5 Tutorial Office 2016 Berikut Mungkin Bermanfaat bagi Anda

3 Nov 2015 08:00 3014 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tutorial tentang pemanfaatan fitur-fitur pada aplikasi Office 2016

Dengan dirilisnya Microsoft Office 2016, tentunya banyak hal baru yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah dengan melihat apakah aplikasi-aplikasi seperti Excel dan Word itu masih bekerja menggunakan metode yang lama atau tidak. Lalu, kita juga harus mengetahui tentang bagaimana cara kerja aplikasi-aplikasi baru pada Office 2016.

Jika aplikasi-aplikasi lama masih bekerja dengan cara lama, kita tentunya akan bersyukur karena kita tidak harus pusing-pusing mempelajari seperti apa aplikasi-aplikasi pada Office 2016.

Tapi bagaimana dengan aplikasi baru yang mungkin kita tidak tahu cara menggunakannya?

Atau aplikasi lama tapi cara pengoperasiannya sudah berubah?

Berikut ini adalah beberapa cara dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada pada Office 2016.

 

1. Cara Menghubungkan Akun Dropbox dengan Office 2016

Walaupun Microsoft Office sudah memiliki pasangan penyimpanan cloud bernama One Drive, bagi mereka yang tidak ingin menggunakan One Drive sebagai media penyimpanan online dapat memilih alternatif lain seperti Dropbox.

Untuk mengintegrasikan Dropbox dengan Office 2016 ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Hal yang pertama adalah dengan menambahkan folder Dropbox Anda ke office 2016 yaitu dengan cara menambahkan drop box pada droplist menu pada Office 2016.

Sialnya, pada bagian “Add a Place” di menu Office 2016 tidak terdapat penyimpanan cloud lain selain OneDrive dan Office 365 Share Point.

Untuk menggunakan Dropbox sebagai media penyimpanan, ketika Anda hendak menyimpan file dengan memilih “Save As,” kemudian cari folder dengan nama Dropbox.

 

2. Cara Mengganti Template pada PowerPoint 2016

Salah satu fitur terbaik dari PowerPoint adalah kemampuannya dalam mengganti template. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda sudah dapat mengubah tampilan dan kesan dari presentasi yang sudah Anda buat.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti template pada PowerPoint 2016.

• Pilih “Design” pada tab bagian atas dan klik pada bagian “Themes” (presentasi Anda harus dalam keadaan terbuka).

• Pilih salah satu dari template yang tersedia atau pilih “browse” untuk mencari template tertentu yang sudah Anda simpan di Harddisk Anda.

• Setelah memilih template yang Anda inginkan, seluruh slides presentasi Anda akan berubah menurut desain template yang telah Anda pilih.

 

3. Cara Menambahkan dan Menghilangkan Page Breaks pada Word 2016

Jika Anda ingin mengatur dokumen Anda sehingga hasilnya ketika dicetak sesuai dengan ekspektasi Anda, cara yang paling tepat untuk itu adalah dengan menambahkan Page Breaks pada halaman yang ingin Anda potong.

Pada Office 2016, ada banyak jenis page breaks yang dapat Anda tambahkan dan hilangkan.

• Tempatkan kursor ke tempat Anda ingin memulai halaman baru atau memotong halaman

• Pilih “insert” pada tab di bagian atas kemudian pilih “Pages” lalu “Page Breaks”

• Atau, gunakan cara alternatif dengan menekan CTRL+Enter untuk langsung menambahkan pages break

Di bagian layout -> Breaks Anda dapat memilih berbagai jenis page breaks yang Anda inginkan seperti Column Break, Text Wrapping, Next Page, Continuous Break, dan Even and Odd Page Breaks.

Lalu bagi mereka yang ingin menghilangkan Page Breaks, Anda dapat mengklik ikon ‘¶’ yang letaknya ada di bagian Home. Atau cara lainnya adalah dengan mengklik dua kali page breaks yang Anda ingin pindahkan.

 

4. Cara Mengedit Bersama Orang Lain Pada Word 2016

Untuk dapat menjalankan fitur terbaru dari Word 2016 ini, lakukanlah beberapa langkah di bawah ini.

• Simpan file Word Anda di OneDrive atau SharePoint Online

• Setelah tersimpan di OneDrive, pilih Share pada bagian kanan atas dan tuliskan satu atau beberapa alamat email yang ingin Anda ajak mengedit dokumen.

• Ganti status perizinan mereka yang Anda undang ke “Can Edit”

 

5. Cara Menghapus Data Duplikat pada Excel

Adalah sebuah masalah yang umumnya dihadapi banyak orang yang menggunakan Excel. Untuk menghilangkannya, langkah-langkah mudah di bawah ini dapat menjadi solusinya.

• Klik pada kolom yang mengandung data

• Pilih data pada tab di bagian atas

• pilih tombol “Remove Duplicate”

• Dalam jendela hasil, pilih kolom yang ingin Anda cari duplikatnya dan Anda hapus

• pilih “Ok”

Setelah Excel men-scan duplikat-duplikat disetiap kolom dan menghapusnya, sebuah pesan baru akan muncul dan memberi tahu Anda seberapa banyak data duplikat yang telah dihapus.

[FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel