Cara Desain Web Dengan Sistem Manajemen Konten joomla!

16 Apr 2013 11:15 6418 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda berencana membuat situs sendiri? Ada banyak sekali Sistem Manajemen Konten yang dapat membantu mewujudkan keinginan Anda. Beberapa program tersebut yang populer diantaranya adalah Drupal, Wordpress, Moodle atau Blogger. Semua program tersebut memiliki fitur dan keunggulan sendiri-sendiri, lagipula semua dapat dipakai secara gratis dan mudah.

Silahkan Anda menggunakan Sistem Manajemen Konten sesuai kebutuhan. Namun apakah Anda sudah mencoba menggunakan SMK bernama Joomla!? Beberapa orang yang sering membuat atau mendesain situs web tampaknya tidak asing lagi dengan Joomla!. Joomla! merupakan Sistem manajemen konten (SMK) atau biasa disebut Content Management System (CMS) yang dapat dipakai secara bebas dan terbuka (free opensource). Joomla! ditulis dengan menggunakan sistem PHP dan basisdataMySQL untuk keperluan di internet . Banyak orang menyebut Joomla! sebagai SMK yang multiguna, karena selain untuk kebutuhan intranet, Anda juga bisa menggunakan untuk keperluan intranet. Intranet merupakan jaringan privat atau pribadi (private network) yang memanfaatkan protokol-protokol Internet (TCP/IP). Jaringan ini biasanya digunakan untuk membagi informasi dan berbagai data-data rahasia milik perusahaan atau operasi dalam perusahaan kepada karyawannya dan orang-orang terkait.

Sebelum membahas fitur dan keunggulannya lebih jauh, tahukah Anda bahwa asal kata Joomla ternyata berasal dari kata Swahili yakni jumla yang berarti "kebersamaan". Sistem Manajemen Konten ini pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Ada beberapa fitur-fitur unggulan dari Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, blogs, RSS, poling, dan lain-lain. Joomla! menggunakan lisensi GPL (General Public License) sehingga program ini menjadi perangkat lunak bebas dan dengan sumber terbuka.

Namun sebenarnya Joomla! versi awal yaitu 1.0.0 diluncurkan pada tanggal 17 September 2005, merupakan versi alias dari perangkat lunak Mambo 4.5.2.3. Program tersebut awalnya dibuat oleh pengembang Inti Mambo sampai bulan Agustus 2005 tim pembuatnya hengkang dari proyek Mambo. Pemimpin pengembangnya saat itu adalah Andrew Eddie yang lebih dikenal dengan nama sebutan "MasterChief". Sang "MasterChief” menulis sebuah surat terbuka pada lingkup komunitas dan kemudian diumumkan pada forum mamboserver.com. Setelah itu tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk melakukan distribusi informasi kepada para pengguna, pengembang, desainer web serta komunitas lain. Akhirnya tim pengembangnya diberi nama The Joomla Project Team.

Secara umum, Sistem Manajemen Konten Joomla! terdiri dari 3 elemen yang menjadi dasarnya, yakni server web (webserver), basisdata MySQL dan skrip PHP. Server web dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat lunak dengan Internet maupun Intranet yang berguna sebagai penyedia layanan pembuatan situs. Pada skrip PHP terdiri dari kode-kode program dengan bahasa PHP, sedangkan basisdata menjadi tempat penyimpanan konten. Selain itu, Joomla! juga menggunakan server HTTP Apache sebagai server web serta MySQL untuk basisdatanya. Server Apache dikenal sebagai server web yang dapat dijalankan pada berbagai sistem oprasi, baik Microsoft Windows, Linux, Unix, BSD dan lain-lain.

Seperti kebanyakan Sistem Manajemen Konten, Joomla! juga menyediakan template, yakni ekstensi Joomla multifaset yang dapat membantu untuk mendesain halaman website, mengatur tata letak dan memodifikasi struktur dari sebuah website. Cara kerjanya, SMK sendiri mengelola konten, sedangkan template mengelola tampilan dari elemen konten serta desain keseluruhan dari website berbasis Joomla!. Template milik Joomla! ini dirancang untuk memungkinkan penggunanya melakukan kustomisasi dan mengubah penempatan konten atau bahkan menempatkan menu utama di sisi kanan atau kiri layar. Ada banyak ekstensi template Joomla! yang tersedia secara gratis, meski ada juga yang berbayar.

Berikut ini adalah beberapa template utama Joomla!:

  • Layout : salah satu fitur template yang menjadi tempat di mana desain tata letak utama sebuah situs dapat diatur. Fitur Layout juga termasuk untuk menempatkan unsur-unsur yang berbeda seperti komponen, modul, dan plug-in.

  • Images and effects : dengan fitur ini Anda dapat menempatkan gambar pada halaman dengan efek-efek tambahan.

  • Color Scheme : dengan menggunakan sistem CSS untuk desain template, pengguna Joomla! dapat mengubah warna background website, teks, link dan lain-lain selama masih bisa menggunakan (X) kode HTML.

  • Font : fitur ini untuk menambahkan berbagai jenis tulisan untuk kemudian ditempatkan pada halaman website.

Anda dapat mengunduh Joomla! secara gratis pada situs resmi penyedianya di sini.

Didalamnya tersedia Joomla! versi 3.0 dan 2.5, dengan ukuran file hanya sebesar 7 MB (terkompres), namun saat diinstal ukuran file membesar menjadi 20 MB. Untuk perlengkapan ekstensi Anda dapat mencarinya di sini.

[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel