Belajar Cepat Bahasa Inggris dengan Aplikasi Listen & Speak di Android

16 Dec 2012 17:00 7434 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam era globalisasi ini, kemampuan untuk dapat berbicara lebih dari satu bahasa merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Apapun bahasa kedua yang Anda miliki, baik itu Inggris, Jerman, Jepang, Arab, Korea, atau bahasa lainnya, hal tersebut merupakan suatu kelebihan yang akan sangat berguna untuk Anda.

Dalam era globalisasi ini, kemampuan untuk dapat berbicara lebih dari satu bahasa merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Apapun bahasa kedua yang Anda miliki, baik itu Inggris, Jerman, Jepang, Arab, Korea, atau bahasa lainnya, hal tersebut merupakan suatu kelebihan yang akan sangat berguna untuk Anda. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat diri Anda menjadi lebih cerdas karena secara tidak langsung Anda juga sedang mempelajari budaya dari Negara lain.

Salah satu bahasa yang mungkin sudah menjadi kewajiban untuk dikuasai oleh setiap orang adalah bahasa Inggris. Karena hampir setiap orang sudah diajarkan bahasa Inggris semenjak duduk di bangku sekolah dasar. Terdapat dua elemen penting yang harus Anda kuasai ketika sedang mempelajari bahasa Inggris, yaitu susunan katanya serta cara pengucapannya.

Mempelajari susunan kata pada bahasa tidaklah terlalu sulit karena semenjak dini kita sudah diberikan pelajaran tersebut. Namun hal tersulit yang akan Anda alami adalah ketika Anda harus menguasai kemampuan mendengarkan dan berbicara dalam bahasa tersebut. Untuk menguasai dua kemampuan tersebut tentu Anda harus sering berlatih dengan berbicara secara langsung kapada seorang native speaker. Namun menemukan seorang native speaker tentu bukanlah perkara yang mudah karena jarang sekali kita menemukan seorang native speaker.

Namun sekarang hal tersebut bukanlah menjadi masalah lagi. Pasalnya ada sebuah aplikasi Android yang akan membantu Anda untuk dapat berlatih berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Aplikasi tersebut bernama Listen & Speak. Listen & Speak merupakan aplikasi besutan 9spikes yang akan membantu Anda untuk belajar cepat bahasa Inggris terutama pada hal pronunciation atau pengucapan. Selain itu aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam memahamai pengucapan kalimat dalam bahasa Inggris serta membantu Anda dalam menyusun kalimat. Salah satu keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memberikan pengajaran yang sangat interaktif, jauh berbeda dengan beberapa aplikasi sejenis yang cenderung pasif.

Ketika Anda membuka Listen & Speak, aplikasi ini akan langsung memunculkan sebuah frasa atau kalimat yang akan Anda pelajari cara pengucapannya. Terdapat dua tombol pada sebelah kiri bawah layar, yaitu tombol listen dan speak. Tombol listen berfungsi untuk mendengarkan bagaimana cara mengucapkan kalimatnya, sementara tombol speak berfungsi untuk merekam pengucapan Anda.

Untuk memulai latihan, pertama-tama Anda harus menekan tombol listen untuk mendengarkan bagaimana kalimat tersebut diucapkan secara benar. Kemudian setelah itu Anda dapat menekan tombol speak untuk mulai merekam pengucapan yang Anda lakukan. Ketika Anda sudah selesai merekam, aplikasi ini akan memutar kembali cara pengucapan kalimat tersebut kemudian diikutin dengan rekaman pengucapan yang telah Anda lakukan. Setelah itu aplikasi Listen & Speak ini akan mengkalkulasi seberapa bagus pengucapan yang Anda lakukan. Aplikasi ini kemudian akan memberikan penilaian untuk pengucapan Anda dari mulai 0,1 sampai 1.0. Jika Anda mendapatkan nilai sebesar 1.0 maka berarti ucapan yang Anda lakukan sudah sempurna.

Selain itu jika Anda melakukan kesalahan dalam pengucapan, maka aplikasi ini akan memberitahukan kepada Anda dimana letak kesalahan tersebut. Sehingga, Anda dapat memperbaiki kesalahan Anda pada latihan berikutnya sehingga Anda bisa mendapatkan skor maksimal untuk pengucapan Anda.

Terdapat berbagai macam jenis kalimat yang dapat Anda gunakan untuk latihan yang disebut themes. Setiap theme tersebut mengusung kalimat-kalimat yang sejenis, seperti ucapan selamat datang, ucapan selamat tidur, dan lainnya. Anda juga dapat menguduh theme tersebut secara online.

Jika Anda merasa terdapat sedikit masalah pada aplikasi ini, Anda bisa mencoba untuk merubah berbagai setingan untuk membuatnya menjadi lebih baik yang dapat Anda lakukan pada menu setting. Beberapa hal yang bisa Anda modifikasi diantaranya adalah bahasa ibu (native language) Anda, cara penerjemahan apa yang Anda inginkan, speech engine apa yang ingin Anda gunakan, speaker apa yang Anda gunakan, dan lain sebagainya. Berbagai setingan tersebut sudah sangat mumpuni untuk membuat Anda merasa nyaman dengan aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini juga mendukung beberapa bahasa lain selain bahasa Inggris, diantaranya adalah bahasa Spanyol dan Prancis. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. (GAN)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel