Dapatkan Telepon Online Gratis Menggunakan Aplikasi Fring di Android, iPhone, Nokia dan Java

5 Jun 2012 19:00 14682 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fring adalah aplikasi komunikasi dengan fitur *Voice over Internet Phone* (VoIP) yang bisa Anda gunakan untuk telepon online gratis. Apa yang membedakannya dengan aplikasi sejenis adalah, Fring didesain khusus untuk perangkat *mobile*. Fring menawarkan semua yang bisa dilakukan oleh aplikasi VoIP berbasis PC.

Fring adalah aplikasi komunikasi dengan fitur Voice over Internet Phone (VoIP) yang bisa Anda gunakan untuk telepon online gratis. Apa yang membedakannya dengan aplikasi sejenis adalah, Fring didesain khusus untuk perangkat mobile. Fring menawarkan semua yang bisa dilakukan oleh aplikasi VoIP berbasis PC.

Komunikasi telepon secara online melalui Fring dapat menghemat banyak biaya telepon yang biasanya dilakukan melalui jaringan seluler. Percakapan telepon menggunakan protokol VoIP yang digunakan oleh Fring dapat menghemat biaya telepon hingga 95%. Namun Anda terlebih dahulu harus bisa membujuk teman untuk menginstall aplikasi yang sama pada ponsel mereka. Karena yang gratis ini adalah layanan telepon untuk sesama pengguna Fring. Untuk panggilan telepon ke nomor seluler melalui Fring, tetap dikenai biaya. Karena panggilan ini harus dialihkan ke jaringan selular. Fring menggunakan jaringan data bukannya jaringan seluler seperti GSM untuk panggilan telepon. Jadi yang dimaksud gratis di sini adalah jika Anda sudah berlangganan data terlebih dahulu ke operator seluler.

Apa Yang Diperlukan Untuk Telepon Online Gratis?

Komunikasi suara melalui jaringan data akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar ketimbang aktifitas seperti berselancar di Internet. Oleh karena itu Anda membutuhkan ponsel yang sudah mendukung jaringan 3G. Tentu saja Anda juga harus berlangganan layanan data 3G untuk memanfaatkan fitur 3G yang didukung oleh ponsel Anda.

Jaringan GPRS juga bisa digunakan untuk komunikasi melalui Fring. Namun bandwidth yang disediakan melalui GPRS tidak mencukupi untuk panggilan telepon. Bandwidth yang tidak mencukupi ini akan mempengaruhi kualitas percakapan. Misalnya Anda akan mengalami delay yang sangat mengganggu ketika Anda sudah mengucapkan beberapa kalimat, namun kalimat tersebut baru sampai ke tujuan beberapa menit kemudian. Jadi jika ingin komunikasi dengan delay yang masih bisa ditoleransi, jaringan 3G adalah suatu keharusan.

Selain pilihan koneksi melalui jaringan 3G dan GPRS, Fring juga bisa terhubung melalui WiFi. Artinya, jika rumah atau kantor Anda sudah dilengkapi dengan WiFi, gunakan saja koneksi tersebut untuk menghubungkan Fring ke Internet. Cara terhubung ke WiFi tergantung dari tipe ponsel Anda. Lihatlah manual dari ponsel tersebut untuk menghubungkan ponsel ke Internet melalui WiFi.

Selanjutnya Anda membutuhkan aplikasi Fring yang sudah terinstall di ponsel. Untuk perangkat Android, Fring bisa diperoleh melalui Google Play di sini. Untuk perangkat mobile dengan sistem operasi iOS seperti iPhone dan iPad bisa didapatkan dari Apple App Store di sini. Sementara untuk ponsel dari Nokia, dapatkan Fring melalui Nokia Ovi Store di sini. Untuk perangkat lain selain Android, iOS, dan Nokia bisa langsung menjalankan peramban mereka dari ponsel dan buka alamat <m.fring.com>. Fring akan mencoba mendeteksi ponsel Anda dan memberikan Fring yang sesuai dengan platform Java untuk ponsel yang Anda gunakan. Setelah memperoleh Fring yang sesuai, install aplikasi tersebut pada ponsel Anda.

Ketika pertama kali menjalankan Fring di ponsel, Anda akan mendapati halaman login Fring. Daftarkan akun Fring baru untuk mulai menggunakan Fring. Setelah berhasil mendaftar, masukkan informasi akun seperti username dan password ke halaman login. Fring mempunyai antarmuka yang mudah digunakan. Ada ikon Fring berwarna hijau pada bagian atas aplikasi. Di bawah ikon tersebut ada search bar yang bisa digunakan untuk mencari daftar kontak. Tentu saja karena Anda baru menginstall Fring daftar kontak ini masih kosong. Tambahkan teman Anda yang sudah menggunakan Fring agar muncul di daftar kontak.

Setelah semua siap dan daftar kontak sudah ditambahkan, klik saja teman Anda yang ingin ditelepon. Fring akan membuka halaman baru berisi status teman Anda. Jika sedang online dan Anda ingin menelponnya, klik saja menu Call pada halaman tersebut. Fring akan memainkan nada dering ke ponsel yang dituju dan jika diangkat oleh teman Anda, maka Anda sudah bisa memulai percakapan telepon menggunakan Fring. Selama berkomunikasi, Fring akan menampilkan halaman yang berisi informasi durasi percakapan yang sedang berlangsung. Untuk menutup telepon tekan saja tombol End Call berwarna merah pada halaman yang sama. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel