Dragon Dictation - Aplikasi Suara Pesaing Siri yang Dapat Menggunakan Bahasa Indonesia di iPhone

3 Feb 2012 17:00 4522 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
iPhone dikenal telah memiliki fitur aplikasi *voice-to-text* yaitu Siri. Aplikasi suara tersebut dapat dikatakan sebagai asisten pribadi bagi pengguna produk Apple. Dengan metode perintah suara, Siri yang dapat berjalan dalam sistem iperasi iOS ini dapat menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi dan atau melaksanakan berbagai macam perintah.

iPhone dikenal telah memiliki fitur aplikasi voice-to-text yaitu Siri. Aplikasi suara tersebut dapat dikatakan sebagai asisten pribadi bagi pengguna produk Apple. Dengan metode perintah suara, Siri yang dapat berjalan dalam sistem iperasi iOS ini dapat menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi dan atau melaksanakan berbagai macam perintah.

Aplikasi suara Siri memang sangat efektif untuk digunakan oleh para pengguna produk-produk Apple. Untuk Anda yang berdomisili di Indonesia, atau hendak mencari informasi tentang Indonesia menggunakan Siri, hal tersebut sepertinya menjadi persoalan pelik karena tidak mendukungnya penggunaan Bahasa Indonesia. Tetapi, sekarang Anda dapat bernafas lega. Nuance Communication telah merilis pesaing aplikasi suara Siri. Aplikasi tersebut bernama Dragon Dictation.

Aplikasi Dragon Dictation memang memiliki kemiripan konsep dengan Siri karena sama-sama menggunakan suara sebagai perintah. Bedanya, Dragon Dictation mengandalkan rekaman suara Anda dan menuliskan teks sesuai kalimat yang Anda ucapkan. Dan perbedaan yang paling mencolok antara dua aplikasi suara ini adalah keterbatasan penggunaan bahasa. Bagi Anda yang ahli menggunakan Bahasa Inggris tentunya Siri merupakan pilihan terbaik. Sedangkan apabila Anda merupakan pengguna iPhone di Indonesia, Dragon Dicatation dapat menjadi pilihan yang efektif.

Pengembang Nuance Communication dikenal sebagai produsen desktop dan aplikasi kontrol suara yang cukup terkenal. Untuk menggunakan produk aplikasi suara Dragon ini Anda membutuhkan konektivitas Internet. Tekan tombol Record berwarna merah dan mulai berbicara. Aplikasi suara ini membatasi perekaman waktu, yakni hanya satu menit saja. Bila digunakan secara efektif, Dragon Dictation akan menampilkan versi teks dari suara yang telah Anda rekam sebelumnya. Selain itu, Anda pun dapat melakukan koreksi bila terjadi kesalahan.

Sementara itu, aplikasi suara ini tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan pengiriman pesan singkat dan email saja. Dragon Dictation dapat pula langsung terhubung dengan akun jejaring sosial Anda. Untuk metode pencarian web, Dragon Dictation memiliki keunggulan lebih dibanding Siri. Apabila Siri membatasi pemakaian layanan search engine tertentu, Dragon Dictation memiliki jangkauan Internet yang lebih luas. Tentunya, bagi Anda para pengguna yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dapat dengan mudah terbantu dengan Dragon Dictation. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun dapat mendukung 52 bahasa lainnya.

Efektifitas yang dimiliki Dragon Dictation bukan berarti aplikasi suara ini telah menjadi produk yang sempurna. Aplikasi suara ini juga memiliki kekurangan, yakni hanya dapat bekerja apabila terhubung dengan Internet saja. Dengan begitu, aplikasi ini tidak dapat bekerja secara off-line. Selain itu, terbatasnya perekaman suara selama satu menit saja bisa jadi cukup merugikan bagi Anda yang memerlukan salinan teks panjang.

Produk Nuance Communication ini dapat digunakan untuk iPhone dan beberapa jenis komputer berbasis MacOS dan Windows. Untuk memilikinya, Anda dapat mengunduh aplikasi Dragon Dictation ini secara gratis di App Store. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel