5 Alasan Pentingnya Sarapan di Pagi Hari

28 May 2015 21:00 5488 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pentingnya sarapan di pagi hari untuk membantu tubuh tetap prima dan menjaga berat badan

Pentingnya Sarapan di pagi hari bukan hanya karena suatu kewajiban untuk mengisi perut saja. Bagi tubuh yang terus berkembang dan berganti sel, mengisi perut dengan makanan merupakan salah satu proses untuk terus tumbuh, membentuk tulang dan menjaga tubuh dalam keadaan prima. Tubuh melakukannya dengan menggunakan nutrisi yang masuk dalam tubuh, terutama ketika asupan datang saat pagi hari.

Saat pagi hari itulah, tubuh memang membutuhkan nutrisi penting setelah tidur panjang. Pasalnya, setelah tidur panjang, protein, vitamin, mineral, dan energi dalam tubuh terus berkurang. Karena itulah, tubuh perlu diisi kembali dengan sarapan. Jika alasan ini kurang, Anda perlu tahun lima alasan yang membuat sarapan tidak boleh dilewatkan.

 

1. Berpotensi Gemuk

Melewatkan sarapan ternyata bisa membuat tubuh menjadi melar. Pasalnya, bagi beberapa orang, ketika sarapan terlewat, maka saat siangnya, orang tesebut akan memiliki kebiasaan makan siang yang lebih banyak. Jika Anda melakukan hal itu, maka Anda perlu membatasi makanan dan asupan Anda pada siang hari. Caranya, tentu dengan sarapan yang cukup pada pagi hari, siang, dan sore hari. Saat malam, barulah Anda tidak melirik makanan.

 

2. Sebagai Penyeimbang

Protein umumnya didapatkan saat tubuh menerima asupan pada siang dan malam hari. Sayangnya, protein ini sering terbuang ketika tubuh mengistarahatkan badannya. Karena itu, untuk menyeimbangkannya, Anda perlu sarapan yang mengandung protein. Telur, susu, dan keju bisa jadi pilihan protein yang baik pada pagi hari dan akan membuat tubuh terasa kenyanag dalam waktu lama.

 

3. Memenuhi Nutrisi dalam Tubuh

Nutrisi sangat penting dalam tubuh. Lewat sarapan dengan susu, buah, telur, dan sayuran akan cukup memenuhi nutrisi dalam tubuh. Jika Anda melewatkan sarapan dengan asupan tersebut¸ ada kecenderungan Anda akan kekurangan kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan zinc, vitamin A, E, B6, C, dan folat.

 

4. Mengontrol gula darah

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa jika Anda melewatkan sarapan, maka gula darah Anda akn tinggi. Hal yang sama berlaku untuk kolestrol. Pasalnya, Anda akan makan lebih banyak sepanjang hari ketika Anda melewatkan sarapan. Hal tersebut akan memicu gula darah semakin meningkat.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa wanita sehat dan ramping yang melewati sarapan, gula darah puasa mereka lebih tinggi. Begitu juga dengan kolesterolnya. Melewatkan sarapan menyebabkan wanita makan lebih banyak sepanjang hari daripada wanita lainnya yang sarapan.

 

5. Tidak sarapan bukan berarti gemuk

Ada anggapan bahwa melewatkan sarapan akan membantu Anda untuk merampingkan badan. Penelitian ini ada benarnya selama Anda masih bisa mengendalikan makanan. Tapi, nyatanya, banyak orang yang melewatkan sarapan malah justru rakus pada waktu yang lain. Jadi, tetap berpotensi gemuk. Yang paling penting adalah sarapan yang baik dan mengendalikan makanan pada saatnya nanti.


Nah, itulah beberap alasan mengapa sarapan sangat penting. Mungkin bagi beberapa orang, artikel ini tidak akan terlalu berpengaruh tetapi bagi sebagin lain, terutama program diet dengan sarapan akan sangat penting. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel