10 Fungsi Ginseng yang Harus Anda Ketahui

21 Oct 2015 14:00 2875 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ginseng memiliki manfaat yang sangat banyak ternyata.

Banyak dari kita tahu bahwa ginseng adalah sebuah tumbuhan yang memiliki khasiat baik bagi tubuh kita. Bahkan dalam sejarah dan film-film saja, gingseng sering dijadikan sebagai alat tukar yang nilainya jauh lebih besar dibandingkan emas.

Terlepas dari nilainya, kebanyakan orang hanya mengenal ginseng secara umum, yaitu sebuah tumbuhan yang baik untuk tubuh. Namun apakah kita tahu manfaat spesifik dari gingseng?

Di bawah ini adalah manfaat dari ginseng yang wajib diketahui orang-orang selain untuk dijual.

 

1. Ginseng adalah adaptogen yang sangat kuat

Jika ada dari rekan pembaca yang merasa stress bekerja, terserang penyakit seperti flu atau demam ataupun bentuk stress lainnya, meminum ginseng adalah solusinya.

Dengan meminum ginseng, kemampuan beradaptasi dari tubuh kita dengan perubahan lingkungan sekitar akan meningkat baik secara mental dan fisik. Selain itu, ginseng juga berguna untuk menyeimbangkan dan menstabilkan area yang membutuhkan perbaikan.

 

2. Ginseng dikenal sebagai tumbuhan peningkat gairah

Berdasarkan teknik pengobatan tradisional cina, ginseng yang dapat meningkatkan gairah baik bagi pria dan wanita, juga dapat mengobati fungsi ereksi dengan cara merangsang fungsi seksual pria dan meningkatkan produksi dari sperma.

 

3. Ginseng membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh

Dengan dukungan berolahraga dan diet secara teratur, ginseng dapat mengurangi lemak tubuh yang menumpuk pada tubuh kita. Ginseng sangat baik untuk mengurangi berat badan karena ginseng dapat mempercepat proses pencernaan dan metabolisme sekaligus menyediakan energi bagi mereka yang sedang berdiet

 

4. Ginseng adalah analgesik alami

Tanaman ini dikatakan dapat membuat jaringan otot-otot kita menjadi rileks dan tenang. Selain itu, ginseng memiliki suatu unsur yang melindungi kita dari inflamasi, sehingga bagus untuk mengurangi rasa sakit.

 

5. Ginseng adalah nootropik

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki otak yang dibutuhkan oleh kita untuk mengerjakan pekerjaan yang kompleks.

Dan untuk menopang kegiatan yang membutuhkan kemampuan otak, ginseng mampu menstimulasi sel-sel otak sehingga fungsi otak akan menjadi lebih baik.

 

6. Ginseng adalah tanaman yang mengurangi proses penuaan

Ginseng memiliki berbagai macam efek anti penuaan. Selain ginseng membantu proses regenerasi kulit, tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai anti oksidan dimana fungsinya adalah untuk melindungi kita dari radikal bebas yang ada pada tubuh.

Meminum ginseng juga mengurangi proses penuaan dengan salah satu elemen yang terdapat di dalam gingseng yaitu berupa detoksifikasi. Kemudian, dengan meminum ginseng juga dapat membantu untuk memuluskan kulit dan menjaga kelembaban dari kulit serta meningkatkan sirkulasi darah.

Dan benefit-benefit di atas selalu dihubungkan dengan anti penuaan atau perpanjangan umur.

 

7. Ginseng membantu mengatur hormon pada wanita

Banyak wanita sekarang ini memiliki masalah dengan siklus menstruasinya.

Gingseng dengan kemampuannya untuk mengatur hormon pada wanita dapat memecahkan masalah para wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak beraturan dan pendarahan yang terlalu berlebihan.

 

8. Ginseng sangat baik untuk pertumbuhan rambut

Androgenetic Alopecia adalah bentuk umum dari kerontokan rambut yang dialami pria dan wanita. Namun sebuah studi yang ada pada situs PMC ini menyatakan bahwa gingseng dapat mencegah proses kerontokan tersebut serta menstimulasi kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik.

 

9. Ginseng membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian yang ada pada webmd, gingseng dinyatakan dapat membantu meningkatkan gula darah dan sering digunakan dalam pengobatan diabetes. Hal ini dikarenakan ginseng dapat mengurangi efek gula ketika berpuasa dan setelah menyantap makanan.

Dengan kata lain, ginseng dapat menjadi tumbuhan herbal yang mampu mengurangi resiko diabetes dan kolesterol tinggi.

 

10 Ginseng bermanfaat bagi organ-organ penting pada tubuh kita

Ginseng merupakan sebuah tumbuhan herbal yang bermanfaat bagi tubuh kita dimana fungsinya adalah untuk menyegarkan dan memperkuat fungsi paru-paru, hati, ginjal, dan limpa dengan efek yang dimilikinya sebagai pembuat rileks dan tenang.

Selain itu, pada ginseng juga terkandung vitamin A, C, B1, B2, protein, enzim dan masih banyak lagi unsur-unsur yang memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

 

Penutup

Menurut sejarah di timur, khususnya di China, ginseng adalah sebuah tanaman obat legendaris yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh bagi mereka yang meminumnya tanpa mengandung efek samping.

Selain itu gingseng juga dapat memperpanjang umur dengan cara memperlambat penuaan pada tubuh kita. [FM]

 

via lifehack

Tags gingseng

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel