Tips Cara Melakukan Pembelian Aplikasi Android Berbayar

7 Nov 2012 14:30 19929 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Para pengguna Android mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Google Play Store karena situs yang satu ini merupakan situs resmi bagi smartphone/ tablet berOS Android untuk mendapatkan beragam aplikasi yang mana aplikasinya dapat didapatkan dengan dua cara: gratis atau berbayar. Untuk aplikasi gratisannya sendiri mungkin yang paling diminati untuk diunduh oleh pengguna Android karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya.

Para pengguna Android mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Google Play Store karena situs yang satu ini merupakan situs resmi bagi smartphone/ tablet berOS Android untuk mendapatkan beragam aplikasi yang mana aplikasinya dapat didapatkan dengan dua cara: gratis atau berbayar. Untuk aplikasi gratisannya sendiri mungkin yang paling diminati untuk diunduh oleh pengguna Android karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya.

Namun terkadang Kita membutuhkan aplikasi-aplikasi yang cukup essential seperti document converter yang ternyata tidak tersedia versi gratisannya dan mau tidak mau harus membelinya jika tidak ada alternative aplikasi sejenis. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana membeli aplikasi Android berbayar berikut cara-cara yang dapat digunakan langkah-langkahnya.

Membayar Lewat Kartu Kredit

Membeli aplikasi Android melalui kartu kredit merupakan cara klasik yang umum digunakan untuk pembelian secara online dan Google Play Store juga masih menerapkan system pembayaran yang satu ini. Kartu kredit yang bisa digunakan haruslah yang memiliki logo visa, Master Card, American Express atau Discover, perlu diingat bahwa kartu ATM walaupun memiliki logo Visa atau Master Card tetap tidak bisa digunakan untuk membeli aplikasi berbayar karena system penggunaannya yang berbeda.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda memiliki google account kemudian sign in ke akun google Anda. Untuk memilih aplikasi yang diinginkan bisa langsung pergi ke Google Play Store, sebagai contoh Anda ingin membeli aplikasi Quickoffice Pro seharga $15. Anda cukup mengklik pada tombol harga aplikasi tersebut dan pada halaman berikutnya akan ada total yang harus dibayar. Kedua, jika Anda belum memasukkan data kartu kredit maka Anda bisa memilih opsi Add Card kemudian Continue. Selanjutnya isi data dengan benar dan pilih jenis kartu kredit yang ingin digunakan sebagai alat pembayaran sesuai dengan yang dimiliki dan setelah selesai klik Save. Jika data yang diisi benar dan kartu valid maka akan Anda bisa langsung melakukan download aplikasi berbayar tersebut dan resi pembayaran akan dikirim langsung di Gmail Anda.

Pembelian aplikasi berbayar lewat kartu kredit ini dipastikan aman dan terjaga kerahasiaannya dan tidak ada biaya tambahan ketika melakukan pembelina aplikasi lewat kartu kredit. Jika setelah Anda melakukan pembelian aplikasi dan Anda merasa tidak puas dengan performa aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan refund terhadap aplikasi tersebut dalam jangka waktu 15 menit setelah pembelian. Data-data yang Anda masukkan akan langsung terintegrasi dengan Google Wallet dan jika Anda ingin menghapus no. kartu kredit Anda bisa melakukannya dengan masuk ke https://wallet.google.com/manage kemudian klik pada Payment Method dan pilih Delete pada kartu kredit yang ingin dihapus.

Melakukan Pembelian Lewat Pulsa (Khusus TELKOMSEL)

Alternative yang kedua ini bisa dinikmati oleh para pengguna TELKOMSEL baik itu kartu Halo, Simpati atau AS dengan memanfaatkan Telkomsel AppZone. Di Telkomsel AppZone Anda bisa mengunduh aplikasi gratis atau berbayar yang sesuai dengan jenis ponsel yang dimiliki. Untuk pembelian aplikasi berbayar maka akan langsung dipotong dari pulsa yang dimiliki (Simpati dan AS) atau masuk ke charge tambahan (Halo) dan total yang harus dibayarkan berupa harga aplikasi tersebut + ppn 10%. Setelah melakukan pembayaran maka aplikasi akan langsung diunduh dan otomatis diinstal di ponsel Anda dan jika proses download gagal Anda dapat mengakses kembali dengan menuju AppZone > Aplikasi Saya > pilih aplikasi yang Anda telah beli > pilih Download. Jika Anda secara tidak sengaja menghapus aplikasi tersebut, Anda juga bisa melakukan pengunduhan terhadap aplikasi tersebut satu kali lagi dengan cara yang sama seperti proses gagal download yang disebutkan diatas dan Anda tidak bisa melakukan download aplikasi sukses lebih dari dua kali. Anda-pun bisa menghentikan langganan terhadap satu aplikasi dengan menuju AppZone > Aplikasi Saya > pilih aplikasi > pilih Berhenti Langganan. Proses Renewal suatu aplikasi akan langsung otomatis dilakuka pada pukul 00:00 setelah masa aktif berlangganan aplikasi Anda habis.

Secara keseluruhan dari dua macam cara pembelian aplikasi Android berbayar, cara kedua-lah yang paling mudah yaitu dengan pemotongan pulsa namun sayangnya jenis aplikasi yang bisa diunduh di Telkomsel AppZone masih terbatas jumlahnya. Sedangkan untuk cara yang pertama letak kesulitannya adalah tidak semua orang memiliki kartu kredit dan masih ada kekhawatiran tentang keamanan kartu kredit yang digunakan sebagai alat pembayaran online. Sebagai informasi Google telah melakukan kerjasama dengan beberapa operator seluler di luar negeri seperti di Jerman untuk bisa melakukan pembayaran aplikasi lewat pulsa namun sayangnya kemudahan yang satu ini belum bisa dinikmati di Indonesia dan semoga saja seiring dengan dibukanya kantor Google di Indonesia, kemudahan ini bisa dinikmati oleh para pecinta Android di Indonesia. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel