5 Aktivitas Ketika Bangun Tidur pada Jam 3 Pagi

3 Jun 2015 17:00 15268 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hal-hal yang bisa  kamu lakukan jika seandainya kamu bangun menjelang malam berakhir atau pukul 3 pagi. 

Pernah terpikirkan ketika suatu hari kamu bangun pada pagi hari, apa yang akan kamu lakukan? . Bukan pagi menjelang subuh atau pagi menjelang matahari terbit dari arah timur. Pagi yang dimaksud adalah  pukul 3 atau pukul 2 pagi

Apa yang kamu lakukan jika seandainya kamu bangun menjelang malam berakhir tersebut? Mungkin ketika Ramadhan tiba, pada jam-jam itu, kamu akan makan atau memasak untuk sahur. Tidak perlu takut gemuk untuk makan pada pagi hari seperti itu. Toh, Patcik Star (tokoh kartun dalam serial Spongebob Squarepants) saja makan Krabby Patty pada pagi hari. Tapi artikel kali ini tidak akan membicarakan makanan atau Spongebob. Yang akan kita bicarakan adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu terbangun pada pukul 2 atau 3 pagi. 

Apa yang memang pantas dilakukan pada waktu tersebut? Bukankah mata masih mengantuk?  Jika kamu masih mengatuk, yah tidur lagi tidak ada salahnya. Tapi lain cerita jika kamu tidak bisa tidur lagi. Kamu tidak usah khawatir, gelisah, apalagi ketakutan. Ada lima  cara agar kegiatan dini hari kamu lebih berarti. Berikut cara-caranya. 


1. Beribadah atau Berdoa

Berdoa pada pagi hari tidak ada salahnya. Untuk yang muslim, dini hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan salat malam atau Tahajud. Pada jam sekitaran 2 atau 3 pagi,  salat malam bisa menjadi aktivitas yang berarti dan lebih bermakna. Pada jam ini juga, kamu bisa berdoa memohon diri pada yang kuasa untuk mendapatkan suatu petunjuk atau untuk bersyukur karena sesuatu hal.


2. Belajar 

Ada orang yang bisa belajar dalam keadaan apapun tetapi tidak sedikit yang lebih senang dan fokus belajar saat keadaan hening. Orang-orang semacam ini biasanya lebih senang belajar ketika orang lain tidak mengganggunya. Nah, jika kamu membutuhkan waktu untuk belajar dalam keadaan yang hening, maka waktu-waktu menjelang subuh adalah waktu yang terbaik untuk belajar. Agar tidak mengantuk, kamu bisa tidur lebih cepat (misalnya pukul 8 malam) dan kemudian bangun pada pukul tiga pagi. Pada jam-jam ini, waktu belajarmu akan lebih fokus dan mungkin bisa lebih masuk ke otak. 


3. Mengevaluasi Diri 

Waktu menjelang subuh juga bisa jadi waktu yang tepat untuk kamu mengevaluasi diri kamu. Misalnya, jika kamu menemukan kegagalan dalam hidup, kamu tidak perlu menyalahkan orang lain. Cobalah untuk mengevaluasi diri sendiri. Apa yang kurang dari dirimu? Kamu mungkin tidak bisa mengubah dirimu sendiri tetapi setidaknya kamu bisa mengubah atau mengurangi kegiatan atau sifat yang menggangu jalur sukses dan jalur hidupmu. Cara mengevaluasi dirinya pun bisa berbagai macam. Kamu bisa menggunakan lilin dan menatap lilin tersebut untuk mengingat hal-hal yang telah kamu capai dan belum kamu capai. Tentunya kamu juga bisa mengevaluasi dengan cara lain. Misalnya, dengan caa diam dan merenung penuh makna tetapi pikiran tidak dalam keadaan kosong. 


4. Mengerjakan Tugas yang Berat 

Jika kamu punya tugas yang berat di kantor ataupun di tempat kamu belajar, waktu menjelang subuh adalah waktu yang tepat. Pasalnya, tugas berat lebih menyita fokus dan perhatian kamu. Waktu malam bisa jadi kurang cocok untuk mengerjakan hal seperti ini karena kamu kelelahan setelah seharian beraktivitas. Untuk itulah, waktu sekitaran jam 3 pagi bisa jadi waktu yang cocok untuk kamu mengerjakan berbagai tugas yang bisa dilakukan di rumah. 


5. Berolahraga Ringan 

Kalau aktivitas yang satu ini mungkin bisa kamu lakukan pada sekitaran pukul 3-an. Kamu yang tidak sempat berolahraga karena aktivitas kantor yang mengharuskanmu berangkat pagi, maka waktu dini hari ini bisa jadi solusi buat kamu. Kamu yang sedang program diet juga bisa melakukan olahraga pada pagi hari. Lakukanlah olahraga ringan agar tubuh tidak kaku setelah tidur berjam-jam. Olahraga yang ringan pada pagi hari tentu saja bisa meregangkan otot tubuhmu agar tidak kaku. 


Nah, itulah lima aktivitas yang bisa kamu lakukan pada pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama untuk kamu yang sering bangun pagi dan bingung akan berbuat apa. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel