5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

25 Jun 2015 15:30 3094 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fotografi stok gratis bisa digunakan untuk keperluan media cetak maupun elektronik. 

Foto-foto Gratis-Desainer web, blogger, dan penulis media daring, adalah orang-orang yang sering bergaul dengan fotografi stok. Mereka membutuhkan banyak fotografi stok sebagai bahan ilustrasi atau gambar dalam karya desain atau karya tulis yang mereka susun. Fotografi stok ini sayangnya seringkali dijajakan di situs web dengan harga yang tidak murah. Namun begitu, lima situs fotografi ini bersedia berbagi fotografi stok dengan Anda.

Dalam dunia media elektronik khususnya, desain web adalah salah satu bidang yang banyak membutuhkan fotografi stok. Oleh karena itu, seorang web designer harus punya banyak tabungan fotografi stok, atau setidaknya tahu di mana tempat mendapatkannya. Selain web designer, blogger dan penulis media daring juga perlu fotografi stok.

Kendala mendapatkan fotografi stok antara lain karena orang yang membutuhkan tidak memiliki kamera (yang layak) atau keterampilan fotografi yang baik. Untuk mengatasi kendala ini, banyak situs yang menawarkan karya-karya fotografi stoknya. Namun begitu, kebanyakan dari situs tersebut menagih sejumlah uang sebagai pengganti royalti jika foto mereka diambil.

Nah, adakah situs yang mau membagi koleksi fotografi stoknya tanpa bayar ini-itu, alias gratis? Ada! Dan jangan khawatir, gratis bukan berarti karya mereka berkualitas murahan; justru sebaliknya. Berikut ini adalah lima situs sumber fotografi stok gratisan dengan kualitas keren!

 

Stocksnap.io

5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

Stocksnap adalah salah satu perhentian pertama kebanyakan desainer. Baik untuk proyek desain dalam media elektronik maupun cetak para desainer bisa mencari berbagai macam fotografi stok di sini.

 Situs ini juga menyediakan kotak pencarian agar pencarian foto dengan tema atau objek tertentu lebih mudah. Kualitas foto stok di sini termasuk tinggi, namun jangan khawatir karena foto-foto ini bisa Anda gunakan sesuka hati tanpa perlu membayar royalti.

 

Unsplash

Selain Stocksnap, Unsplash juga salah satu sumber foto stok dengan koleksi yang banyak. Enam kategori utama yang ada pada pencarian Unsplash adalah Building, Food & Drink, Nature, Object, People, dan Technology. Namun begitu, Anda tetap bisa mencari dengan kata kunci yang lebih spesifik di kotak pencarian.

5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

Anda juga bisa men-subscribe layanan Unsplash. Dengan berlangganan, Anda akan mendapatkan kiriman 10 foto setiap 10 hari.

Sebagai situs berbagi foto stok gratis, Anda juga bisa berkontribusi menyumbangkan foto karya Anda ke Unsplash dengan mengeklik tautan “Submit a Photo”. Tapi sebelumnya, jangan lupa daftar dulu ya!

 

Picjumbo

Antarmuka situs Picjumbo membagi karya fotografi stok koleksinya menjadi beberapa kategori. Selain kategori, juga terdapat pencarian berdasarkan tag populer. Namun demikian, untuk pencarian yang lebih spesifik bisa melalui kotak pencarian. 

5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

Selain menawarkan koleksi karya fotografinya secara gratis, Picjumbo juga menawarkan pengunjungnya keanggotaan berbayar. Keanggotaan ini disebut Premium Membership. Dengan membayar $6 per bulan, Premium Member akan mendapatkan kumpulan (pack) foto langsung dari Picjumbo ke inbox email yang didaftarkan. Selain ke email, foto-foto tersebut juga dapat dialihkan ke akun Dropbox. Jumlah foto yang didapatkan bervariasi, mulai dari setidaknya 30 foto per pack atau 100.

 

Pixabay

Pixabay adalah situs koleksi fotografi stok dengan konsep mesin pencari. Oleh karena mengutamakan fitur pencarian, Pixabay memiliki fitur mesin pencari yang cukup lengkap.

5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

Bukan hanya mencari dengan modal kata kunci, hasil pencarian di Pixabay dapat disaring dengan menggunakan pilihan orientasi (portrait atau landscape), foto, ilustrasi, atau vektor, atau warna yang dominan.

Setiap foto di situs Pixabay memiliki deskripsi lengkap tentang fotografer dan informasi pengambilan gambar (EXIF data). Kebanyakan foto stok di Pixabay dapat diunduh dalam tiga atau empat pilihan ukuran: S, M, L, atau XL.

 

New Old Stock

New Old Stock adalah situs yang mengumpulkan foto-foto lama kemudian dirilis kembali dengan lisensi publik. Artinya, Anda dapat menggunakan foto-foto dari situs ini sebagai bahan untuk proyek desain Anda secara gratis.

5 Situs Fotografi Stok Gratis dengan Karya-Karya Indah

Yang unik dari New Old Stock adalah foto-foto yang dikoleksinya adalah kumpulan foto-foto lama. Ada yang berasal dari tahun ‘80-an, ’70-an, bahkan ’50-an dan sebelumnya. Oleh karena itu, kebanyakan foto yang dikoleksi di sini adalah foto hitam putih. Wajar, setengah abad lalu masih jarang kamera dengan film berwarna. Namun begitu, foto hitam putih selalu punya nuansa dan cita rasa tersendiri. New Old Stock cocok untuk mereka yang membutuhkan fotografi stok dengan tema vintage, retro, atau klasik.

Demikianlah informasi tentang situs fotografi stok dengan karya-karya indah. Semoga membantu untuk Anda yang memang mencari foto gratis [SN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel