Empat Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Meng-install Sistem Operasi Mac Mountain Lion

17 Aug 2012 13:00 3550 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda pengguna sistem operasi Mac? Jika ya, pasti Anda tahu tentang update terbaru dari sistem operasi Mac bernama Mountain Lion yang menjanjikan fitur dan performa baru dari sistem operasi ini. Jika Anda telah menunggu selama lebih dari empat jam untuk mengunduh update terbaru dari sistem operasi ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat mulai menggunakan Mountain Lion untuk pertama kali.

Apakah Anda pengguna sistem operasi Mac? Jika ya, pasti Anda tahu tentang update terbaru dari sistem operasi Mac bernama Mountain Lion yang menjanjikan fitur dan performa baru dari sistem operasi ini. Jika Anda telah menunggu selama lebih dari empat jam untuk mengunduh update terbaru dari sistem operasi ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat mulai menggunakan Mountain Lion untuk pertama kali. Lalu hal apa yang harus Anda lakukan setelah Anda meng-install Mountain Lion ini?

Maka dalam ulasan kali ini, Plimbi akan mengulas tentang lima hal yang harus Anda lakukan setelah Anda meng-install sistem operasi terbaru untuk Mac Anda. Untuk mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan pada saat pertama kali Anda menggunakan sistem operasi Mac terbaru ini. Berikut ulasannya.

Unggah Beberapa Dokumen ke iCloud

Selama beberapa minggu dan bulan berjalan, Anda akan menemukan banyak aplikasi yang terintegrasi dengan iCloud. Namun untuk saat ini Anda akan mendapatkan aplikasi iWork (Pages, Numbers, Keynote) dan TextEdit. Semua aplikasi yang berada dalam paket ini telah ter-update pada sistem operasi ini. Untuk mengirimkan dokumen pada Cloud, hanya cukup menjalankan aplikasi yang mendukung akses dokumen. Untuk mengunggahnya, Anda hanya perlu melakukan drag data ke dalam ruang yang disediakan oleh aplikasi untuk mengunggahnya.

Data yang Anda unggah pun bisa Anda temukan pada "Spotlight” dan akan ditampilkan pada opsi "All My Files” dari "Finder”. Anda dapat membuat folder dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan pada aplikasi iOS - dengan melakukan drag di atas satu sama lain. Bagaimana pun Anda harus mengetahui: dokumen pada iCloud akan berhubungan dengan aplikasi yang mengunggah dokumen tersebut. Anda tidak dapat berbagi data antar aplikasi, maka TextEdit tidak dapat mengakses hal-hal yang Anda unggah di Byword
.

Ubah Pengaturan Notifikasi

Apakah Anda ingin menjadi produktif? Notifikasi yang Anda terima mungkin akan merusak hari-hari Anda. Namun untungnya Anda dapat menyesuaikan pengaturan dengan mudah. Anda bisa melakukannya dengan cara buka menu "Notifications Preferences” baik dari panel "Preferences”, atau shortcut yang berada langsung di bagian kanan bawah dari "Notification Center”. Shortcut ini memang sedikit sulit terlihat dengan posisinya yang berada pada bagian kanan bawah. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang tidak ingin terganggu dengan munculnya notifikasi tentang pesan email yang Anda terima satu menit sekali.

Bermain Beberapa Multiplayer Games

Hingga saat ini, game multiplayer tetap sedikit sulit dipahami untuk pengguna Apple desktop. Namun Game Center telah mengubah semua itu. Dengan asumsi server iCloud yang tidak mengalami overload, Mountain Lion mengenalkan beberapa game melalui Game Center. Salah satu game yang direkomendasikan untuk Anda adalah Ticket To Ride. Ini merupakan game yang populer, di mana Anda harus membangun sebuah jalur kereta di seluruh Amerika yang mana Anda bisa menantang para pemain dari pengguna Mac, perangkat iPhone maupun iPad di dalamnya. Untuk mendapatkan game ini, Anda bisa mendapatkannya di sini.

Mendikte Memoar

Sekarang jika Anda memutusukan untuk menyimpan beberapa file Anda pada cloud, sudah waktunya Anda untuk menulis memoar Anda menggunakan fitur dictation terbaru pada Mountain Lion ini. Namun fitur ini tidak tersedia secara langsung secara otomatis, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa pergi ke panel "Preferences” yang baru. Anda juga bisa mengubah tombol shortcut Anda, namun dua ketukan pada "fn” merupakan sebuah pengaturan yang telah di setting secara default.

Ketuk pada "fn” sebanyak dua kali, dimana saja ada tempat memungkinkannya untuk memasukkan input teks, maka ikon dari fitur Siri akan muncul. Masukkan perintah dictate Anda, maka komputer Anda akan melakukannya untuk Anda. Ingatlah bahwa rekaman Anda akan dikirimkan akan di unggah ke server Apple dan apa yang Anda diktekan pada perangkat Apple, akan dikenali dan akan dengan segera dilakukan oleh Apple Anda. Ini berarti Anda harus terkoneksikan ke internet setiap saat. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel