Symetium, Smartphone PC Dengan RAM 6GB

30 Sep 2015 17:00 4837 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone dengan RAM 6GB yang bisa jadi komputer? check this out!

Jika sekarang orang-orang ramai membicarakan smartphone seperti Google Nexus 5X dan Nexus 6P. Secara diam-diam ternyata ada sebuah perusahaan startup asal Swedia yang sudah 3 tahun mengembangkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang bisa dikatakan sebagai spesifikasi “monster”.

Jika ada yang bertanya-tanya tentang kenapa informasi ini baru Anda ketahui. Hal ini dikarenakan pengembang smartphone itu sendiri baru saja memulai campaign atau pengumpulan dananya di sebuah situs fundraiser bernama indiegogo dimulai dari 19 jam yang lalu dari artikel ini dibuat, dimana banyak perusahaan startup sukses mewujudkan visi dan misi dari perusahaan tersebut berkat dukungan dari berbagai investor di seluruh dunia yang tertarik tentang produk perusahaan tersebut.

Nama smartphone berspesifikasi gahar yang dikembangkan di Swedia ini bernama Symetium.

 

Smartphone Symetium?

Menurut pernyataan dari para pengembangnya, Symetium adalah sebuah smartphone yang berbeda dari smartphone pada umumnya. Alasannya, karena smartphone Symetium adalah sebuah kolaborasi atau perpaduan antara inovasi dan teknologi dari sebuah komputer dengan smartphone.

Sehingga, jika pada umumnya smartphone adalah smartphone dan komputer adalah komputer; pada gadget yang satu ini smartphone adalah komputer, dan komputer adalah smartphone. Dengan kata lain, smartphone ini dapat dijadikan sebuah PC.

Sebenarnya dulu pernah ada Canonical, dengan salah satu produknya yaitu Ubuntu, pernah mencoba untuk membuat sebuah smartphone yang sama dengan apa yang ingin dibuat oleh pengembang asal Swedia ini.

Yang membedakannya, smartphone Symetium dibuat seluruhnya berdasar pada sistem operasi Android, sedangkan smartphone yang pernah dibuat oleh Canonical sistem operasinya berdasar pada Ubuntu. Dengan jumlah investasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan apa yang diminta oleh Canonical, Symetium sepertinya sangat berambisi untuk menjadikan produk smartphonenya menjadi kenyataan.

 

konsep “Smartphone = PC”

Ide dibalik pengembangan sebuah smartphone yang juga merupakan sebuah PC ini berasal dari sebuah pemikiran bahwa smartphone itu harusnya bekerja seperti PC, sehingga dengan keunggulan di portabilitasnya, smartphone juga menyediakan tingkat produktivitas yang tinggi bagi para penggunanya.

Dan langkah pertama yang ingin diraih oleh Symetium adalah dengan menjadikan sebuah smartphone mampu untuk terhubung ke satu atau banyak layar monitor sekaligus.

UI atau tampilan antarmuka dari smartphone ini tidak akan muncul di layar monitor yang terhubung. Namun, yang akan muncul pada monitor yang terhubung adalah sebuah tampilan baru yang dioptimasi untuk monitor tersebut. Sehingga pengguna smartphone juga masih dapat menggunakan smartphone tersebut tanpa ada gangguan.

Dalam mode PC, Symetium juga dapat berubah menjadi sebuah kombinasi keyboard dan mouse yang dapat dijadikan alternatif jika pemilik smartphone Symetium tidak memiliki mouse dan keyboard.

 

Jonathan Gustaffon, yang juga Founder dari perusahaan tersebut menyatakan:

“Dengan Symetium, Saya ingin mengungguli sistem operasi yang ada pada smartphone-smartphone pada umumnya dan menggabungkan sistem operasi pada smartphone dan PC menjadi satu. Sudah saatnya, bagi smartphone berhenti menjadi smartphone yang sejak beberapa tahun ke belakang seperti itu-itu saja.”

 

Spesifikasi

Symetium, Smartphone PC Dengan RAM 6GB

• Desain

Untuk bentuk, dan ukurannya, smartphone ini dikabarkan memiliki panjang 130mm, lebar 63mm dan ketebalan 6mm dengan berat sekitar 150 gram.

 

• Sistem Operasi

Perangkat smartphone Symetium akan berjalan dengan menggunakan sistem android terbaru 6.0 atau yang mungkin bagi sebagian orang dikenal dengan nama Marshmallow yang tentunya sudah dikostumisasi atau disesuaikan untuk Symetium.

 

• Prosesor / CPU

CPU untuk smartphone ini sendiri akan menggunakan sebuah prosesor high-end dari Qualcomm Snapdragon yaitu Snapdragon 820.

 

• RAM / Memory

Dan jika belakangan ini orang-orang ramai membicarakan tentang smartphone dengan RAM 5GB. Tidak tanggung-tanggung, smartphone Symetium akan menggunakan RAM sebesar 6GB.

 

• Memori Internal

Untuk memori internalnya sendiri, demi memenuhi permintaan para konsumen yang jika dilihat di internet adalah komplain atau keluhan tentang kurangnya memori internal pada smartphone-smartphone zaman sekarang. Symetium juga akan menawarkan ruang penyimpanan pada smartphone buatannya sebanyak, bukan 128GB lagi tapi 256GB.

Tentunya model-model yang akan ditawarkan tidak hanya 256GB saja, tetapi ada 64GB dan 128GB dimana harganya sudah dipastikan lebih murah dibandingkan versinya yang 256GB.

 

• Layar

Symetium, Smartphone PC Dengan RAM 6GB

Pada awalnya, penulis juga berpikir layarnya biasa-biasa saja karena hanya menggunakan sebuah layar OLED dengan resolusi 1080p (full HD). Namun ketika penulis membaca lebih jauh lagi, pada layar smartphone ini juga telah disematkan sebuah teknologi bernama Wireless Screen Adapter dimana proses docking ke monitor lain dapat dilakukan secara nirkabel / wireless.

 

• Kamera

Fitur favorit photography addicts juga tersedia pada smartphone ini. Dengan kamera belakangnya yang mencapai 24 Megapixel, para pengguna smartphone ini dapat mengambil sebuah gambar mendetil dengan hasilnya yang dapat di zoom berkali-kali lipat.

Untuk kamera depannya sendiri, smartphone ini hanya menanamkan kamera berukuran 5 megapixel. Kenapa ya tidak mengikuti tren atau selangkah lebih maju dari tren yang ada? Apakah agar orang-orang berhenti selfie?

 

• Baterai dan Konektivitas

Smartphone Symetium, menggunakan baterai 4000 mAh sebagai penyangga hidupnya. Dan menurut para pengembangnya, dengan baterai dengan kapasitas sebesar itu, Symetium dikatakan dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari, namun tanpa adanya informasi dengan pemakaian seperti apa.

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan bluetooth terbaru yaitu bluetooth 4.0 LE, Wifi A/B/G/N/AC dan jaringan LTE. Selain itu, Smartphone ini juga dapat bekerja di hampir semua jaringan GSM dan WCDMA.

Symetium, Smartphone PC Dengan RAM 6GB

 

Kesimpulan

Smartphone Symetium yang sudah dikembangkan selama 3 tahun namun belum terwujud secara nyata di pasaran adalah sebuah inovasi yang jika terwujud akan menjadi sebuah angin baru di dunia smartphone.

Dengan anggapan bahwa proyek ini berhasil dilaksanakan, smartphone Symetium akan dilepas di pasaran dengan harga berkisar antara 699 dollar hingga 999 dollar.  Untuk pemasarannya sendiri akan dimulai pada bulan Juli 2016.

Bagi mereka yang berniat menjadi investor dari proyek startup ini, bisa langsung mengunjugi halaman fundraiser-nya di situs indiegogo dengan mengklik link berikut ini Fundraiser Symetium Smartphone. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel