirkan gulat hiburan macam ini. Tapi ternyata, selain WWE, ada juga promosi gulat profesional lainnya.

Kita bahas saja tentang gelaran gulat profesional ini yuk.

 

1. WWE

WWE atau World Wrestling Entertainment adalah ajang gulat profesional terbesar yang pernah ada.  Bahkan, bisa dibilang WWE memiliki pengaruh lebih besar dalam mempromosikan gulat bagi masyarakat dunia.

WWE sendiri awalnya bernama WWF atau World Wrestling Federation. Nama ini kemudian diganti pada tahun 2002 karena kontennya memang lebih banyak menghibur.

5 Ajang Promosi Gulat Profesional di Dunia

Pendiri WWE adalah  pasangan suami istri Vince McMahon dan Linda McMahon. Mereka mendirikan WWE (kala itu WWF) pada 21 Februari 1980.

Awal berdiri WWE masih harus bersaing dengan gelaran gulat lainnya semacam WCW (World Championship Wrestling) yang waktu itu memiliki pegulat yang jadi idola, Hulk Hogan.

Tapi, seiring berjalannya waktu,  WWE  mampu memberikan hiburan menarik dibandingkan WCW. Karakter pegulat yang lebih beragam dan lebih muda membuat pamor WWE meningkat.

Pamor WWE yang meningkat membuat WCW terpuruk. Bukan hanya WCW, gelaran Extreme Championship Wrestling atau ECW  pun terpuruk dengan konsep menarik yang ditawarkan WWE. WCW dan ECW kemudian diakusisi  oleh WWE.

Dengan  fondasi dari tiga acara yang menjadi satu ini membuat WWE terus terkenal bahkan sampai sekarang. WWE ini kemudian melahirkan pegulat ternama semacam The Rock, John Cena, Triple HHH, Kane, Daniel Bryan, CM Punk, dan lain sebagainya.

 

2. NJPW

Pada tahun 1972, Antonio Inoki mendirikan  sebuah promosi gulat profesional yang dinamakan NJPW. NJPW ini adalah gelaran promosi gulat profesional terbesar di Jepang, hampir setara dengan WWE.

Konsep NJPW ini sebenarnya tidak terlalu beda jauh konsepnya dengan WWE. MEreka menghadirkan pertandingan para pegulat di atas ring.

5 Ajang Promosi Gulat Profesional di Dunia

Para pegulat tersebut memiliki gimmick tersendiri  yang menghibur. Bahkan, aksi para pegulat di NJPW tampak lebih  realistis.

Oh yah, NJPW ini menghadirkan para pegulat ternama semacam Antonio Inoki, Minoru Suzuki, Seiji Sakaguchi, Shinya Hashimoto, Shoji Kai, dan sebagainya.

NJPW juga cukup gencar dalam berpromosi. Mereka melakukan berbagai kerjasama dengan gelaran promosi lainnya, termasuk WWE.

 

3. TNA

Gelaran promosi gulat profesional terbesar kedua setelah WWE adalah Total Nonstop Action Wrestling atau TNA Wrestling.  Betapa tidak, gelaran promosi ini mampu menarik perhatian hanya dalam waktu singkat.

Ini terlihat dari awal berdirinya, yakni pada tahun 2002 oleh Jeff Jarret dan Jerry Jarrett.  Mereka ingin coba menghadirkan acara gulat alternatif selain WWE. Lahirlah TNA yang membawa semangat dari World Championship Wrestling (WCW).

5 Ajang Promosi Gulat Profesional di Dunia

TNA menghadirkan acara yang dinamakan TNA Xplosion. Acara ini cukup menarik perhatian terus menerus dan bisa menjadi acara yang lebih menarik jika dibandingkan dengan WWE Monday Night Raw dan WWE Smack Down.

TNA memiliki beberapa pegulat hebat seperti Bobby Roode, Gail Kim, Christian Cage, dan sebagainya. Bahkan, beberapa pegulat dari WWE juga ada yang berpindah ke TNA.

 

 

4. CMLL

CMLL  memiliki kepanjangan Consejo Mundial de Lucha Libre co.ltd.   Nama ajang promosi gulat ini adalah dari bahasa Spanyol. Tetapi gelaran ini berada di Mexico dan menjadi sebuah gelaran promosi gulat terbesar di negar tersebut.

5 Ajang Promosi Gulat Profesional di Dunia
Saya tidak terlalu tahu tentang para pegulata atau konsep gulat dari CMLL. Hanya saja, CMLL memang merupakan gelaran gulat favorit. Terlebih ajang gulat ini adalah adalah ajang promosi gulat profesional tertua yang masih bertahan.

Oh yah, CMLL ini didirikan pda 1933 oleh Salvador Lutteroth di Mexico City. Cukup lama juga jika dibandingkan dengan gelaran promosi gulat profesional lainnya.

 

5. ROH

ROH yang berarti RING OF HONOR adalah ajang promosi gulat lainnya yang berbasi di Amerika. Didirikan pada 23 Februari 2002 oleh Rob Feinstein, ROH Mampu menarik  banyak penggemar gulat. 

5 Ajang Promosi Gulat Profesional di Dunia

ROH juga memiliki  para pegulat profesional yang cukup bagus betarung di atas ring. Bahkan, banyak para pegulat bagus yang ada di WWE pernah di ROH. Contohnya adalah Kevin Owens.

Saking menariknya acara ROH, sebuah stasiun TV di Jepang membeli siaran acara ROH. ROH pun terkenal sampai Jepang dan dianggap sebagai gelaran promosi gulat profesional terbaik ketiga dari Amerika.

 

Sebenarnya masih banyak juga gelaran promosi gulat profesional lainnya. Tapi, saya belum meneliti lebih lanjut  karena banyak juga gelaran promosi yang sifatnya indi dan  hanya mendpaatkan promosi yang sedikit.

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel