Cara Merawat PlayStation 2 Supaya Tetap Terawat dan Awet

23 Aug 2013 15:30 80118 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Meskipun sudah ada PlayStation 3 dan Xbox 360, namun nyatanya di Indonesia PlayStation 2 masih menjadi konsol terlaris dan paling banyak penggunanya. Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui bagaimana tips merawat PlayStation 2 dengan baik. Padahal hal ini ini tentu saja penting untuk menjaga keawetan konsol.

Meskipun sudah ada PlayStation 3 dan Xbox 360, namun nyatanya di Indonesia PlayStation 2 masih menjadi konsol terlaris dan paling banyak penggunanya. Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui bagaimana cara merawat PlayStation 2 dengan baik. Padahal hal ini ini tentu saja penting untuk menjaga keawetan konsol.

Dalam artikel kali ini, plimbi akan memberi tips dan cara merawat PlayStation 2 yang meliputi seluruh komponennya, mulai dari body konsol, optik, stick, media disc, Harddisk dan lain-lain. Tips ini agaknya sangat berguna sekali bagi Anda yang memiliki rentalan PlayStation 2 dimana konsol Anda akan dimainkan oleh banyak orang. Dan harus kami katakan bahwa perawatan PlayStation 2 milik pribadi akan jauh lebih mudah karena tidak banyak orang yang akan merusak konsol Anda.

Berikut ini tips-tipsnya:                         

- Seringkali untuk kemudahannya, pemilik PlayStation 2 meletakan konsolnya tersebut tepat dibagian bawah televisi. Tidak salah memang, namun alangkah lebih baiknya apabila PS 2 Anda diletakan dalam lemari khusus agar saat tidak dimainkan bisa terlindungi. Atau bisa juga televisi dan PS 2 diletakan pada lemari kaca buka-tutup yang sama. Karena  bagaimana pun juga, barang-barang elektronik seperti PS 2 sangat sensitif terhadap debu dan kotoran. Lagipula barang yang kotor dirasa sangat tidak enak dipandang. Jika sudah terlanjur kotor dan berdebu, bersihkan pada bagian Mainboard yang terutama. Kekotoran pada komponen dalam bisa membuat konsol cepat mengalami Overheat, terutama pada prosesor. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kipas prosesor. Untuk membersihkan optik bisa menggunakan CD Lens Cleaner yang bisa dibeli di toko-toko game dan toko komputer.

- Usahakan jangan terlalu lama bermain PS 2. Untuk PS 2 versi ukuran slim, batasan waktu yang normal penggunaannya adalah 6 jam. Sedangkan untuk PS 2 versi ukuran fat maksimal hanya sampai 9 jam. Apabila memang PS 2 Anda tersedia untuk rentalan, pastikan setelah melewati batasan jam, konsol Anda dimatikan untuk pendinginan selama kurang lebih 1 jam.

- Jangan terlalu sering memencet tombol reset pada PS 2. Gunakan tombol tersebut seperlunya saja. Apabila terlalu sering memencet reset, nantinya akan mengakibatkan kinerja komponen tidak stabil dan bisa jadi melemahkan fungsi optik serta membuat kerja mesin tidak maksimal. Tips untuk menggunakan fitur reset ini, usahakan PS 2 sudah mati atau sampai lampu merahnya hidup. Kemudian dihidupkan lagi, karena jika dilakukan pemencetan reset sekali tekan nantinya akan membuat komponen aktif dalam PS 2 terkejut. Selain itu, pastikan juga Anda mereset dalam keadaan game sudah di Pause memanfaatkan tombol Start pada stick.

- Hati-hati dengan stick Anda, jangan sampai terjatuh, terbentur atau menarik colokan dari body PS dengan kabel. Hal tersebut bisa membuat keratakan dan kerusakan pada komponen dalam stick. Lebih parahnya, akan membuat tombol-tombol rusak, tidak maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Selain itu, saat selesai bermain usahakan kabel stick jangan digulung karena bisa memutuskan kabel tembaga didalamnya.

 

Baca juga :

                   Penghentian Penjualan PlayStation 2 ke Jepang

                   Inilah Perintah Lengkap dari Google Now

 

- Anda pastinya sudah mendengar bahwa kaset CD/DVD game yang rusak dan baret hanya akan merusak konsol game pemutarnya. Begitu pula dengan PS 2. Media disc yang rusak dan baret akan membuat optik PS menjadi lemah karena terlalu dipaksa membaca isi disc. Hati-hati pula saat membeli kaset PS 2 baru yang bajakan. Jangan beli kaset yang tembus pandang, berkeping putih serta sudah tergores.

- Untuk PlayStation 2 versi Harddisk sebagai media distribusinya, tampaknya juga tidak akan luput dari kerusakan. Meskipun PS 2 Harddisk lebih awet dibandingkan PS 2 optik, namun jika dipakai terus menerus setiap hari lama-kelamaan bisa saja rusak. Tetapi bukan berarti tidak ada solusi untuk perawatan Harddisk. Ada banyak cara untuk merawat keawetan Harddisk, diantaranya adalah dengan memperhatikan suhu saat digunakan. Gunakan alat pendingin seperti kipas angin atau lebih baik lagi dengan AC untuk menghindari Overheating. Harddisk cepat mengalami panas karena disk didalamnya akan berputar lebih cepat serta memerlukan tenaga yang cukup tinggi sehingga membuat suhunya menjadi panas. Waktu yang cukup untuk tidak membuat Harddisk PS 2 mengalami Overheat adalah 2-3 jam. Berbeda dengan Harddisk PC yang mampu bertahan sampai 10 jam.

- Usahakan jangan terlalu sering men-delete, mengopy kembali dan menginstal game. lakukan seperlunya saja, karena jika terlalu sering proses tersebut bisa mengakibatkan bad sector pada Harddisk.

Demikian beberapa tips merawat PlayStation 2, dan semoga konsol kesayangan Anda dapat terhindar dar kerusakan. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel